Mengenal Bahaya Investasi Ilegal dan Tips Cerdas Menghindarinya

Investasi Ilegal
Mengenal Bahaya Investasi Ilegal dan Tips Cerdas Menghindarinya. Photo by Pixabay
Bagikan:

Waktu baca: 3 menit

Investasi ilegal merupakan penipuan berkedok investasi yang mencari investor untuk suatu produk atau bisnis yang sebenarnya tidak ada. Jadi, kamu hanya akan diminta untuk menanam modal demi keuntungan pelaku atau oknum tertentu saja.

Dengan demikian, melakukan investasi bodong atau ilegal tidak akan membuatmu mendapatkan keuntungan apapun. Malahan, uangmu akan raib dibawa kabur oleh pelaku yang tidak bertanggung jawab.

Wajar saja, jika hal ini kerap membuatmu takut untuk memulai investasi. Sebenarnya, kamu tak perlu ragu berinvestasi karena ada banyak cara untuk menghindari bahaya investasi bodong. Asalkan, kamu berjalan secara hati-hati dan waspada.

Nah, sebelum memulai menanam modal, simaklah ulasan tentang bahaya investasi bodong dan tips cerdas menghindarinya. Tentunya, supaya kamu semakin waspada ketika nanti mendapatkan penawaran investasi. Jadi, simak ulasannya berikut ini.

Baca juga: Instrumen Investasi Modal Kecil dengan Return Tinggi

 Bahaya Investasi Ilegal yang Harus Diketahui

Investasi return besar dalam waktu singkat
Bahaya investasi ilegal. Photo by @m_b_m

Memang, perkembangan industri investasi saat ini kian meningkat. Sebab, animo masyarakat untuk mengelola keuangannya juga semakin tinggi. Namun, hal ini justru memicu investasi bodong atau ilegal ikut mencari peruntungan.

Sebagai investor kamu harus menghindari tempat investasi non legal agar tidak merugi di kemudian hari. Lantas, seperti apa bahayanya? Berikut ini penjelasannya.

Investasi bodong atau ilegal memang sangat merugikan investor. Faktanya, Satgas Waspada Investasi OJK juga menyatakan investasi ilegal sepanjang tahun 2011-2020 menyebabkan kerugian fantastis. Yaitu Rp 114,9 triliun.

Mengapa kerugiannya bisa begitu besar? Tentunya, karena banyak masyarakat yang sudah tertipu. Karena modus para pelaku sangatlah pintar dan tidak main-main. Seperti  melibatkan tokoh agama, tokoh masyarakat, hingga selebriti kenamaan.

Tak heran bukan, jika potensi korban penipuannya cukup besar. Dan tak heran pula, jika para pelaku investasi bodong kerap disebut sebagai teroris ekonomi Indonesia.

Pasalnya, tindak tanduk para penipu ini bisa berdampak buruk bagi pembangunan. Dikarenakan menyebabkan image negatif pada masyarakat, terutama korban. Yaitu ketidakpercayaan terhadap segala bentuk produk keuangan.

Selain itu, investasi bodong juga berbahaya bagi kehidupan masyarakat kecil. Terutama, akibat kurangnya pemahaman terkait investasi. Dengan begitu, rendahnya literasi merupakan faktor utama penyebab maraknya kasus penipuan investasi bodong.

Meskipun demikian, bukan berarti kamu harus takut untuk berinvestasi. Sebab, ada beberapa tips cerdas untuk dilakukan agar kamu bisa mendapatkan menanamkan modal secara aman dan di tempat yang legal.

Baca juga: Pengertian Analisis Fundamental Secara Umum

3 Tips Cerdas yang Harus Dilakukan Sebelum Berinvestasi

Saham
Cara cerdas berinvestasi. Photo by @chrisliverani

Jadi, apakah kamu mulai tertarik untuk berinvestasi? Tidak usah takut, ikutilah beberapa tips cerdasnya agar bahaya investasi ilegal di atas bisa kamu hindari. Nah, inilah 3 tips cerdas yang perlu kamu terapkan sebelum berinvestasi, yaitu:

  • Jangan Mudah Tergiur Keuntungan Besar Tanpa Risiko

Tidak dipungkiri, penyebab utama yang mendorong pelaku investasi bodong kian masif adalah kurangnya pemahaman akan investasi. Hal ini memicu investor pemula tergiur dengan janji manis para penipu.

Untuk itu, kamu harus berhati-hati terhadap penawaran yang terlampau menggiurkan. Terlebih, tanpa risiko. Jadi, jika penawaran yang diberikan tidak logis, maka jangan sampai tergoda. Ingatlah selalu asas high risk, high return.

  • Mencari Informasi Tentang Perusahaan Investasi

Jika penawaran investasi masuk akal, jangan percaya begitu saja. Selanjutnya, kamu perlu mencari informasi tentang perusahaan investasi selengkap mungkin. Dan yang terpenting, pastikan perusahaan sudah memiliki izin resmi dari OJK.

Bagaimana cara memastikannya? Sangat mudah sekali. Kamu hanya perlu mengecek daftarnya melalui website OJK. Nah, jika selama penelusuran kamu menemukan banyak kejanggalan, segera laporkan saja ke call center OJK 157.

  • Mengenali Sistem Pengembangan Modal Perusahaan

Setelah kamu memastikan keuntungannya logis dan status perusahaan investasi  juga legal, berikutnya kenalilah sistem pengembangan modalnya. Sebab, keuntungan yang akan kamu peroleh dihasilkan dari perputaran modal.

Caranya, kamu bisa menanyakan tentang jenis produk atau bisnis, serta nilai jualnya. Jadi, jangan sampai kamu menanam modal tanpa mengetahui bagaimana seluk beluk perputaran modalnya.

Itulah ulasan singkat seputar investasi ilegalyang dapat berbahaya bagi kehidupan ekonomi masyarakat. Untuk itu, kenali bahayanya dan terapkanlah tips di atas sebelum memulai investasi. Tentu agar kamu bisa terhindar dari modus nakal pelaku investasi bodong. Jadi, jangan takut lagi untuk berinvestasi.


Bagikan:

Mungkin Anda juga menyukai