Penjelasan Tentang Definisi Ekonomi Digital dan Dampak Perkembangannya

Koran dan tablet
Penjelasan Tentang Definisi Ekonomi Digital dan Dampak Perkembangannya. Photo by @maguay
Waktu baca: 4 menit

Perkembangan dunia ekonomi digital sebenarnya telah dimulai saat adanya radio, televisi dan telepon karena sejatinya ekonomi digital bermula dari dasar teknologi yang mengkombinasikan sistem ekonomi dunia. Contoh, produk luar negeri mesin jahit buatan jepang bisa masuk ke Indonesia dari siaran radio internasional. Kemudian, pihak Indonesia mencoba menghubungi produk tersebut lewat telepon. Dari sanalah, berkembang pesat ekonomi digital modern hingga saat ini memakai ragam aplikasi yang mendukung gerak ekonomi. 

Apa itu ekonomi digital?

Ekonomi digital merupakan sebuah kegiatan ekonomi yang semua halnya disangkutpautkan memakai teknologi terkini mulai dari awal akhir transaksi memakai media teknologi. Bisa dikatakan bahwa digital ekonomi di Indonesia mengalami kemajuan sangat pesat dari tahun 2000 sampai saat ini. Kamu memakai telepon untuk memesan sebuah barang dari daerah jauh kemudian barang tersebut datang sesuai harapan maka kamu telah masuk sebagai pelaku ekonomi digital.

Ada 4 unsur dalam ekonomi digital yaitu produsen, konsumen, barang yang diperjual belikan, media untuk transaksi. Perbedaan ekonomi digital dengan ekonomi kuno yakni pada medianya. Jika orang membeli dan menjual barang dahulu dilakukan barter, temu muka dan tahu barangnya secara langsung. Sedangkan ekonomi digital terdapat unsur teknologi di dalamnya. 

Perkembangan Ekonomi digital di Indonesia 

Negara kita dikatakan sebagai negara yang berpotensi sangat tinggi dalam mengembangkan ekonomi karena berada di jalur perdagangan strategis benua besar. Selain itu, Indonesia memiliki potensi sumber daya alam yang tidak dimiliki oleh negara lain sehingga menjadi dorongan kuat dalam perkembangan ekonomi digital. Selama 10 tahun terakhir, Indonesia menjadi negara dengan persentase ekonomi digital mencapai 70%. 

Dari kota besar merambah ke desa saat ini 99% memakai ponsel pintar untuk menjual atau membeli barang. Semua sektor yang berhubungan dengan ekonomi digital akan hidup dan pemerataan kesejahteraan semakin baik. 

Baca juga: Menelisik Apa Itu Kapitalisme Beserta Kelebihan, Kekurangan dan Contohnya di Indonesia

Potensi Ekonomi Digital

Apa saja potensi ekonomi yang terlihat saat memakai teknologi sebagai dasar pergerakan ekonomi?

Jika kamu melihat dari sektor ekonomi saja berarti kamu masih belum bisa melihat luasnya pangsa pasar masa depan. Potensi ekonomi digital bisa menjalar ke kesehatan, agrikultur, perbankan, perikanan, fashion, pendidikan, budaya dan sebagainya. Salah satu potensi yang paling ramai dan cepat pergerakannya adalah ekonomi digital bidang kuliner, pendidikan dan kesehatan.

Ketiganya menjadi peringkat pertama, tetapi efeknya memiliki pemasukan yang cukup bersaing. Konsepnya, semakin banyak orang yang menekuni bidang kuliner maka makin tinggi kompetitornya, makin bersaing harganya dan makin sedikit laba yang dihasilkan. 

Artikel Lainnya