7 Resolusi Tahun 2019 untuk Hidup yang Lebih Baik

resolusi tahun 2019
Waktu baca: 4 menit

Resolusi tahun 2019? Beberapa mungkin sudah mulai membuat hal-hal yang ingin dicapai selama satu tahun ke depan, tidak terkecuali perihal keuangan. Jika di tahun sebelumnya kamu masih kesulitan mengatur keuangan pribadi sebagai fresh graduate yang baru mulai bekerja, maka di tahun yang akan datang sebaiknya kamu melakukan evaluasi untuk kehidupan yang lebih baik.

Meski tidak mudah diwujudkan, setidaknya dengan resolusi tahun baru yang dibuat kamu jadi lebih mudah mencapai apa-apa yang telah direncanakan. Kehidupan pun jadi lebih terorganisir dan terarah dengan baik. Kamu pun lebih percaya diri dan termotivasi dalam menyambut tahun baru. Jadi, apa saja resolusi tahun baru yang akan membuat hidupmu lebih baik? Simak daftarnya berikut ini!

Membuat rutinitas harian yang seimbang

Kesibukan pekerjaan di kantor terkadang membuat kamu lupa waktu. Selain berdampak buruk pada kondisi kesehatan, kebiasaan ini justru akan menimbulkan stres untuk dirimu sendiri. Maka dari itu, buatlah resolusi tahun baru di mana kamu akan lebih menyeimbangkan segala rutinitas harian. Seimbangkan waktu bekerja, beristirahat, juga waktu untuk berkumpul dengan keluarga dan teman-teman.

Pola rutinitas harian yang seimbang akan membantu kamu menjadi pribadi yang lebih produktif. Pikiran yang fresh dan kondisi psikis yang tenang akan memudahkan kamu mencapai target-target kehidupan sesuai dengan apa yang telah direncanakan. Kamu bisa menuliskan rutinitas harian pada sebuah buku catatan khusus. Dengan begitu, kehidupan pun jadi lebih terorganisir dengan baik.

Membuat rincian anggaran kebutuhan

Untuk mencapai kehidupan yang lebih baik, pastikan kamu telah mengontrol keuangan dengan baik pula. Salah satu cara yang bisa dilakukan adalah dengan membuat rincian anggaran kebutuhan. Artinya, segala pemasukan dan pengeluaran tercatat secara mendetail serta dapat disisihkan sesuai dengan pos masing-masing. Rincian anggaran ini juga akan membantu kamu menyusun daftar prioritas kebutuhan mana yang harus dipenuhi terlebih dulu.

Baik masih single atau sudah menikah, kondisi finansial yang terarah akan membuat hidupmu jauh lebih aman dan nyaman. Adanya rincian anggaran kebutuhan juga bisa membuatmu belajar secara otodidak terkait manajemen keuangan, sekali pun kamu tidak berkuliah di bidang manajemen dan akuntansi. Nah, setelah anggaran alokasi keuangan sudah dibuat, maka sekarang saatnya kamu mulai mendisiplinkan diri untuk mematuhi anggaran tersebut.

Mengurangi gaya hidup konsumtif

Sebagai langkah lanjutan yang bisa dilakukan sebagai resolusi tahun 2019 untuk kehidupan yang lebih baik adalah dengan cara mengurangi pola hidup konsumtif. Lebih lanjut, kamu wajib memahami bentuk pengeluaran yang tidak diperlukan atau bahkan bisa menguras dompetmu. Misalnya, terlalu sering makan siang di luar, hang out di kafe, atau belanja perlengkapan yang tidak terlalu dibutuhkan. Lebih baik kamu mengurangi rutinitas semacam ini.

Mengurangi gaya hidup konsumtif
Kurang-kurangin yuk shopping berlebih via pexels.com

Sebaliknya, dalam rangka mengurangi gaya hidup konsumtif, cobalah membiasakan diri membawa bekal dari rumah untuk makan siang di kantor, segera pulang ke rumah setelah jam kerja berakhir, dan membatasi diri untuk window shopping di situs-situs belanja online agar tidak mudah tergiur melakukan pembelian. Bawalah uang tunai secukupnya di dalam dompet supaya kamu juga bisa lebih berhemat.

