Endorsement, Cara Mudah untuk Memasarkan Produk

Endorsement dari selebgram
Endorsement, Cara Mudah untuk Memasarkan Produk. Photo by Pexels
Waktu baca: 4 menit

Apakah kamu pernah mendengar istilah endorse? Kali ini kita akan membahas terkait dengan pemahaman endorsement adalah cara mudah memasarkan produk dan bagaimana cara kerjanya. Pastikan, kamu memahami hal ini sebelum melakukan endorsement.

Pengertian Endorsement

Sebelum kamu memulai membuka jasa endorse atau mencari selebgram untuk endorse produk kamu. Hal yang perlu kamu ketahui adalah mengenai apa itu endorsement. Hal ini penting supaya kamu mengetahui sistem kerja dalam melakukan endorsement.

Endorsement adalah suatu kegiatan promosi yang melibatkan tokoh terkenal. Dalam artian, kamu menggunakan jasa selebgram atau selebriti terkenal untuk mempromosikan produk kamu. Kamu  bisa meminta mereka membuat review untuk produk tersebut.

Tayangan review produk akan ditayangkan pada sosial media pribadi selebgram tersebut. Sehingga, followers media sosialnya dapat mengetahui keberadaan produk kamu dan tertarik untuk membeli produk tersebut.

Metode ini sangat ampuh dalam meningkatkan jumlah pembelian, asalkan kamu memiliki kemampuan memilih partner endorse yang tepat. Produk kamu akan laris manis, apalagi followers selebgram tersebut militan.

Dalam artian, mereka ingin tampil sama seperti sang idola. Hal ini akan berdampak baik bagi penjualan produk kamu karena followers tersebut akan membeli produk yang dipromosikan oleh idolanya. Jadi, penjualan produk kamu akan meningkat.

Tujuan Endorsement

Setelah memahami apa itu endorsement, sekarang kita akan membahas terkait dengan tujuan endorsement. Terdapat beberapa tujuan melakukan endorsement selebgram yang perlu kamu ketahui, sebagai berikut:

  • Iklan Produk

Hal yang menjadi tujuan utama dari pelaksanaan endorse adalah mengiklankan produk. Endorsement berfungsi sebagai salah satu cara yang mudah untuk mengiklankan produk melalui sosial media. 

Selain itu, jenis iklan melalui jasa endorsement mudah dilakukan. Kamu tidak perlu membuat tema iklan produk. Kamu hanya perlu menghubungi selebgram dan mengirimkan produk untuk direview. Jangan lupa untuk membayar jasanya ya.

  • Meningkatkan Kepercayaan Pelanggan

Endorsement dapat bertujuan untuk meningkatkan kepercayaan pelanggan. Saat ini orang-orang lebih mudah dipengaruhi oleh tokoh idolanya. Dalam artian, mereka akan membeli apa yang digunakan oleh idolanya.

Hal ini bisa membantu meningkatkan kepercayaan pelanggan karena produk kamu digunakan oleh tokoh idolanya. Jadi, kamu bisa mendapatkan keuntungan dengan memanfaatkan kondisi tersebut.

  • Mengenalkan Keunggulan Produk

Salah satu tujuan dari endorsement adalah untuk mengenalkan keunggulan produk. Hal ini dapat ditunjukkan dari review yang dilakukan oleh selebgram tersebut yang menggambarkan keunggulan dan keampuhan produk kamu.

Hal ini bisa memberikan dampak pemasaran bagi yang melihat postingan tersebut. Sehingga, mengingat keunggulan produk kamu. Jadi, keunggulan tersebut akan membuat pelanggan ingin membeli produk kamu.

Baca juga: Kenali 8 Dimensi Kualitas Produk Demi Meningkatkan Penjualan

Hal yang Penting Diperhatikan Sebelum Endorse

Seperti yang telah dibahas di atas bahwa endorse adalah salah satu cara untuk mempromosikan produk. Maka, kamu tidak boleh sembarangan dalam menentukan partner endorse produk kamu.

Terdapat beberapa hal yang perlu kamu perhatikan sebelum melakukan endorsement, sebagai berikut:

  • Jumlah Followers

Dalam menentukan partner endorse, hal yang penting untuk diperhatikan adalah jumlah followers. Pastikan kamu memilih orang-orang yang memiliki followers yang banyak. Sehingga, produk kamu dapat dikenal secara meluas.

