3 Tips Cerdas Mencegah Masalah Keuangan dalam Rumah Tangga

Masalah Keuangan dalam Rumah Tangga
3 Tips Cerdas Cegah Masalah Keuangan dalam Rumah Tangga. Photo by Pexels
Waktu baca: 3 menit

Bukanlah mitos, jika masalah keuangan dalam rumah tangga kerap kali menguji bahtera pernikahanmu. Faktanya, hampir 35 persen perselisihan dalam rumah tangga disebabkan masalah finansial.

Bagaimanapun juga, kehidupan tidak dapat terlepas dari problem keuangan. Terlebih, ketika berumah tangga kamu akan bertemu dengan orang yang berbeda pemikirannya. Dengan begitu, cara pengelolaan keuangannya juga tidak sama.

Padahal, kesuksesan finansial dalam rumah tangga tidak dijamin ketika kamu punya banyak uang. Melainkan, sangat bergantung pada bagaimana caramu mengelola keuangan. Lalu, bagaimana cara pengelolaan keuangan rumah tanggamu selama ini?

Nah, jika rumah tanggamu mendambakan kehidupan finansial yang sukses atau financial freedom, maka kamu harus mengelola keuanganmu secara cerdas. Mau tahu bagaimana caranya? Yuk, segera simak ulasannya berikut ini.

3 Tips Cerdas Mengelola Keuangan Rumah Tangga Agar Tidak Bermasalah

Tips mengolah keuangan rumah tangga. Photo by Pexels

Nyatanya, tidak semua rumah tangga mampu mengelola keuangannya dengan benar. Hal inilah yang sering memicu timbulnya pertengkaran. Namun, kamu tak perlu cemas. Jalankan beberapa tips smart mengelola keuangan rumah tangga berikut ini:

  • Menjalin Komunikasi yang Baik

Tips pertama adalah menjalin komunikasi yang baik terhadap pasangan. Bagaimanapun juga, segala sesuatu dalam urusan rumah tangga sangat penting untuk dikomunikasikan. Terlebih urusan keuangan.

Lalu, apa tujuan berkomunikasi? Banyak sekali. Menikah adalah menyatukan dua kepala. Dalam hal ini pemikiran. Untuk itu, kamu dan pasanganmu tidak boleh saling mempertahankan ego.

Suami dan istri harus saling terbuka terkait finansial, baik itu penghasilan, aset, tabungan maupun utang. Jadi, satu sama lain mengetahui kondisi keuangan keluarga dengan jelas.

Menjaga komunikasi merupakan langkah cerdas menghindari masalah keuangan dalam rumah tanggamu. Dengan begitu, kamu dan pasanganmu dapat memutuskan cara tepat untuk menyusun rencana keuangan kedepannya.

Baca juga: 7 Pos Keuangan yang Wajib Dialokasikan Rumah Tangga

  • Menyusun Rencana Keuangan Bersama

Setelah saling terbuka, tips selanjutnya adalah menyusun rencana keuangan. Dalam berumah tangga, rencana keuangan juga harus disusun secara bersama-sama. Yaitu istri dan suami.

Bingung bagaimana caranya? Begini, pertama jika suami ataupun istri sama-sama memiliki penghasilan setiap bulannya gabungkanlah untuk anggaran rumah tangga.

Setelah itu, susunlah anggaran rumah tangga per bulan secara realistis sesuai keadaanmu. Lalu, buatlah daftar kebutuhan bulanan seperti belanja kebutuhan pokok, air, listrik, dan lain-lain.

Tak hanya itu, catatlah pengeluaran setiap bulannya untuk memonitor adanya pengeluaran yang tidak penting. Jika ditemukan, segera pangkas anggarannya.

  • Berani Investasi

Selain tips di atas, melakukan investasi juga dapat mencegah masalah keuangan dalam rumah tangga. Jadi, selain menyisihkan uang untuk menabung kamu juga disarankan untuk berani berinvestasi.

Jika tabungan dapat kamu gunakan untuk dana darurat, maka investasi dapat digunakan sebagai tabungan masa depan. Sangat smart bukan?

Meskipun demikian, sangat dibutuhkan kerja sama dengan pasangan. Karena  investasi bukanlah perkara main-main. Selain itu, sekarang ini juga banyak terdapat investasi bodong alias ilegal.

Untuk itu, kamu harus melakukan analisis secara cermat sebelumnya. Pastikan jenis investasi yang dipilih legal. Dengan begitu, kamu dapat menanamkan modal dengan aman.

Pemicu Masalah Keuangan dalam Rumah Tangga yang Harus Dihindari

Perencanaan keuangan keluarga.
Perencanaan keuangan keluarga. Photo by Pexels

Selain tips di atas, kamu juga perlu menghindari hal-hal yang memicu terjadinya masalah keuangan. Karena dikhawatirkan menyebabkan perselisihan, bahkan perceraian.

Kamu tidak ingin rumah tanggamu berakhir akibat masalah keuangan bukan? Untuk itu, kamu dan pasanganmu harus menghindari perilaku boros atau menghamburkan uang.

Baca juga: Ketahui Apa Saja Tips Hemat untuk Ibu Rumah Tangga

Pasalnya, sifat konsumtif ini bisa membuatmu ataupun pasangan memiliki hutang dimana-mana. Dengan demikian, diperlukan kedisiplinan untuk mematuhi anggaran belanja yang sudah dibuat  bersama sebelumnya.

Selanjutnya, hindarilah memiliki uang tabungan rahasia. Memang, menabung sangat dianjurkan bagi pasangan menikah. Namun, tidak dengan menabung secara diam-diam atau dirahasiakan dari pasanganmu.

Saat terbongkar nanti dapat merusak kepercayaan satu sama lain. Dan adanya rahasia dalam berumah tangga menandakan tidak adanya rasa saling percaya dan rentan memicu konflik.

Berikutnya, kamu juga harus menghindari gaya hidup yang berbeda. Jadi, antara suami maupun istri harus selalu sejalan, termasuk mengenai gaya hidup. Untuk itu, sebisa mungkin untuk menerapkan gaya hidup sesuai kondisi finansial rumah tanggamu.

Nah, itulah ulasan seputar tips mencegah terjadinya masalah keuangan dalam rumah tangga secara cerdas. Jadi, terapkanlah tips di atas, serta hindarilah hal-hal yang dapat memicu masalahnya. Dengan begitu, rumah tanggamu dapat meraih financial freedom tanpa hambatan.

Mungkin Anda juga menyukai