5 Bisnis Tak Kenal Musim dalam Meraup Keuntungan

Bisnis tak kenal musim dalam meraup keuntungan.
Waktu baca: 4 menit

Untuk menentukan bisnis apa yang kamu jalankan, biasanya keuntungan yang didapatkan menjadi pertimbangan utama. Ada banyak jenis bisnis yang bisa meraup keuntungan besar, namun hanya terbatas di musim tertentu. Selain itu, ada pula jenis bisnis yang tak kenal musim dalam meraup keuntungan.

Bisnis yang tak kenal musim dalam meraup keuntungan maksudnya ialah saat menjalankan bisnis itu, kamu mendapatkan keuntungan tanpa melihat musim yang sedang berlangsung. Misalnya, saat musim lebaran, kamu tetap mendapatkan keuntungan. Begitu pula saat musim lebaran berakhir kamu tetap mendapatkan keuntungan.

Lalu, apa saja jenis bisnis yang tak kenal musim itu? Berikut beberapa contoh beserta penjelasannya.

Bisnis makanan beku (frozen food)

Bisnis frozen food
Bisnis frozen food atau makanan beku. Photo by Klikdokter

Bisnis makanan beku atau frozen food bisa dibilang bisnis yang tak kenal musim. Karena semua orang pasti membutuhkan makanan. Apalagi keunggulan dari frozen food ialah dalam memasaknya mudah. Sudah pasti banyak yang tertarik untuk membelinya, terutama ibu rumah tangga yang memiliki balita atau anak kost yang tidak punya banyak waktu untuk memasak makanan yang rumit. Tinggal digoreng atau dikukus maka frozen food sudah bisa disantap.

Selain itu, dalam menyimpan makanan beku ini tidaklah sulit. Kamu bisa simpan di dalam freezer agar bisa tahan lama hingga berbulan-bulan.

Untuk jenis makanan beku yang bisa kamu pilih untuk dijual ialah nugget, sosis, bakso, otak-otak, kentang goreng, dimsum, dan masih banyak lagi. Modal awal yang dibutuhkan ialah lemari freezer yang besar untuk menyimpan stok makanan beku tersebut. Saat ini sudah banyak berbagai model freezer yang cocok mulai dari kapasitas 100 hingga 1000 liter dengan kisaran harga 2 hingga puluhan juta rupiah.

Bisnis olahan pisang

Makanan olahan pisang
Salah satu makanan olahan pisang. Photo by Pinterest

Bisnis makanan memang tidak ada matinya. Apalagi jika kamu memilih bisnis makanan dengan bahan yang tidak pernah habis, salah satunya ialah pisang. Memang kelihatannya kurang meyakinkan. Padahal, kenyataannya saat ini tren jajanan olahan pisang masih sangat diminati.

Untuk pengolahannya, pisang bisa langsung dipotong dan digoreng dengan tepung, dihancurkan untuk jadi nugget dengan diberikan topping yang menarik, atau cukup dipanggang dan diberi parutan keju serta taburan meses coklat. Bagi kamu yang tidak memiliki skill memasak, saat ini sudah banyak bisnis franchise yang bisa kamu pilih. Cukup membayar biaya kemitraan mulai dari Rp 5 juta, kamu sudah mendapatkan booth, bahan baku makanan, hingga materi untuk promosi.

Baca juga: Tips Sukses Jalankan Bisnis Waralaba dengan Modal Kecil

Bisnis agen ekspedisi

Bisnis agen ekspedisi.
Salah satu agen ekspedisi yang bisa dicoba. Photo by Carapedia

Tidak hanya bisnis yang berkaitan dengan kuliner, ekspedisi atau jasa pengiriman juga bisa menjadi pilihan. Hal itu disebabkan dengan meningkatnya transaksi jual beli online, makin banyak pengusaha online yang membutuhkan jasa pengiriman untuk mengirimkan paket ke pelanggan.

Untuk memulai bisnis agen ekspedisi ini cukup mudah. Kamu cukup menyiapkan ruangan atau bangunan yang lokasinya strategis dengan ukuran 3×4 meter untuk dijadikan kios. Selain itu, kamu juga perlu menyiapkan komputer, jaringan internet, printer, timbangan dan pegawai. Dengan begitu kamu bisa mendaftarkan diri ke berbagai waralaba kurir seperti TIKI, JNE, Wahana, J&T, dan lain sebagainya. Biaya adiministrasi yang dikenakan berkisar dari Rp 2 juta hingga Rp 5 juta dengan potensi pendapatan lebih dari 20 persen.

Bisnis bengkel

Bisnis bengkel.
Bisnis bengkel. Photo by Pexels

Selain kuliner dan ekspedisi, salah satu bisnis yang tak kenal musim ialah otomotif atau bisnis bengkel. Bisnis ini akan terus berjalan selama masih banyak orang yang mengandalkan kendaraan untuk menunjang kegiatan sehari-hari. Selain itu, kamu juga bisa memberikan lapangan kerja baru untuk banyak orang. Apalagi jika pelangganmu sudah banyak, sudah pasti tidak hanya butuh 2 montir saja.

Untuk memulai bisnis ini cukup mudah. Kamu cukup menyiapkan bangunan dengan lokasi yang strategis dan membeli barang-barang yang dibutuhkan dalam dunia otomotif. Biasanya, modal yang dibutuhkan sekitar Rp 5 juta hingga puluhan juta.

Bisnis desain dan percetakan

Bisnis desain dan percetakan salah satu bisnis tak kenal musim dalam meraih keuntungan.
Bisnis desain dan percetakan. Photo by @bank_phrom

Jika memiliki bakat dan kemampuan dalam bidang desain, kamu bisa mulai membuka usaha untuk mengerjakan proyek kecil-kecilan sekaligus menyediakan jasa percetakannya. Sebagai contoh, membuat kartu ucapan, kartu undangan, dan lain sebagainya yang tidak butuh alat cetak besar.

Dengan begitu, kamu sudah pasti akan terus mendapatkan pesanan baik untuk keperluan ulang tahun, pernikahan, pesta, dan lainnya. Apalagi jika kamu sudah memiliki portofolio yang bagus. Kamu bisa memulai bisnis ini, cukup bermodalkan laptop atau PC dengan spesifikasi yang tepat, printer, dan kertas yang dibutuhkan.

Itulah 5 jenis yang bisa terus menerus meraup keuntungan tanpa melihat musim. Namun sebelum memulai bisnis, kamu harus melakukan riset pasar, mengitung potensi pendapatannya, inovasi apa yang akan dilakukan, serta modal yang dibutuhkan. Dengan begitu, kamu akan lebih siap dalam menjalankan bisnis atau usahamu. Selamat mencoba.

You may also like...

Leave a Reply