Apa Itu Virus Corona? Berikut Penjelasannya

Virus corona.
Virus corona. Photo by News9
Waktu baca: 3 menit

Hingga saat ini, dunia sedang disibukkan dengan wabah corona yang menyebar dengan begitu cepatnya. Wabah ini menyebar dengan sangat cepat tanpa mengenal batas negara. Sebagian besar negara yang ada di dunia telah mengonfirmasi kepada pihak WHO (World Health Organization) bahwa negaranya telah terjangkit virus tersebut. Infeksi virus ini pertama kali ditemukan di kota Wuhan, Cina, pada akhir Desember 2019. Virus ini menular dengan cepat dan telah menyebar ke wilayah lain di Cina dan ke beberapa negara di dunia. Sangat mengerikan bukan penyebaran virus ini? Namun, saat ini masih ada yang bertanya apa itu virus corona?

Virus corona atau coronavirus adalah keluarga besar virus yang dapat menyebabkan penyakit pada hewan atau manusia. Pada manusia, beberapa coronavirus diketahui menyebabkan infeksi pernafasan mulai dari flu biasa hingga penyakit yang lebih parah seperti Middle East Respiratory Syndrome (MERS) dan Severe Acute Respiratory Syndrome (SARS). Virus corona yang paling baru ditemukan menyebabkan penyakit coronavirus COVID-19.

Penularan Virus Corona

apa itu virus corona
Penularan virus corona. Photo by Pixabay

Sudahkah kamu mengetahui bagaimana virus corona menular? COVID-19 yang disebabkan karena coronavirus ini merupakan sebuah penyakit yang dapat menular. Munculnya COVID-19 pada seseorang dapat disebabkan karena tertular oleh orang lain yang terjangkit virus ini atau karena menyentuh sebuah benda yang mengandung virus ini.

Penyakit ini dapat menyebar dari orang ke orang melalui tetesan kecil dari hidung atau mulut. Ketika seseorang dengan COVID-19 batuk atau buang napas, tetesan yang mereka keluarkan mendarat pada benda dan permukaan di sekitar mereka. Tetesan tersebut kemudian disentuh oleh orang lain atau menempel pada orang lain. Sehingga, orang yang melakukan kontak fisik dengan pengidap COVID-19, sangat rentan tertular penyakit tersebut.         

Dengan melihat kondisi saat ini, sangat dianjurkan untuk menjaga jarak 1 meter (3 kaki) dari orang yang sedang sakit. Selain itu, jangan lupa juga agar kamu selalu menjaga kebersihan. Cucilah tangan sesering mungkin dengan menggunakan sabun. Apalagi, jika kamu baru saja memegang suatu benda di tempat umum.

Gejala yang disebabkan Virus Corona

Gejala virus corona.
Gejala virus corona. Photo by @spencerbackman

COVID-19 kini menjadi perhatian yang sangat besar bagi masyarakat dunia. Bahkan WHO telah menyatakan status darurat atas adanya wabah penyakit ini. Gejala pada COVID-19 tidak jauh berbeda dengan penderita flu dan demam biasa. Sehingga, orang yang sudah terjangkit COVID-19 terkadang membutuhkan waktu yang cukup lama untuk mengetahui bahwa dirinya telah terjangkit virus tersebut.

Seseorang yang terinfeksi virus corona dapat mengalami gejala flu, seperti demam, pilek, batuk, sakit tenggorokan, dan sakit kepala. Selain itu, penderita COVID-19 juga dapat memiliki gejala infeksi pernapasan berat, seperti demam tinggi, batuk berdahak bahkan berdarah, sesak napas, dan nyeri dada. Namun, gejala umum yang terjaddi ketika seseorang terjangkit virus corona adalah demam tinggi, batuk, dan sesak napas. Oleh karena itu, jika ada seseorang yang mengalami tiga gejala tersebut, alangkah baiknya segera dilakukan pemeriksaan ke tempat terdekat agar bisa dilakukan penanganan dengan cepat.

Pencegahan Virus Corona

Pencegahan coronavirus.
Pencegahan coronavirus. Photo by Azcentral

Sampai saat ini, belum ada vaksin yang dapat mencegah terjadinya infeksi virus Corona atau COVID-19. Oleh sebab itu, cara pencegahan yang terbaik adalah dengan menghindari faktor-faktor yang bisa menyebabkan kamu terinfeksi virus ini.

Beberapa cara pencegahan infeksi corona diantaranya yaitu:

  1. Hindari bepergian ke tempat-tempat umum yang ramai pengunjung.
  2. Gunakan masker saat beraktivitas di tempat umum atau keramaian.
  3. Rutin mencuci tangan dengan air dan sabun atau hand sanitizer yang mengandung alkohol minimal 60% setelah beraktivitas di luar rumah atau di tempat umum.
  4. Jangan menyentuh mata, mulut, dan hidung sebelum mencuci tangan.
  5. Hindari kontak dengan hewan, terutama hewan liar.
  6. Masak daging sampai benar-benar matang sebelum dikonsumsi.
  7. Tutup mulut dan hidung dengan tisu saat batuk atau bersin, kemudian buang tisu ke tempat sampah.
  8. Hindari berdekatan dengan orang yang sedang sakit demam, batuk, atau pilek.
  9. Jaga kebersihan benda yang sering disentuh dan kebersihan lingkungan.

Baca juga: Berapa Biaya Tes Corona Mandiri? Apakah Gratis?

Demikian beberapa informasi mengenai apa itu virus corona? Semoga dengan membaca informasi ini, kamu dapat lebih mengetahui apa itu virus corona dan dapat melakukan tindakan pencegahan terhadap infeksi virus corona. Sekian dan terima kasih, semoga bermanfaat.

Mungkin Anda juga menyukai