6 Kesalahan Manajemen Keuangan yang Harus Dihindari

Kesalahan manajemen keuangan.
Kesalahan manajemen keuangan yang harus dihindari. Photo by @sharonmccutcheon
Waktu baca: 3 menit

Saat ini banyak orang yang manajemen keuangan masih berantakan, terlebih dalam hal mengatur pemasukan dan pengeluaran. Tindakan pemborosan dan pemenuhan gaya hidup berlebih menjadikan keuanganmu menipis dan berantakan. Kesalahan manajemen keuangan jadi penyebab utama kejadian ini.

Maka dari itu, kamu perlu memahami penyebab utama kesalahan dalam manajemen keuangan. Dengan begitu, kamu bisa mengatur uang dengan baik. Berikut ini beberapa hal yang bisa dilakukan untuk mengatur keuangan agar terhindar dari kesalahan yang ada.

Tidak mencatat pengeluaran

Kesalahan manajemen keuangan yang harus dihindari
Tidak mencatat pengeluaran. Photo by Pixabay

Tiap orang pasti memiliki pengeluaran yang berbeda-beda. Namun, masih banyak yang tidak mencatat pengeluarannya. Padahal, dengan mencatat pengeluaran itu kamu bisa lebih mengendalikan keuanganmu ke depannya. Dengan begitu, pengeluaran akan tetap seimbang dengan pemasukan yang kamu dapatkan.

Mengatur uang untuk waktu yang singkat

Mengatur uang dalam waktu singkat.
Mengatur uang dalam waktu singkat. Photo by Pexels

Kebiasaan mengatur uang dalam waktu yang singkat harus dihindari. Karena, kebiasaan tersebut malah akan membuat masa depanmu merugi. Maka dari itu, kamu harus mengatur uang untuk waktu yang lama.

Baca juga: Waspada! 5 Kebiasaan Sepele Ini Bikin Kamu Boros

Tidak tahu tujuan keuangan

Tidak tahu tujuan keuangan.
Tidak tahu tujuan keuangan. Photo by Pixabay

Tanpa mengetahui tujuan keuangan adalah sebuah kesalahan besar. Sebab, hal itu bisa memunculkan keresahan. Tanpa mengetahui tujuan keuangan akan membuat kondisi keuangan jadi tidak jelas. Maka dari itu, kamu harus merencanakan tujuan keuangan saat mengatur dan menyusun rencana keuangan. Dengan begitu, manajemen uangmu bisa lebih baik dan terkontrol.

Prioritas keuangan tidak jelas

Tidak tahu prioritas uang.
Tidak tahu prioritas uang. Photo by @jpvalery

Selain tujuan, prioritas keuangan yang tidak jelas juga menjadi salah satu indikator jeleknya manajemen keuangan yang kamu lakukan. Pengeluaran yang tidak didistribusikan ke beberapa prioritas tentu bisa mengakibatkan adanya kebutuhan yang tidak terpenuhi. Hal ini malah membuat penghasilanmu cepat habis sebab tidak digunakan untuk hal-hal yang seharusnya jadi prioritas.

Kurang komitmen

Tidak konsisten jelas menjadi pemicu kesalahan manajemen keuangan
Kurang komitmen. Photo by @goian

Komitmen dengan diri sendiri dan orang lain harus kuat, apalagi dalam urusan keuangan. Kurang komitmen dalam urusan keuangan seperti berjanji hidup hemat akan membuat manajemen keuangan tidak berjalan dengan baik. Hal itu juga akan berimbas dengan pendapatan dan pengeluaran yang tidak seimbang karena melanggar komitmen sehingga pengeluaranmu akan lebih banyak daripada pendapatanmu.

Ikut-ikutan berinvestasi

Ikut-ikutan berinvestasi.
Ikut-ikutan berinvestasi. Photo by @katyukawa

Memang investasi bukanlah hal yang buruk karena menjanjikan di masa depan. Namun, ternyata banyak juga masyarakat yang jatuh miskin karena investasi yang tidak diketahui atau tertipu investasi bodong. Hal itu terjadi biasanya karena kebiasaan ikut-ikutan teman untuk berinvestasi tanpa berpikir panjang dan mempelajari investasi tersebut terlebih dahulu.

Baca juga: 4 Hal yang Harus Dilakukan Jika Terjebak Investasi Bodong

Itulah beberapa kesalahan dalam manajemen keuangan yang harus dihindari. Hal di atas tentu akan membuat pendapatan dan pengeluaran tidak seimbang. Bahkan bisa berujung pada kerugian. Jika sudah mengetahui dan paham kesalahan yang ada, saatnya mulai membiasakan diri untuk mengatur uang dengan baik sehingga masa depan akan lebih baik.

You may also like...

Leave a Reply