Meningkatkan nominal setoran tabungan

Jika di tahun-tahun sebelumnya kamu hanya menyetorkan 10% dari gaji untuk tabungan, maka tahun 2019 mendatang kamu bisa meningkatkan jumlahnya menjadi 15% atau bahkan lebih. Pastikan untuk menabung di awal bulan sesegera mungkin setelah menerima gaji. Hal ini penting dilakukan sebelum uang terpakai untuk kebutuhan belanja. Menabung dengan rutin setiap bulannya juga akan menguntungkan dirimu sendiri.

Cobalah untuk memisahkan antara rekening tabungan dan rekening yang biasa digunakan untuk menerima gaji. Pilih rekening tabungan yang terbaik dengan tanpa disertai kartu debit karena tujuan pembukaannya murni untuk menabung. Tabungan ini sendiri nantinya dapat berfungsi sebagai persiapan dana darurat apabila kamu mendadak jatuh sakit atau tidak mendapat perpanjangan kontrak kerja dari perusahaan tempatmu bekerja saat ini.

Melunasi semua utang-utang

Tahun baru dapat menjadi awal kehidupan yang baru sehingga kamu perlu menyelesaikan berbagai tanggung jawab di tahun sebelumnya. Termasuk perihal utang yang wajib untuk segera dilunasi agar kamu bisa hidup lebih baik. Jangan menunda-nunda pelunasan utang, terlebih apabila dikenakan bunga setiap bulannya. Jika dibiarkan menumpuk, utang akan semakin sulit dibayar.

Tak terkecuali untuk kamu yang memiliki kartu kredit dan menggunakannya secara aktif. Usahakan untuk membayar tagihan kartu kredit sebelum jatuh tempo. Selain bisa mencegah biaya tambahan akibat keterlambatan, pembayaran tagihan secara tepat waktu juga akan memperbaiki reputasi kredit yang menjadi pertimbangan untuk pemberian pinjaman-pinjaman lain di masa mendatang.

Baca juga: Berikut ini Kesalahan Pekerja Keras yang Gagal Investasi

Terapkan no-spend day!

Ciptakan tantangan untuk dirimu sendiri dalam mewujudkan resolusi tahun 2019 demi kehidupan yang lebih baik. Bagaimana dengan penerapan upaya no-spend day? Tantangan ini mengharuskan kamu untuk tidak mengeluarkan satu rupiah pun selama satu hari penuh. Bisa dilakukan ketika hari libur atau bahkan di hari kerja seperti biasanya. Cara ini juga akan membuat kamu hidup lebih hemat.

Tak perlu takut mati gaya selama akhir pekan tanpa uang. Kamu bisa memanfaatkan waktu yang ada untuk beristirahat di rumah, memasak dengan bahan-bahan yang tersedia di dalam lemari es, atau sekadar menonton film di rumah bersama keluarga. Selama menjalankan no-spend day, kamu juga bisa menghabiskan waktu untuk memanjakan diri sendiri. Mulai dari berendam dengan air hangat, facial di rumah, ataupun mempercantik tampilan kuku.

Berkomitmen untuk menjalankan resolusi tahun 2019

Daftar panjang resolusi tahun baru tidak akan berarti tanpa adanya komitmen yang kuat untuk mewujudkan apa yang telah direncanakan. Supaya kamu tetap ingat dengan daftar resolusi yang ingin dicapai untuk hidup yang lebih baik, cobalah untuk menempelkan apa saja hal-hal yang telah menjadi resolusimu. Berikan reward dan punishment untuk diri sendiri apabila terjadi pelanggaran atas komitmen yang telah dibuat.

Jangan ragu untuk mengevaluasi kembali apa saja yang telah kamu masukkan dalam daftar resolusi tahun 2019. Meski tidak mudah dalam mewujudkan kehidupan yang lebih baik, setidaknya kamu sudah memiliki acuan atas apa yang ingin dicapai sepanjang tahun baru nanti. Dengan begitu, kehidupan pun jadi lebih bermakna, baik untuk diri sendiri ataupun bagi orang-orang di sekelilingmu.

***

Bagaimana dengan resolusi tahun 2019 yang sudah kamu buat? Apakah daftar panjang tadi termasuk di dalam resolusi yang kamu buat? Semoga berhasil mewujudkan apa yang telah kamu rencanakan, ya!

2 Responses

  1. Kala says:

    Wah terimakasih sangat bermanfaat

Leave a Reply