10 Tips Memulai Bisnis Kosmetik Online Anti Gagal

10 Tips Memulai Bisnis Kosmetik Online Anti Gagal
10 Tips Memulai Bisnis Kosmetik Online Anti Gagal. Photo by Pexels
Waktu baca: 4 menit

Kosmetik adalah produk yang tak lekang oleh waktu karena wanita selalu membutuhkannya. Tak mengherankan jika banyak bisnis kosmetik online bermunculan dan terus bertumbuh.

Jika tertarik terjun ke bisnis kosmetik, ada cara mudah dan praktis untuk memulainya. Dengan sedikit polesan dan strategi, dijamin anti gagal.

Baca juga: Ide Usaha Bisnis Kosmetik Halal Bagi Pebisnis Pemula

10 Tips Memulai Bisnis Kosmetik Online 

Peluang usaha kosmetik pemula masih terbuka cukup luas seiring banyaknya produk baru berupa skincare dan sejenisnya. Bahkan ada yang mendulang banyak cuan dari skincare yang mendobrak pemasaran dengan banyak sistem.

Zaman internet lebih memudahkan pemasaran karena ada banyak pilihan cara untuk meningkatkan bisnis. Bisnis bukan hanya untuk orang yang memiliki modal tetapi berlaku juga dengan yang tanpa modal sama sekali alias nol modal.

Untuk lebih mengetahui strategi dan tips jitu dalam bisnis kosmetik online, berikut penjelasan lengkapnya.

1. Menjadi Reseller atau Dropshipper

Modal usaha kosmetik yang paling utama adalah niat. Dengan niat modal berupa uang tidak harus dalam jumlah besar. Hanya membutuhkan kemauan kuat dan trik jitu maka bisnis bisa mulai berjalan.

Langkah pertama untuk mengumpulkan modal bisnis kosmetik online dengan menjadi reseller atau dropshipper

Sistem reseller dengan memasarkan produk dari pihak lain dan tanpa modal uang sama sekali. Jika ada yang pesan dan membayar, barulah mengambilkan produk tersebut.

Ada pula reseller yang memiliki stok produk tapi dalam jumlah sedikit. Ada cara lebih mudah lagi menjadi dropshipper. Setiap ada pemesanan, maka tugas penyedia produk yang mengirimkan ke pemesan secara langsung. 

2. Pilih Branding Produk Populer yang Kuat

Tips kedua dengan memilih produk dengan branding paling kuat. Artinya produk sudah populer dan banyak dicari konsumen. Dengan menjual brand terkenal lebih mudah meyakinkan konsumen dalam melakukan transaksi jual beli.

Biasanya, usaha kosmetik di kampung dengan brand terkenal cukup mendulang uang dan anti gagal. Agar lebih memahami keunggulan produk dapat mampir ke situs website atau media sosial. 

3. Memilih Produk Berkualitas

Poin ini berhubungan dengan poin sebelumnya yaitu cara memulai bisnis kosmetik dari nol dengan memilih produk berkualitas. Produk berkualitas artinya bahan dan produksi tidak sembarangan tetapi dengan sistem bagus dan aman.

Merk yang kuat dan terkenal sudah memiliki sertifikat halal dan bersertifikat BPOM. Keamanan produk terjaga karena telah lolos uji dari instansi terkait.

4. Mencoba Produk Lebih Dahulu

Jika ingin bisnis kosmetik online produk hanya dalam satu brand, alangkah baiknya mencoba terlebih dahulu. Intinya melihat sejauh mana kualitas produk before dan after pemakaian.

Hal ini berguna dalam bisnis kosmetik untuk proses menawarkan ke konsumen agar lebih percaya dengan produknya. Dengan mencoba terlebih dahulu otomatis lebih mahir menjelaskan keunggulan kosmetik tersebut.

5. Promosi Melalui WA

Promosi paling jitu bisnis kosmetik online adalah melalui aplikasi WhatsApp atau WA. Agar lebih profesional, ubah WA pribadi menjadi WA bisnis. 

Upayakan posting status yang bagus untuk promosi awal penjualan kosmetik. Ambil foto terbaik dari kosmetik atau katalog kosmetik resmi sehingga benar-benar bagus dan menarik konsumen. 

Dengan posting secara berkala dan terus menerus, pasti ada satu, dua atau puluhan orang tertarik untuk bertanya kosmetik tersebut. Selanjutnya tinggal melakukan follow up untuk closing penjualan.

