4 Cara Promosi Makanan Online untuk Tingkatkan Penjualan

Cara promosi makanan online.
Cara promosi makanan online. Photo by Pexels
Waktu baca: 3 menit

Bagi yang sedang cari cara promosi makanan online, maka kamu berada di tempat yang tepat. Di sini kami akan memberikan beberapa trik yang bisa kamu ikuti untuk membuat konten menarik saat memasarkan produk yang kamu miliki. Apa saja trik yang bisa kamu gunakan? Berikut ini adalah ulasannya. 

Buat konten berhubungan dengan pembuatan makanan 

Cara promosi makanan online.
Buat konten pembuatan makanan. Photo by Pexels

Salah satu konten yang wajib diunggah pada sosial mediamu untuk promosi adalah konten atau posting yang berhubungan dengan pembuatan makanan. Proses pembuatan makanan bisa ditujukan pada konsumen untuk memberikan informasi bahwa setiap proses pembuatan makanan dilakukan dengan higienis. 

Memberikan informasi mengenai cara pembuatan makanan akan membuat konsumen menjadi lebih yakin dengan produk yang kami miliki. Hal ini dapat digunakan untuk membangun kepercayaan konsumen dan membuat mereka menjadi loyal. 

Yakinkan konsumen dengan kualitas rasa 

Yakinkan konsumen dengan cita rasa. Photo by @wildlittlethingsphoto

Salah satu hal yang penting untuk ditunjukkan pada konsumen adalah mengenai kualitas rasa dari produk milikmu. Jika ingin memperluas wilayah promosi, kamu harus bisa meyakinkan konsumen mengenai rasa dari makanan yang diproduksi. Apalagi jika produkmu adalah produk yang baru, maka cara promosi makanan online yang paling baik adalah dengan meyakinkan konsumen dengan rasa makananmu. 

Untuk membuat konsumen yakin dengan rasa makanan yang lezat, kamu bisa melakukannya dengan membuat konten yang berisi reaksi orang-orang yang sedang mencicipi produk makanan kamu saat pertama kali mencobanya. Hal ini pasti bisa menjadi sebuah konten yang menarik dan membuat konsumen merasa penasaran. 

Yakinkan konsumen dengan kualitas bahan 

Yakinkan konsumen dengan kualitas bahan. Photo by @joseignaciopompe

Selain menunjukkan bahwa proses pengolahan produk dilakukan dengan higienis dan dengan baik, hal lain yang perlu kamu yakinkan pada konsumen adalah mengenai kualitas bahan yang digunakan dalam membuat produk milikmu. 

Banyak konsumen di Indonesia yang merasa kurang yakin dengan produk baru salah satunya adalah karena bahan-bahan yang digunakannya. Apakah bahan tersebut halal atau tidak, dan apakah bahan yang kamu gunakan ini masih dalam keadaan yang baik atau tidak. 

Karena pentingnya informasi ini untuk konsumen, pastikan kamu juga membuat konten mengenai bahan-bahan yang digunakan di media sosial sebagai media promosi. Kamu bisa membuat konten ini di sosial media yang memberikan durasi penjelasan yang panjang seperti YouTube. Jika kamu memberikan informasi berupa tulisan panjang, maka hal ini akan membuat konsumen merasa bosan. 

Atau kamu juga bisa mencoba memotong-motong video penjelasan agar menjadi video-video pendek agar bisa membagikannya pada sosial media yang populer seperti Instagram. Untuk memberikan informasi ini, pastikan kamu membuat konten dengan cara yang spesial dan menarik ya! Atau konten yang sudah dibuat hanya akan dilewatkan oleh audience. 

Promo testing food gratis 

Cara promosi makanan online.
Promo testing food. Photo by Pexels

Jika memiliki modal yang cukup besar, kamu juga bisa mencoba melakukan promosi testing makanan gratis untuk produk makanan milikmu. Jika memiliki toko, kamu bisa mengundang konsumen untuk datang ke kedai untuk mencoba makanan baru yang disajikan. 

Kamu bisa memberikan promo makan gratis atau memberikan promo berupa pembelian bonus dan diskon untuk beberapa pembeli pertama sebagai salah satu cara menarik perhatian dari konsumen. Namun jika belum memiliki modal, kamu bisa mengajukan pinjaman ke KlikCair. KlikCair merupakan Peer to peer lending produktif Indonesia yang memberikan pinjaman produktif untuk pengembangan bisnismu.

Dengan mendapat pendanaan dari KlikCair, nantinya dana tersebut dapat dijadikan modal untuk menjalankan promosi makanan online yang terbukti dapat meningkatkan exposure dari produk milik kamu. Dengan mengikuti cara tersebut, produk makananmu bisa makin dikenal oleh banyak orang serta kamu bisa mendapatkan keuntungan sesuai keinginanmu.

Mungkin Anda juga menyukai