4 Usaha dengan Modal Kecil tapi Untung Besar

Jenis usaha modal kecil tapi untung besar. Photo by @sejadisruptivo
Waktu baca: 3 menit

Banyak usaha rumahan modal kecil yang seiring berjalannya waktu lalu berkembang menjadi besar. Tahukah kamu bahwa salah satu produsen make up terkenal di tanah air ini memulai usahanya dari bagian garasi rumahnya, dengan modal yang kecil lalu bisa hingga besar seperti sekarang ini dengan omzet ratusan miliar Rupiah. Berikut ini beberapa usaha modal kecil untung besar yang bisa kamu coba.

Dropship

Ide usaha kecil tapi menguntungkan.
Jadi dropshipper atau reseller. Photo by Pexels

Sistem dropship bisa dijalankan secara online maupun offline. Modalnya juga tak perlu banyak, bahkan bisa tanpa modal, untuk produk langka yang sangat dibutuhkan bahkan bisa tanpa modal karena pemesan akan membayarnya di muka atau setidaknya dibayarkan DP atau uang muka yang lalu bisa digunakan sebagai modal awal. Sistem dropship adalah mencarikan dan memesankan produk yang dibutuhkan oleh konsumen, jadi tak perlu modal banyak untuk menyetok barang, produk jualannya juga bisa berganti-ganti tak selalu sama, namun jika ingin melakukan spesifikasi maka bisa mengkhususkan diri menjadi dropship khusus untuk jenis produk tertentu.

Influencer

modal kecil untung besar.
Jadi influencer. Photo by Pixabay

Media pilihannya banyak, bisa dengan youtube, instagram atau facebook dan lain sebagainya. Jika kualitas kontennya bagus dan menarik maka akan bisa memperoleh banyak follower atau fans atau like atau subscriber, dengan tingkat tingkat traffic yang tinggi. Hal tersebut akan membuat para pemasang iklan untuk yakin dan tertarik untuk beriklan melalui akun media influencer tersebut. Pendapatan influencer bisa diperoleh dari endorse atau dari pemasang iklan.

Jasa Online

modal kecil untung besar.
Menawarkan jasa online. Photo by @tranmautritam

Menyediakan berbagai jasa online juga sangat menguntungkan, modalnya juga tak perlu banyak. Mulai dari jasa jual pulsa online, jualan tiket online, baik itu tiket pesawat atau tiket kereta atau tiket kapal atau tiket bisa dan lain sebagainya atau tiket pertunjukan, lalu bisa juga berupa jasa terjemahan online atau penyedia kursus online atau jasa pembuatan website dan berbagai produk terkaitnya. Termasuk juga dengan menjual e-book secara online.

Menjadi affiliate marketing juga bisa menjadi passive income yang sangat menjanjikan. Menyediakan jasa SEO (Search Engines Optimization), jasa Template untuk blog atau software presentasi, juga menjadi creator games dan berbagai software atau aplikasi baik untuk smartphone android atau iPhone dan PC (Personal Computer), komputer desktop atau laptop juga akan dapat mendatangkan keuntungan yang besar.

Kuncinya adalah pada membidik pasar yang tepat dan tahu benar kebutuhan serta seleranya, sehingga bisa menarik dan memenuhi kebutuhan dan diperlukan serta dicari-cari oleh konsumen.

Ternak Hewan

Peternakan ayam pedaging. Photo by Hipwee

Jika memiliki hobi untuk ini maka bisa juga akan mendatangkan pendapatan yang besar, yakni seperti ternak ikan, baik itu ikan hias atau ikan konsumsi seperti nila, atau lele atau udang, ikan gurame, bandeng dan lain sebagainya juga dengan usaha piara burung, atau ternak ayam atau bebek atau kambing atau sapi dan lain sebagainya. Modalnya bisa dimulai dari skala kecil dulu bahkan bisa minta dipasok dari supplier bibit ternaknya dan sekaligus pengepul yang nanti akan mengambil hasil panenan setelah ternaknya siap untuk dipanen, maka modal yang diperlukan hanya kandang atau lahan untuk ternaknya, serta biaya pakan dan perawatannya.

Baca juga: Hal-Hal yang Harus Kamu Tahu tentang Bisnis Peternakan

Beberapa pemasok bahkan menyediakan beberapa bahan dan bibit ternaknya yang bisa dibayar setelah panen tiba untuk ternak kambing atau sapi bisa juga dengan sistem gadoh atau gaduh yakni sang pemilik hewannya menitipkan hewan tersebut untuk dipelihara lalu hasilnya pada saat dijual dibagi dua, atau jika hewan ternak memiliki anak maka anaknya bisa menjadi modal awal ternak hewan tersebut. Biaya awal hanyalah berupa penyediaan lahan untuk kandang dan pakan rumputnya.

Itulah beberapa jenis usaha dengan modal kecil yang bisa mendatangkan untung besar.

Mungkin Anda juga menyukai