Apa itu Investasi? Berikut Penjelasannya

Apa itu Investasi?
Apa itu Investasi? Photo by Pixabay
Waktu baca: 3 menit

Istilah investasi sudah tidak asing lagi didengar di telinga setiap orang. Akan tetapi, apakah sebenarnya kamu tahu, apa itu investasi? Investasi adalah suatu istilah yang berkaitan dengan akumulasi suatu bentuk aktiva dengan suatu harapan mendapatkan keuntungan di masa depan. Oleh karena itu, investasi sangat erat hubungannya dengan ekonomi dan keuangan. Terkadang, investasi juga disebut sebagai penanaman modal. Untuk lebih jelasnya apa itu investasi, di bawah ini akan dijelaskan mengenai hal itu.

Secara umum, pengertian dari investasi adalah penanaman aset atau dana yang dilakukan oleh sebuah perusahaan atau perorangan untuk jangka waktu tertentu demi memperoleh imbal balik yang lebih besar di masa depan. Jadi, investasi adalah salah satu cara dalam mengembangkan jumlah uang atau harta yang kamu miliki saat ini agar bisa menjadi lebih banyak di masa mendatang. Sederhananya, kamu bermaksud untuk memperoleh dana lebih dengan menitipkan dana yang kamu miliki saat ini. Sehingga, dari keuntungan tersebut dapat kamu gunakan untuk memenuhi kebutuhan kamu. Bagaimana? Apakah kamu masih penasaran tentang investasi? Jika iya, alangkah baiknya kamu membaca artikel ini sampai akhir.

Jenis-jenis Investasi

Investasi Jangka Panjang

Apa itu Investasi
Investasi jangka panjang. Photo by Pixabay

Investasi jangka panjang merupakan investasi yang tidak bisa dicairkan dengan cepat atau segera. Karena investasi ini merupakan investasi yang baru bisa dicairkan dalam waktu yang cukup lama (lebih dari satu  tahun).

Investasi jangka panjang mempunyai kelebihan dan kekurangan. Kelebihan dari investasi jangka panjang diantaranya, dapat meminimalisir risiko kerugian, keuntungan investasi lebih konsisten, dan memungkinkan investor selalu mendapat keuntungan dalam jangka waktu yang panjang. Sedangkan kelemahannya yaitu, dana investasi akan tertahan lebih lama, dan sangat tidak cocok jika digunakan untuk memenuhi kebutuhan pada waktu dekat.

Investasi Jangka Pendek

Investasi untuk passive income
Investasi jangka pendek. Photo by Pixabay

Investasi jangka pendek adalah jenis investasi yang bisa segera dicairkan atau didanai dari kelebihan dana yang bersifat sementara yang dimaksudkan untuk dimiliki selama dua belas bulan atau kurang. Sehingga, bagi kamu yang mempunyai dana lebih yang tidak digunakan untuk beberapa waktu, kamu bisa menginvestasikan dana tersebut ke dalam investasi jangka pendek.

Seperti halnya dengan investasi jangka panjang, investasi jangka pendek juga mempunyai kelebihan dan kelemahan. Kelebihan dari investasi jangka pendek adalah keuntungan dapat diperoleh dengan cepat dan cocok untuk memenuhi kebutuhan jangka pendek. Akan tetapi, investasi jangka pendek cenderung memiliki risiko yang sangat tinggi dan sangat rentan terhadap inflasi sehingga bisa menjadi sangat merugikan.

Baca juga: Catat! Investasi yang Menguntungkan di Tahun Tikus Logam

Bentuk-bentuk Investasi

Beberapa bentuk investasi yang dapat kamu jumpai di antaranya:

Investasi Tanah 

Investasi tanah.
Investasi tanah. Photo by Republika

Dengan melakukan investasi tanah, diharapkan dapat memperoleh keuntungan dengan bertambahnya hargatanah yang akan meningkat di masa depan.

Investasi Pendidikan

Fasilitasi pendidikan anak.
Investasi pendidikan. Photo by Pexels

Investasi pendidikan adalah sebuah investasi yang dilakukan dengan cara menambah pengetahuan dan keahlian. Dengan bertambahnya pengetahuan dan keahlian, diharapkan pencarian kerja dan pendapatan akan menjadi lebih besar.

Investasi Saham 

Saham
Investasi saham. Photo by @chrisliverani

Dengan melakukan investasi dalam saham, diharapkan dapat mendapatkan keuntungan dari dana yang sudah diinvestasikan.

Investasi Mata Uang Asing

apa itu investasi
Investasi mata uang asing. Photo by Fox Business

Dengan melakukan investasi ini, Investor akan mendapatkan keuntungan dari menguatnya nilai tukar mata uang asing terhadap mata uang lokal.

Demikian informasi seputar apa itu investasi, semoga dapat menambah pengetahuan dan bermanfaat bagi kamu. Jika kamu ingin melakukan investasi, sebaiknya kamu mengetahui tujuan kamu melakukan sebuah investasi tersebut. Sehingga, kamu dapat memilih investasi mana yang cocok sesuai dengan kebutuhan kamu.

Sekian dan terima kasih, selamat berinvestasi.

Mungkin Anda juga menyukai