Belajar Atur Uang dari Drakor The World of The Married

Belajar Atur Uang dari Drakor
Belajar Atur Uang dari Drakor The World of The Married. Photo by Dreamers
Waktu baca: 3 menit

Belakangan ini, drama Korea atau drakor sedang menjadi perbincangan hangat di kalangan anak muda. Salah satu drakor yang sedang tren ialah The World of The Married. Selain menampilkan drama, belajar atur uang juga diberikan di drakor The World of The Married loh.

Drama yang diperankan oleh aktor ternama Kim Hee-ae, Park Hae-joon, dan Han So-hee menyajikan konflik kehidupan rumah tangga dengan hadirnya orang ketiga. Tak heran bila drakor ini bisa menguras emosi penontonnya. Dari episode 1-16, drama ini tidak hanya menampilkan konflik tersebut, tapi juga menyiratkan pembelajaran yang penting yakni mengatur keuangan.

Berikut ini penjelasan mengenai belajar atur uang melalui drakor The World of The Married.

Bertanggung jawab dalam mengelola keuangan

Belajar Atur Uang dari Drakor
Bertanggungjawab dalam mengelola keuangan. Photo by Pixabay

Dalam setiap rumah tangga sudah tentu ada yang bertugas untuk mengatur keuangan. Maka dari itu, siapapun yang mendapatkan tugas untuk mengatur keuangan, sebaiknya bertanggungjawablah. Beberapa hal yang bisa dilakukan ialah membuat budget bulanan, membuat laporan, dan lain sebagainya. Yang jelas, penggunaan uang dalam keluarga harus diperinci dengan jelas agar tidak ada pihak yang merasa dikecewakan.

Jangan seperti salah satu tokoh dalam drama tersebut, yakni Tae Oh yang tidak bertanggung jawab dalam mengelola keuangan rumah tangga. Ia malah mencairkan dana investasi masa depan keluarganya dan take out pinjaman yang seharusnya digunakan untuk mencicil rumah.

Melek finansial

Hindari ini agar merdeka finansial 2020
Melek finansial. Photo by @steve_j

Setiap orang wajib melek finansial agar mengerti cara mengelola keuangan dengan baik dan benar. Sama seperti halnya di drama ini, diceritakan bahwa seorang istri terlambat mengetahui kelakuan suaminya yang menyelewengkan uang keluarganya untuk hal yang tidak benar, yaitu menyenangkan selingkuhannya.

Dari cerita itu, dapat disimpulkan bahwa kita, jangan tidak peduli terhadap keuangan rumah tangga. Cobalah untuk belajar keuangan mulai dari mengatur uang bulanan untuk memenuhi kebutuhan hingga tabungan untuk masa depan. Dengan begitu, kedua pasangan bisa saling memberi masukan untuk mengambil keputusan yang tepat soal keuangan.

Susun tujuan keuangan keluarga

Sistem keuangan syariah.
Pengelolaan keuangan keluarga. Photo by Pixabay

Agar kebutuhan keluarga di masa yang akan datang dapat tercukupi dan kondisi keuangan tetap dalam kondisi yang baik, maka pasangan suami istri harus membuat tujuan keuangan keluarga. Namun, dalam menentukan tujuan keuangan ini tidak boleh sembarangan. Jangan seperti Tae Oh yang mengambil dana pendidikan anak. Sebagai orang tua, harus berpikir matang-matang terlebih dahulu apa tujuan keuangan yang diinginkan lalu cari cara atau jalan agar tujuan itu dapat tercapai.

Baca juga: Ketahui Apa Saja Tips Hemat untuk Ibu Rumah Tangga

Terbuka soal keuangan

Jangan mudah pinjamkan uang.
Terbuka soal keuangan. Photo by @cdubo

Dalam rumah tangga sangat perlu keterbukaan soal keuangan. Jangan seperti Tae Oh yang tidak terbuka soal keuangan. Demi memenuhi keinginan selingkuhannya ia rela menutupi soal keuangan keluarganya. Hal ini sudah tentu akan memperburuk kondisi keluarga. Maka dari itu kamu perlu menjalin komunikasi yang baik antar pasangan. Dengan begitu, pasangan tidak akan merasa awkward saat membicarakan hal apapun termasuk keuangan.

Demikian belajar atur uang dari drakor The World of The Married yang perlu diketahui. Semoga dapat menginspirasi ya. Ingat, yang diambil sebagai inspirasi itu pelajaran dalam mengatur keuangannya, bukan yang lain.

Mungkin Anda juga menyukai