Bisakah Jagat Sinema Bumilangit Saingi MCU dan DCEU?

Jagad SInema Bumilangit.
Waktu baca: 2 menit

Baru-baru ini, publik dikejutkan dengan munculnya Jagat Sinema Bumilangit yang akan menghiasi layar lebar Indonesia. Jagat Sinema Bumilangit ini akan menceritakan beberapa karakter jagoan atau superhero lokal dengan set tahun 1960-an.

Sebagai awalannya, akan rilis film Patriot Pertama yaitu Gundala yang akan diperankan oleh Abimana Aryasatya. Dari berbagai sumber yang ada, film Gundala ini mendapatkan kucuran dana sekitar Rp 30 miliar rupiah. Jumlah ini memang masih kalah jika dibandingkan dengan film garapan Marvel Cinematic Universe (MCU) dan DC Extended Universe (DCEU). Sebagai contoh, Avengers: End Game garapan MCU menghabiskan biaya mencapai 316 juta-400 juta dollar Amerika atau sekitar Rp 5,19 triliun rupiah hanya untuk proses produksi saja, di luar honor untuk para pemainnya.

Maka dari itu, produser kreatif Jagat Sinema Bumilangit, Joko Anwar, mengatakan proyek yang akan dirilis sama sekali tidak ada niatan untuk menyaingin film-film besar dari MCU ataupun DCEU.

“Oh kita tidak berusaha menyaingi Marvel dan Disney, karena akan sangat sia-sia jika kita mencoba menyaingi mereka. Mereka memiliki budget, teknologi, dan lain-lain yang lebih maju dan besar daripada kita,” kata Joko Anwar dilansir dari Akurat.co, Senin (19/8/2019).

Joko Anwar
Joko Anwar, sutradara film Gundala. Photo by Jawa Pos

Lebih lanjut, Joko Anwar menjelaskan film Jagat Sinema Bumilangit akan digarap dengan ciri khas Indonesia.

“Kita membuat Gundala dan film-film di Jagat Sinema Bumilangit itu Indonesia banget, jadi penonton bisa relate dengan cerita dan karakternya. Latar belakang disesuaikan dengan Indonesia saat ini. Pokoknya Indonesia banget,” ujar Joko Anwar menjelaskan.

Adapun saat ini, dilansir dari twitter milik Joko Anwar (@jokoanwar), film Gundala sudah mendapatkan penonton sebanyak 705.117 hingga hari ke-4.

Selain Gundala, masih akan ada beberapa proyek film lagi dari Jagat Sinema Bumilangit hingga 2021 mendatang. Maka dari itu, pada 19 Agustus lalu sudah ada beberapa aktor dan aktris papan atas yang resmi memerankan beberapa karakter superhero lokal selain Abimana (Gundala). Mereka ialah Chicco Jerikho yang memerankan Godam, Pevita Pearce sebagai Sri Asih, Chelsea Islan sebagai Tira, dan Tara Basro memerankan Merpati.

Selanjutnya ada Asmara Abigail yang berperan sebagai Desti Nikiti, Hanna Al Rashid sebagai Camar, Kelly Tandiano sebagai Bidadari Mata Elang, Joe Taslim sebagai Mandala, Vanesha Prescilla sebagai Cempaka, Della Dartyan sebagai Nila Umaya, Ario Bayu sebagai Ghani Zulham, dan Bront Palarae yang didapuk sebagai Pengkor.

Masih ada nama-nama artis Tanah Air yang sudah memerankan banyak film nasional dan nama yang sedang naik daun. Mereka adalah Lukman Sardi sebagai Ridwan Bahri, Daniel Adnan sebagai Tanto Ginanjar, Tatjana Saphira sebagai Mustika Sang Kolektor, Zara JKT48 sebagai Virgo. Ada pula dua nama artis yang tidak kalah menarik yaitu Dian Sastrowardoyo sebagai Dewi Api dan Nicholas Saputra sebagai Aquanus.

Bagaimana? Sangat menarik dan bikin penasaran bukan dengan akting dan aksi dari artis papan atas yang memerankan superhero lokal tersebut di atas? Maka dari itu, agar Jagat Sinema Bumilangit terus berlanjut, jangan lupa untuk menonton film Gundala yang menjadi pionir untuk film superhero lokal ini. Kamu bisa menyaksikan Gundala di bioskop-bioskop terdekat kesayanganmu mulai 29 Agustus 2019. Jangan lupa ya!

You may also like...

Leave a Reply