Jika kamu memilih selebgram dengan jumlah followers yang banyak, maka target pasar kamu akan meningkat. Peluang penjualan produk pun semakin besar. Jadi, perhatikan sosial medianya terlebih dahulu sebelum menentukan partner endorse yang tepat.

  • Engagement Rate

Endorsement adalah cara untuk promosi, sehingga hal lain yang perlu kamu perhatikan sebelum melakukan endorse adalah engagement rate. Engagement rate dapat menunjukkan interaksi followers terhadap akun media sosial selebgram tersebut.

Engagement rate dapat dihitung berdasarkan jumlah followers yang aktif dibandingkan dengan jumlah keseluruhan followers akun tersebut. Jika jumlahnya bagus, maka kamu bisa mempertimbangkan untuk menjadikannya partner endorse produk kamu.

  • Karakter

Hal yang paling mendasar dan harus dipertimbangkan adalah karakter partner endorse harus sesuai dengan citra produk kamu. Pastikan bahwa partner endorse kamu memiliki karakter yang baik dan memberikan dampak positif bagi masyarakat.

Jangan lupa untuk mempertimbangkan hal ini supaya citra produk kamu tetap terjaga. Jangan sampai salah memilih partner endorse yang malah bertolak belakang dengan citra produk yang kamu buat.

  • Harga

Sebelum membuat kesepakatan endorse, pastikan kamu mengetahui harga yang ditawarkan oleh partner endorse tersebut. Tentu saja, rate card setiap publik figure berbeda-beda sehingga kamu perlu mempertimbangkan anggaran dan target yang ingin dicapai.

Pastikan kamu membuat anggaran khusus untuk melakukan promosi sehingga kamu bisa menyesuaikan dengan tawaran harga yang diberikan. Tetapi, pertimbangkan pula dengan target yang ingin kamu capai. Jika sesuai, maka kamu bisa membuat kesepakatan endorse yang diinginkan.

Kelebihan dan Manfaat Endorse

Terdapat berbagai kelebihan dan manfaat endorse yang perlu kamu ketahui sebelum melakukan endorse, sebagai berikut:

  • Konsumen Percaya pada Produk Kamu

Tidak dapat dipungkiri, ketika kamu memilih partner endorse yang tepat akan berdampak pada peningkatan kepercayaan konsumen. Konsumen akan merasa yakin dengan kualitas produk kamu karena digunakan oleh publik figur terkenal.

Hal ini dapat berdampak baik untuk mencapai target pasar yang kamu inginkan. Jadi, kamu harus pandai memilih partner yang tepat untuk mempromosikan produk kamu.

  • Produk Dikenal dengan Cepat

Keberadaan teknologi yang canggih dan media sosial yang tidak bisa dilepaskan dari kehidupan manusia. Hal ini merupakan kombinasi yang tepat jika kamu melakukan endorse melalui media sosial.

Produk kamu akan lebih cepat dan mudah dikenal. Apalagi yang mempromosikan produk kamu sedang viral, maka produk kamu akan dikenal banyak orang dalam waktu yang cepat.

  • Cara Promosi yang Efektif

Endorse merupakan salah satu cara yang efektif untuk melakukan promosi. Asalkan kamu bisa memilih partner endorse yang memiliki followers yang sesuai dengan target pasar kamu. Sehingga, kamu tidak akan kesulitan untuk mencapai target sasaran.

Pastikan saja jika partner endorse kamu sesuai dengan target pasar kamu. Jika sudah demikian, maka tidak akan sulit bagi kamu untuk mempromosikan produk kamu. Sehingga, mendapatkan penjualan produk yang tinggi.

  • Mendapatkan Followers

Selanjutnya, kamu bisa memanfaatkan momen ini untuk mendapatkan lebih banyak followers di media sosial. Kamu bisa meminta partner endorse mencantumkan nama sosial media kamu. Sehingga, banyak yang akan mengunjungi sosial media kamu.

Hal ini juga berlaku sebagai cara untuk meningkatkan traffic website produk kamu. Jadi, kamu bisa mendapatkan kunjungan website yang banyak dan peluang pembelian produk yang tinggi. Pastikan kamu tidak melewatkan kesempatan untuk melakukan promosi dengan cara mudah ini.

Demikianlah, pembahasan mengenai endorsement adalah cara mudah untuk promosi produk dan bagaimana cara kerjanya. Semoga dapat membantu kamu dalam melakukan promosi produk dengan mudah. Yuk, segera hubungi selebgram yang sedang viral dan lakukan kerja sama.

Artikel Lainnya