Strategi Pemerintah Hadapi Pelemahan Ekonomi Global

Persiapan pemerintah Indonesia hadapi pelemahan ekonomi global
Waktu baca: 2 menit

Perang dagang antar negara-negara maju seperti Amerika Serikat dan China melemahkan perekonomian global. Kondisi seperti itu membuat pemerintah Indonesia harus bersiap menghadapinya. Meski banyak tokoh yang menyatakan kondisi itu tidak berpengaruh dengan Indonesia, namun hal itu bisa dianggap menjadi peringatan bagi pertumbuhan ekonomi Indonesia. Maka dari itu, Menteri Keuangan Indonesia, Sri Mulyani, telah menyiapkan beberapa strategi untuk menghadapi kondisi itu.

“Jika ingin pertumbuhan yang tinggi di tengah melemahnya perekonomian global, maka yang harus dilakukan yaitu memperbaiki beberapa faktor dalam negeri yang sangat menentukan konsumsi,” kata Sri Mulyani di Hotel Shangri-La, Jakarta, Rabu (24/4/2019) dilansir dari liputan6.com.

Berikut strategi yang disiapkan oleh pemerintah dalam menghadapi pelemahan ekonomi global.

Menjaga inflasi stabil tetap rendah

Pemerintah melalui Sri Mulyani mengungkapkan bahwa Indonesia akan menjaga inflasi tetap stabil dan rendah. Selain itu pemerintah akan menjaga ketersediaan barang-barang yang penting. Sementara untuk mendorong pertumbuhan ekonomi, pemerintah juga telah menjalankan strategi fiskal dengan pemberian gaji ke-13 dan THR. Kebijakan ekonomi tersebut bisa membantu menjaga daya beli masyarakat.

Menjaga pertumbuhan investasi

menjaga pertumbuhan investasi jadi strategi hadapi pelemahan ekonomi global
Menjaga pertumbuhan investasi menjadi salah satu strategi dari pemerintah Indonesia. Photo by Pexels

Meski kenaikan suku bunga sempat mempengaruhi pertumbuhan kredit dan datangnya investasi, namun perbankan tetap menunjukkan nilai yang positif. Bahkan menurut Sri Mulyani, pertumbuhan kredit saat ini masih berada di angka yang cukup tinggi yaitu sekitar 12-13 persen.

Baca juga: Manfaat Investasi di Masa Depan yang Bisa Kamu Rasakan

Menggenjot ekspor

Selain dua strategi di atas, pemerintah akan menggenjot ekspor sama seperti dengan investasi. Melalui pembiayaan seperti LPII dan lembaga keuangan dalam bentuk dukungan untuk memperluas pasar non tradisional.

Ekonomi global dikenal dengan sistem revolusi yang memungkinkan pengusaha mana pun menanamkan uang di mana pun di dunia. Ekonomi global merupakan sebuah proses kegiatan aktivitas perekonomian dan perdagangan di mana ada banyak negara di dunia yang menjadi kekuatan pasar yang satu dan semakin terintegrasi tanpa hambatan atau batasan territorial negara. Adanya perekonomian global ini berarti bahwa adanya keharusan penghapusan seluruh batasan dan hambatan terhadap barang, jasa, dan modal.

Setiap tahun kondisi perekonomian suatu negara akan diprediksi berdasarkan hasil evaluasi pada akhir tahun. Begitu juga dengan kondisi ekonomi secara global. Pertumbuhan global yang melemah disebabkan oleh pertumbuhan perdagangan internasional yang melemah. Pertumbuhan dari dalam negeri harus menjadi engine of growth jika ingin pertumbuhan tetap di atas 5%.

Kita sebagai warga negara harus percaya diri bahwa pemerintah Indonesia bisa menghadapi pelemahan ekonomi global yang ada di depan mata. Siapapun presidennya nanti diharapkan bisa membangun perekonomian Indonesia yang lebih baik. Yang terpenting dari itu semua, perekonomian Indonesia perlu dikelola dengan hati-hati agar menjadi pemantik ekonomi kawasan, paling tidak di Asia Tenggara.

You may also like...

Leave a Reply