Apa Itu Leverage? Simak Pengertian, Jenis-jenis, Manfaat, dan Rumus Leverage di Sini!

Apa Itu Leverage?
Apa Itu Leverage? Simak Pengertian, Jenis-jenis, Manfaat, dan Rumus Leverage di Sini! Photo by @ashrafali_786
Waktu baca: 4 menit

Rumus Leverage

Seringkali juga muncul pertanyaan tentang leverage mengukur apa? Nah, sebelumnya kamu perlu tahu bahwa ada yang namanya rasio leverage. Rasio leverage adalah rasio keuangan yang berfungsi untuk menentukan besar kecilnya risiko finansial pada sebuah perusahaan.

Dengan kata lain, rasio leverage adalah alat ukur bagi perusahaan dalam membayar kewajiban utang. Rasio leverage terbagi menjadi 5 jenis yaitu debt to asset ratio (DAR), debt to equity ratio (DER), Times Interest Earned Ratio (TiE), debt to capital ratio (DCR), dan debt to EBITDA ratio. Berikut ini adalah ulasan tentang rincian rumus leverage.

  1. Debt to asset ratio (DAR)

Debt to asset ratio atau yang disingkat DAR adalah rumus leverage yang dipakai untuk menghitung jumlah aset perusahaan yang dibayar dengan utang. Rumusnya adalah sebagai berikut:

DAR= total utang : total aset

  1. Debt to equity ratio (DER)

Selanjutnya adalah debt to equity ratio yang menjadi rumus untuk membandingkan dana dari ekuitas pemilik bisnis dan utang dari pihak yang meminjamkan. Rumus DER adalah sebagai berikut:

DER= total utang : total ekuitas

  1. Times Interest Earned Ratio (TiE)

Sesuai dengan namanya, Times Interest Earned Ratio adalah rumus leverage yang digunakan untuk mengetahui kesanggupan perusahaan dalam melunasi biaya bunga ke pemberi pinjaman.

TIE Ratio = laba bersih sebelum bunga dan pajak : beban bunga

  1. Debt to capital ratio (DCR)

Untuk penghitungan modal dan finansial perusahaan serta pemakaiannya untuk urusan operasional, digunakan debt to capital ratio/ DCR, dengan rumus di bawah ini.

DCR = total utang saat ini : (total utang + total modal)

  1. Debt to EBITDA ratio

Rumus leverage yang terakhir adalah EBITDA yang digunakan untuk menghitung kemampuan perusahaan dalam membayar utang serta memperkirakan risiko gagal bayar utang yang dimiliki. Penghitungannya memakai rumus sebagai berikut.

EBITDA= total utang : laba kotor

Manfaat Leverage

Sebelumnya telah dijelaskan secara lengkap tentang apa itu leverage, jenis-jenisnya, serta rumus leverage yang digunakan dalam perusahaan. Lalu sebenarnya apa sih manfaat dari leverage itu? Sebenarnya manfaat leverage sudah tertuang dalam tujuan rumus leverage di atas.

Akan tetapi secara garis besar, manfaat dari leverage adalah mengetahui secara pasti kemampuan perusahaan dalam membayar utang atau kewajiban kreditur. Selain itu, leverage juga menjadi tolak ukur seberapa besar dampak utang bagi pengelolaan aset perusahaan.

Demikian rangkaian informasi menarik tentang apa itu leverage, jenis-jenis leverage, rumus leverage, dan juga manfaatnya bagi perusahaan maupun investor yang menanamkan modal dengan berhutang. Menggunakan leverage untuk mengembangkan perusahaan atau bisnis adalah hal yang lumrah, tapi sebisa mungkin pergunakan utang tersebut secara bijak. Selain itu, kamu juga harus memperhitungkan resikonya supaya lebih siap apabila terjadi hal-hal yang tidak diinginkan.

Mungkin Anda juga menyukai