6. Promosi Melalui Media Sosial

Jika promosi WA sudah berjalan dengan bagus, mulailah merambah promosi melalui media sosial. Platform media yang paling murah meriah dan menarik melalui Instagram, Facebook dan Tik Tok. 

Bisnis online beauty melalui promosi Instagram salah satu media yang paling efektif jika memiliki follower banyak. Apabila follower masih ratusan, upayakan mendapatkan follower original dari promosi yang dibuat. 

Cara paling mudah bisnis kosmetik online adalah membuat konten terbaik dari kosmetik tersebut. Gambar atau video bisa dengan mengambil sendiri. 

Paling menarik apabila menggunakan sendiri sehingga dapat memperlihatkan ke khalayak cara pemakaian secara real untuk tayang pada rells IG. Selanjutnya konten dapat di-share langsung ke media lain yaitu Facebook.

Sedangkan untuk aplikasi Tik Tok, dapat memulai siaran live untuk penjualan produk. Tentu ada beberapa syarat yang harus dipenuhi salah satunya memiliki jumlah followers tertentu. 

Promosi melalui media membutuhkan proses tetapi dengan konten unik dan bagus maka follower perlahan akan datang dengan sendirinya. Selanjutnya penjualan meningkat pesat.

7. Ikuti Trend Kosmetik

Bisnis anti gagal jika dapat mengikuti trend kosmetik yang sedang populer. Adapun yang masih merajalela sekarang adalah skincare. Berbagai pilihan skincare merambah bebas di pasaran dengan berbagai keunggulan masing-masing.

Ada pula yang menjadi mitra usaha kosmetik sehingga jika ada produk baru dapat terlebih dulu tahu dan  mulai gencar promosi. Saat produk launching sudah banyak yang memesan dan tinggal melakukan pengiriman.

8. Menyediakan Sampel Produk

Meskipun bisnis kosmetik online dan bisa menjadi dropshipper, alangkah baiknya memiliki sampel produk untuk mengantisipasi jika sewaktu-waktu ada orang dekat yang bertanya. Tentu sampel bisa diperoleh dengan modal usaha tidak begitu banyak.

Pangsa pasar utama adalah orang terdekat seperti saudara, tetangga, teman kuliah, teman sekolah dan lain sebagainya. Wanita dapat dikatakan ribet ketika berhubungan dengan kosmetik.

Penawaran dengan memiliki sampel produk salah satu solusi jitu untuk menyikapinya. Adanya sampel secara langsung calon pembeli dapat mencoba terlebih dahulu.

9. Memilih Paket Usaha

Cara untuk  memiliki sampel murah dan lengkap dengan memilih paket usaha toko kosmetik. Harga paket usaha akan jauh lebih murah daripada membeli secara umum atau tanpa paket.

Dengan pembelian paket dapat membuat ide sebuah toko mungil kekinian. Toko tidak perlu luas karena penjualan secara online. Namun, bisa dengan membuat sedikit ruang di rumah untuk menaruh produk secara menarik.

Teman, saudara atau siapapun yang datang ke rumah dapat melihat produk langsung dan paket kosmetik ini dapat kembali dijual dengan sistem eceran. Bahkan penataan yang bagus dapat berguna sebagai latar belakang saat memfoto produk untuk keperluan membuat konten.

10. Membuat Situs Website

Langkah terakhir cara memulai bisnis kosmetik online adalah membuat situs website. Caranya sangat mudah dan bisa membuatnya hanya dalam beberapa menit. Jika ingin lebih meyakinkan bisa membeli menyewa domain baik melalui WordPress atau Blogger.

Unggah berbagai tulisan menarik tentang produk kosmetik lengkap dengan keunggulannya. Dari situs website akan terlihat sejauh mana pengunjung tertarik dengan produk. Data grafik dapat melalui tools penjualan yang tersedia gratis atau berbayar. 

Jika ingin lebih profesional dalam penggarapan situs website bisa menyewa tenaga web profesional. Namun, dapat pula merawat situs sendiri untuk hasil lebih maksimal dan mendapatkan pengalaman istimewa dalam bisnis.

Tidak perlu menunda-nunda memulai bisnis kosmetik online karena dapat memulai dengan modal minim. Dengan berproses bisnis dijamin anti gagal dan menghasilkan cuan melimpah dengan penanganan media terbaik dan profesional.

Mungkin Anda juga menyukai