4 Cara Menyiapkan Dana Pensiun untuk Generasi Milenial

Dana Pensiun harus disiapkan sejak awal nih ala klikcair via pexels.com
Waktu baca: 2 menit

Generasi milenial memang memiliki pola yang berbeda dari generasi sebelumnya. Kehadiran media sosial telah mempengaruhi trend bahkan gaya hidup bagi generasi milenial. Hal ini juga mengakibatkan dorongan untuk lebih konsumtif yang lebih kuat. Sayangnya gaya hidup konsumtif ini seringkali tidak diiringi manajemen finansial yang baik. Pengeluaran-pengeluaran gaya hidup ini sering kali dianggap receh tapi jika diakumulasi nominalnya bisa sangat signifikan dan mempengaruhi keuangan generasi milenial.

Beberapa pengeluaran yang dianggap receh, serta tanpa disadari oleh generasi milenial bisa menghabiskan banyak pengeluaran diantaranya: rokok, nongkrong di kedai kopi atau kafe, air minum dalam kemasan, make up, fashion, dan masih banyak lagi.

Padahal jika pengeluaran dan konsumsi ini dapat dikelola lebih baik, maka akan ada banyak potensi yang bisa dilakukan dari pendapatanmu setiap bulannya. Misalnya untuk mempersiapkan hari tua dengan dana pensiun.

Nah, apa saja sih langkah yang harus kamu lakukan dalam upaya mempersiapkan dana pensiun ini? Yuk simak langkah mempersiapkan dana pensiun untuk generasi milenial zaman now!

Siapkan Dana Pensiun dari Sekarang yuk!

Pengen dong hepi di masa tua? Siapin dana pensiun yuk via pexels.com

Pengen dong hepi di masa tua? Siapin dana pensiun yuk via pexels.com

1. Coba Tentukan Kira-kira Kapan Kamu Pensiun

Ketika kamu masih muda, mungkin kamu nyaris tidak memikirkan masa-masa pensiun. Mungkin kamu akan berpikir bahwa masa pensiun adalah masa yang masih sangat lama dan tidak urgent untuk di pikirkan apalagi dipersiapkan. Padahal mempersiapkan masa pensiun sejak muda adalah langkah yang penting.

Nah, langkah pertama yang perlu kamu lakukan dalam upaya mempersiapkan masa pensiun adalah menentukan perkiraan waktu pensiun. Bila kamu sekarang berusia 25 tahun dan kamu ingin pensiun dari pekerjaanmu di usia 55 tahun, kamu berarti masih punya sekitar 30 tahun untuk mempersiapkan masa pensiunmu.

2. Tentukan dan Hitung Kebutuhan Dana Pensiunmu

Saat kamu telah memasuki usia pensiun, kemungkinan akan membutuhkan banyak dana untuk pemeliharaan kesehatan, sampai dengan kebutuhan untuk traveling. Nah, untuk itu kamu harus menyiapkan detail  pengeluaran primer dan sekunder yang mungkin kamu butuhkan saat masa pensiun. Kamu bisa mulai dengan memperkirakan pengeluaran saat pensiun dari pengeluaranmu saat ini. Dengan begitu kamu sudah bisa mengetahui berapa kira-kira dana yang kamu butuhkan nantinya.

3. Mulai Atur Gaya Hidup Kurangi Budaya Konsumtif Berlebih

Dalam mempersiapkan dana pensiun yang kamu butuhkan tadi, mulailah mengatur keuanganmu. Eliminasi kegiatan-kegiatan konsumtif yang sekiranya kurang produktif atau setidaknya kurangi frekuensinya. Misalkan sebelumnya kamu seringkali jajan di kedai kopi ternama setiap hari selepas kerja, sekarang bisa di kurangi menjadi 2 kali dalam seminggu yaitu hanya ketika weekend.

Hal ini akan cukup signifikan mempengaruhi pengeluaranmu jadi lebih hemat lho! Sehingga akan ada cukup dana untuk mempersiapkan dana pensiun.

4. Mulai Mencicil Dana Pensiun dari Sekarang

Nah poin terakhir yang perlu kamu lakukan adalah: mulai cicil sekarang! Mulailah mencari instrumen investasi yang bisa kamu gunakan untuk menabung. Banyak produk investasi yang menawarkan untuk menyiapkan dana pensiun lho. Namun, yang perlu kamu perhatikan adalah cari instrumen investasi yang dapat tumbuh melebihi inflasi. Instrumen-instrumen investasi tersebut seperti saham, properti, reksadana saham atau bisa juga emas antam.

***

Oiya, program-program untuk dana pensiun lainnya dapat kamu lihat pada artikel yang telah tim KlikCair terbitkan berikut ini. Yuk kamu generasi milenial mulai melek soal investasi apalagi investasi dana pensiun. Jangan sampai menyesal di kemudian hari lho!

You may also like...

Leave a Reply