Waspada! 5 Kebiasaan Sepele Ini Bikin Kamu Boros

Kebiasaan sepele yang bikin kamu boros.
Waktu baca: 4 menit

Untuk mencapai kebebasan finansial, pasti kamu harus mulai menghemat sedini mungkin. Namun, untuk mulai menghemat bukanlah hal yang mudah. Apalagi banyak godaan yang membuatmu tidak bisa konsisten menjalani hidup hemat. Bahkan biasanya kamu terjebak di kebiasaan sepele yang bikin kamu boros.

Tentu saja jika kebiasaan sepele itu diteruskan, maka bukan tidak mungkin keuanganmu akan berantakan. Maka dari itu, agar kamu tidak terjebak terlalu dalam, perhatikan 5 kebiasaan sepele yang bikin kamu boros berikut ini.

1. Tidak bawa uang tunai

Pembayaran cashless.
Pembayaran cashless. Photo by @squareinc

Saat ini memang sedang ngetrend gaya hidup cashless, di mana kamu tidak perlu membawa uang tunai saat berpergian. Cukup membawa e-money atau mengisi e-wallet agar bisa melakukan pembayaran nantinya. Memang awalnya hal itu akan sangat memudahkanmu.

Namun, sadarkah kamu dengan cashless ini justru membuatmu tidak memiliki rencana keuangan yang pasti, khususnya saat berbelanja. Sebab, dengan cashless ini kamu akan lebih memprioritaskan untuk memenuhi keinginan. Sebagai contoh, saat melihat adanya promo di salah satu kedai kopi. Sebenarnya kamu tidak membutuhkan kopi, namun karena merasa sayang melewatkan promo tersebut maka kamu akan membeli kopi dengan uang elektronik yang tersedia.

Walaupun mendapatkan promo, dengan membelanjakan uang elektronik untuk membeli barang yang tidak dibutuhkan itu bisa mengganggu kestabilan keuanganmu.

2. Tetap bepergian walaupun tak punya tujuan

Sering hang out tidak ada tujuan.
Sering hang out tidak ada tujuan. Photo by Pixabay

Saat merasa jenuh atau bad mood, kamu pasti akan memutuskan untuk bepergian. Awalnya memang hanya sekadar mencari angin demi melepas stres semata. Namun, lama kelamaan jadi kebiasaan dan malah menghambur-hamburkan uang berdasarkan nafsu semata.

Misalnya, nongkrong hingga larut malam dan jajan terus menerus. Setelah merasa bosan nongkrong, kamu memutuskan untuk belanja demi mengusir rasa bosan, atau bahkan nonton bioskop yang sebenarnya masih bisa ditunda lain hari.

3. Sering keluar-masuk mal atau minimarket

Keluar masuk mal tanpa tujuan.
Keluar masuk mal tanpa tujuan. Photo by Pexels

Saat ini, dalam memenuhi kebutuhan sehari-hari kamu bisa berbelanja di mal atau minimarket terdekat. Hal itu karena kedua tempat tersebut menjadi tempat yang praktis untuk berbelanja. Semua kebutuhan harianmu tersedia. Jika ada tujuan dan sudah menyesuaikan budget agar belanja yang kamu lakukan tidak boros sebenarnya tidak ada masalah. Namun, jika asal-asalan dan tidak menentukan budget, itulah yang berbahaya.

Belum lagi jika ada promo atau diskon besar-besaran, kamu pasti akan tergiur. Selain itu, pengeluaranmu tidak hanya untuk belanja saja, namun untuk membayar parkir. Pengeluaran receh itu juga dikeluarkan terus menerus pasti akan lebih boros bukan?

Baca juga: Perbedaan Cashback dan Diskon yang Perlu Kamu Ketahui

Maka dari itu, agar lebih hemat kamu harus menetapkan target belanja sesuai kebutuhan saja. Buat daftar belanja agar lebih terarah. Dengan begitu, kamu akan masuk ke mal atau minimarket secukupnya saja. Atau jika perlu, kamu cukup membeli barang yang kamu butuhkan di warung terdekat yang bisa kamu jangkau dengan jalan kaki.

4. Memilih belanja kredit daripada tunai

Kebiasaan sepele yang bikin boros salah satunya memilih membayar secara kredit.
Memilih membayar secara kredit akan membuatmu boros. Photo by Pixabay

Memang saat ini membeli apapun lebih mudah dengan munculnya banyak platform online yang mendukung. Namun, dengan banyaknya platform online untuk belanja malah bisa bikin kamu makin boros. Terlebih jika di platform tersebut ditawarkan bisa membayar dengan cara kredit atau cicilan. Terutama jika ada gadget baru atau barang elektronik dan lainnya.

Kamu harus bisa menahan godaan tersebut. Cobalah untuk menelaah hal yang sedang kamu butuhkan terlebih dahulu. Agar dikemudian hari tidak menyesal karena cicilan berkepanjangan. Sebagai catatan, untuk barang yang tidak produktif dan tidak bernilai investasi sebaiknya hindari membeli dengan sistem kredit. Lebih baik mengumpulkan uang sampai cukup untuk membeli barang tersebut nantinya.

5. Belanja asal-asalan

Belanja tanpa arah bikin boros.
Belanja tanpa arah membuatmu makin boros. Photo by @byfoul

Memang ada yang merasa senang saat berbelanja. Sebenarnya hal itu membahayakan keuanganmu loh. Apalagi saat kamu berbelanja tanpa arah atau tujuan. Maka dari itu, kamu harus sering melakukan instropeksi terkait belanja yang kamu lakukan. Dengan begitu, kamu tidak akan mengulangi kesalahan seperti belanja tanpa arah sehingga bisa lebih hemat.

Itulah kebiasaan sepele yang harus dihindari agar tidak boros. Intinya, kamu harus bisa menghemat pengeluaranmu agar bisa tercapai kebebasan finansial. Memang banyak yang menganggap hidup hemat hanya akan menyiksa diri. Kamu tidak usah terpengaruh. Cukup fokus untuk mempersiapkan pengelolaan keuangan yang lebih terencana dan bisa meraih kebebasan finansial.

You may also like...

Leave a Reply