Adaptasi New Normal dalam Perspektif Perilaku Organisasi

new normal perspektif organisasi
Adaptasi New Normal dalam Perspektif Perilaku Organisasi. Photo by Pexels
Waktu baca: 3 menit

Tidak ada seorang pun yang mendapatkan keuntungan dari kemunculan Covid-19 ini. hampir semua segmen lumpuh dan perkembangan menjadi stagnan bahkan menurun. Untuk bangkit dari problem ini maka perlu adanya adaptasi new normal dalam perspektif perilaku organisasi. Untuk kamu yang sedang bangkit melawan Covid-19, maka berikut ini adalah beberapa langkah yang bisa kamu ambil untuk menegakkan kembali tiang penyangga ekonomi kamu saat ini.

Buat rencana untuk merespons munculnya Covid-19

Buat rencana matang.
Buat rencana. Photo by Pixabay

Ada 3 gelombang yang perlu kamu ketahui dalam merespons adanya Covid-19. 3 cara ini adalah rencana penanganan jangka pendek, rencana penanganan jangka menengah dan rencana penanganan jangka panjang.

Rencana penanganan jangka pendek

Rencana penanganan pertama adalah rencana penanganan jangka pendek. Dalam rencana penanganan jangka pendek ini maka fokus dari bisnis kamu adalah untuk mengusahakan keamanan dari tempat kerja dan juga membuat bisnis operasional yang baru untuk merespons terjadinya pandemi.

Rencana penanganan jangka menengah

Perencanaan jangka menengah adalah perencanaan yang dibuat untuk fokus pada proses stabilisasi. Pada rencana ini kamu diharapkan untuk membangun rencana yang taktis untuk merespons tantangan-tantangan yang muncul karena adanya Covid-19. Rencana jangka menengah ini merupakan rencana yang digunakan untuk menghadapi kondisi new normal yang segera akan diberlakukan secara besar-besaran di Indonesia.

Rencana penanganan jangka panjang

Rencana terakhir adalah rencana jangka panjang. Rencana ini adalah sebuah rencana yang dibuat untuk membuat bisnis kamu menjadi lebih kuat di masa depan meski dengan adanya Covid-19 ini. rencana ini merupakan rencana yang wajib untuk di buat mengingat kita belum tahu secara detail kapan pandemi ini akan berlalu. Oleh karena itu, kamu harus bersiap kemungkinan terburuk dan selalu bersiap dengan kemungkinan terburuk.

Baca juga: Aturan New Normal di Jakarta yang Wajib Dipatuhi

Langkah adaptasi new normal dalam perspektif perilaku organisasi

Lakukan evaluasi
Langkah adaptasi new normal. Photo by Pixabay

Setelah mempersiapkan rencana yang berhubungan dengan new normal, maka hal lain yang perlu dilakukan adalah mengetahui bidang-bidang apa saja yang nantinya diperlukan dalam proses penataan bisnis kamu. berikut ini adalah 6 hal yang harus dipersiapkan dalam menghadapi krisis Covid-19.

  • Krisis manajemen
  • Tenaga kerja
  • Supply chain
  • Perpajakan
  • Finance
  • Strategi dan brand

Memang ada banyak aksi yang harus diambil dalam adaptasi new normal menggunakan 3 strategi yang sudah disebutkan sebelumnya. Contohnya, tim manajemen krisis merupakan tim yang dibangun dalam masa mobilisasi yaitu pada rencana penanganan Covid jangka pendek. Perlu kamu ketahui, bahwa perencanaan ini mungkin saja berubah berdasarkan dengan peraturan yang muncul dari pemerintah.

Hal ini disebabkan karena pemerintahan yang mulai menemukan celah untuk keluar dari masalah ini akan segera menerapkan aturan yang lebih ketat di kemudian hari untuk menjaga pembangunan tapi tetap mengindahkan upaya untuk meminimalisir penularan dari Covid-19.

Dalam perubahan tersebut akan besar kemungkinan terjadi perubahan yang akan berdampak pada bisnis kamu. Di sini, konsistensi kamu akan sangat diuji lho. Akan tetapi tetap siaga dan tetap bersemangat dalam menghadapi perubahan. Pastikan perubahan-perubahan yang akan kamu hadapi ini malah menjadikan proses kreatif dan membuat bisnis kamu makin kuat untuk menghadapi tantangan yang mungkin terjadi di masa depan.

Aspek-aspek di atas adalah aspek yang harus dipersiapkan untuk mengatasi masalah yang terjadi pada era Covid ini. demikian ulasan mengenai adaptasi new normal dalam perspektif perilaku organisasi bisnis kamu. semoga ulasan ini dapat membantu kamu.

Mungkin Anda juga menyukai