Daftar 10 Klub Sepak Bola Terkaya di Dunia

daftar klub sepak bola terkaya di dunia versi Transfermarkt.com
Waktu baca: 4 menit

Gelaran sepak bola Eropa telah usai dengan ditandai laga final Liga Champions antara Tottenham Hotspur melawan Liverpool di Stadion Wanda Metropolitano, Madrid, Sabtu (1/6/2019) atau Minggu dini hari WIB. Pada laga itu, Liverpool akhirnya meraih kemenangan atas Tottenham dengan skor akhir 2-0 melalui gol yang dicetak oleh Mohamed Salah dan Divock Origi. Berkat kemenangan itu, kini Liverpool menjadi klub terkaya keempat di dunia berdasarkan nilai pasar. Tottenham yang menelan kekalahan pada final Liga Champions juga merangkak naik ke peringkat kedelapan. Adapun sebagai tim terkaya dunia ialah Manchester City. Berikut 10 klub sepak bola terkaya dunia berdasarkan nilai pasar dilansir dari transfermarkt.com.

1. Manchester City

Manchester City
Manchester City menjadi klub terkaya versi transfermarkt.com Photo by @ManCity

Manchester City menjadi klub sepak bola terkaya dengan total kekayaan sebesar 1,14 milyar Euro atau sekitar Rp 18,3 triliun. Dengan begitu, Manchester City menggeser Barcelona yang sebelumnya di peringkat pertama. Hal itu wajar karena musim 2018/2019, Manchester City berhasil meraih tiga gelar dalam kompetisi domestik, yaitu Liga Inggris, Piala Liga Inggris, dan Piala FA.

2. FC Barcelona

Barcelona
Pemain Barcelona merayakan gelar juara Liga Spanyol musim 2018/2019. Photo by @FCBarcelona

Sebagai raja Liga Spanyol, Barcelona berhasil menempati peringkat kedua. Kekayaan Barcelona saat ini mencapai 1,07 milyar Euro atau sekitar Rp 17,2 triliun. Sebelumnya, Barcelona sempat menjadi klub terkaya namun pada akhirnya tergeser oleh Manchester City. Hal ini bisa terjadi karena musim 2018/2019, Barca hanya mampu meraih gelar Liga Spanyol. Selain itu, Lionel Messi dkk juga gagal menjadi juara Copa del Rey karena kalah dari finalis lainnya, Valencia, dengan skor akhir 1-2.

3. Chelsea FC

Chelsea
Chelsea menjadi juara Piala Europa musim 2018/2019. Photo by @ChelseaFC

Peringkat ketiga diduduki oleh tim asal London, yaitu Chelsea. Sebagai juara Liga Europa musim 2018/2019, kekayaan Chelsea saat ini mencapai 976,75 juta Euro atau sekitar Rp 15,7 triliun.

4. Liverpool FC

Liverpool klub sepak bola terkaya.
Liverpool merupakan salah satu klub terkaya. Photo by @ChampionsLeague

Liverpool FC menjadi tim yang menempati peringkat keempat dengan total kekayaan 974,25 juta Euro atau sekitar Rp 15 triliun. Terlebih, pada musim 2018/2019 menjadi juara Liga Champions. Selain itu, dalam ajang Liga Inggris pun mereka menempati peringkat kedua dengan raihan 97 poin.

5. Atletico Madrid

Atletico Madrid klub sepak bola terkaya kelima.
Pemain Atletico Madrid melakukan selebrasi. Photo by @AtletiEnglish

Pada peringkat kelima, ditempati oleh tim asal Spanyol yaitu Atletico Madrid. Musim ini memang Atletico Madrid tidak mendapatkan gelar juara apapun, namun mereka berhasil menempati peringkat kedua dan menempel ketat Atletico Madrid dengan raihan 76 poin. Saat ini, kekayaan Atletico Madrid memiliki total kekayaan sebesar 934 juta Euro atau sekitar Rp 15,06 triliun.

6. Paris Saint-Germain

Paris Saint-Germain klub sepak bola terkaya keenam.
Pemain Paris Saint-Germain berselebrasi merayakan gelar Liga Perancis. Photo by @PSG_English

Paris Saint-Germain (PSG) yang menjadi juara Liga Perancis musim 2018/2019 menempati peringkat keenam. Total kekayaan yang dimiliki oleh PSG yaitu 922,2 juta Euro atau sekitar Rp 14,8 triliun.

7. Real Madrid

Real Madrid klub sepak bola terkaya ketujuh.
Pemain Real Madrid melakukan selebrasi. Photo by @Realmadriden

Sementara untuk peringkat ketujuh ditempati oleh perwakilan tim asal Spanyol, yaitu Real Madrid. Total kekayaan Real Madrid saat ini yaitu 872 juta Euro atau sekitar Rp 14 triliun.

8. Tottenham Hotspur

Tottenham Hotspurs klub sepak bola terkaya ke-8
Tottenham Hotspur menjadi finalis Liga Champions musim 2018/2019. Photo by @SpursOfficial

Finalis Liga Champions, Tottenham Hotspur berhasil melejit ke peringkat kedelapan klub terkaya dunia. Klub sepak bola yang dilatih oleh Mauricio Pochettino ini memiliki kekayaan sebesar 840 juta Euro atau sekitar Rp 13,5 triliun.

9. Manchester United

Manchester United klub sepak bola terkaya ke-9
Pemain Manchester United melakukan selebrasi. Photo by @WestAustralia

Pada peringkat kesembilan ditempati oleh Manchester United. Musim ini memang Manchester United tidak mendapatkan gelar juara sama sekali. Namun, total kekayaannya meningkat menjadi 812,5 juta Euro atau sekitar Rp 13,1 triliun.

10. Bayern Muenchen

Bayern Muenchen klub sepak bola terkaya ke-10
Bayern Muenchen merayakan gelar Liga Jerman musim 2018/2019. Photo by @FCBayernEN

Bayern Muenchen kini menempati peringkat ke-10 sebagai klub terkaya versi transfermarkt. Sebagai juara Liga Jerman musim 2018/2019, Bayern Muenchen memiliki total kekayaan 751,5 juta Euro atau sekitar rp 12,1 triliun.

Leave a Reply