Robot Masa Depan yang Bisa Menggantikan Peran Manusia di Dunia Kerja

Robot Masa Depan yang Bisa Menggantikan Peran Manusia di Dunia Kerja
Robot Masa Depan yang Bisa Menggantikan Peran Manusia di Dunia Kerja. Photo by Pexels
Waktu baca: 3 menit

Perkembangan robotika semakin canggih saja. Banyak sekali robot masa depan yang dihadirkan untuk meringankan pekerjaan manusia. Bahkan, sebagian organisasi mulai menggantikan peran manusia dengan robot.

Pemanfaatan dari robot ini didasarkan pada kemampuan yang dimilikinya. Robot ini bisa bekerja sepanjang waktu, lebih cepat dan sedikit sekali melakukan kesalahan. Menariknya, organisasi tidak perlu membayarnya setiap bulannya seperti karyawan.

Meskipun begitu, bukan berarti jika peran dari manusia akan hilang seutuhnya. Hanya beberapa area saja yang bisa dijangkau dengan pemanfaatan robot tersebut.

Lantas, apa saja teknologi robot yang banyak digunakan di dunia kerja? Mari temukan jawabannya di bawah ini.

Baca juga: 7 Jenis Pekerjaan yang Bisa Digantikan Robot

Sekilas Tentang Robot di Tempat Kerja

Faktanya, pabrikan telah mendapatkan banyak manfaat dari teknologi terbaru. Contohnya adalah IoT, pembelajaran mesin hingga produksi otomatis.

Di dunia industri, robot sudah digunakan untuk perakitan produk otomotif dan elektronik. Robot tersebut bisa melakukan tugasnya secara berulang sesuai dengan program yang disematkan di dalamnya.

Tentunya, program ini dibenamkan untuk menjalankan beberapa fungsi. Di antaranya mengambil, mengemas hingga menempatkan beberapa komponen.

Seiring dengan perkembangannya, pemanfaatan robot pun mulai semakin diminati. Karena, robot bisa melakukan tugas secara berulang tanpa jeda dan akurat. 

Dengan kemampuan seperti ini, robot bisa menghasilkan produk dalam jumlah yang besar. Bahkan, kualitas dari produk yang dibuat pun lebih baik.

Banyaknya tugas dari manusia yang bisa dikerjakan oleh robot, ini membuka peluang bagi sebuah pabrikan atau perusahaan untuk memanfaatkannya. Secara tidak langsung, peran manusia pun mulai tergantikan untuk meningkatkan efektivitas di dunia kerja.

Beberapa Robot yang Akan Menguasai Dunia Kerja

Robot yang akan menguasai dunia kerja.
Robot yang akan menguasai dunia kerja. Photo by @maximalfocus

Terdapat beberapa robot canggih yang kini memiliki peran penting dalam suatu pekerjaan. Robot ini berperan penting dalam meningkatkan produktivitas kerja. Di antaranya sebagai berikut:

  1. Robot untuk Perakitan Mobil

Sebenarnya, perakitan di industri otomotif sudah menggunakan teknologi robot. Pemanfaatannya sudah cukup lama. Dan keberadaannya memang sangat membantu bagi industri tersebut.

Robot ini dikendalikan oleh komputer. Kemudian, dioperasikan oleh teknisi yang profesional untuk menjalankan tugas berulang dalam perakitan.

Sejalan dengan permintaan mobil yang cukup tinggi, perusahaan tentunya akan memanfaatkan kesempatan tersebut. Yakni, berusaha semaksimal mungkin untuk menghasilkan jutaan produk dalam waktu yang cepat.

Dan robot inilah yang kemudian dimanfaatkan oleh sebuah perusahaan. Karena, robot dapat bekerja tanpa mengenal waktu dan hasilnya pun lebih baik.

  1. Sopir Moda Transportasi

Robot masa depan yang dipercaya sebentar lagi menjadi kenyataan adalah sopir dari moda transportasi. Ini disebut dengan mobil self driving.

Sudah ada banyak mobil yang sengaja dibuat tanpa bantuan dari pengemudi. Artinya, mobil ini bisa berjalan sebagaimana mestinya ke tempat tujuan tanpa dikemudikan oleh sopir.

Salah satu contohnya adalah mobil tanpa kemudi yang digagas oleh Tesla. Mobil seperti ini tentunya akan memangkas banyak pekerjaan di bidang antar jemput penumpang.

Tak hanya itu saja, jasa angkut barang juga bisa diambil alih oleh robot tersebut. Dengan begitu, banyak sopir yang mungkin akan terpinggir ketika teknologi ini benar-benar dimaksimalkan ke depannya.

  1. Robot untuk Pelayanan di Restoran

Di negara maju, robot pelayan mulai dipergunakan. Robot ini digunakan untuk melayani berbagai kebutuhan di restoran.

Tentunya, banyak hal yang dapat dilakukan oleh robot tersebut. Ini semua bergantung pada program yang dibenamkan di dalamnya.

Sebagian robot digunakan untuk menyambut hingga menyajikan berbagai jenis makanan. Sebagian lagi digunakan sebagai koki pribadi.

Alasannya, robot tersebut bisa menyimpan data dengan sangat baik. Dengan kemampuan ini, robot bisa menghasilkan hidangan layaknya koki profesional.

  1. Robot untuk Asisten Rumah Tangga

Robot masa depan yang menarik untuk digunakan dalam dunia kerja adalah robot asisten rumah tangga. Jenis ini sangat membantu dalam urusan kebersihan dan lain sebagainya.

Robot tersebut sengaja dibuat dengan memberikan pemahaman terkait tugas-tugas harian di rumah tangga. Pelatihan ini memungkinkan robot dapat melakukan tugasnya secara maksimal.

Tugas di rumah akan diambil alih secara utuh. Ini tentunya akan meringankan pekerjaan dari seseorang.

Ketika robot tersebut bekerja dengan maksimal, ini bisa menggantikan peran dari jasa kebersihan rumah. Artinya, pebisnis di bidang jasa kebersihan bisa saja mengurangi perekrutan tenaga kebersihan dalam bisnisnya.

  1. Robot untuk Menganalisa Data

Disadari atau tidak, tenaga analisis data dan keuangan mulai terancam dengan adanya robot analis. Karena, robot ini memiliki kemampuan yang luar biasa terkait pengumpulan data.

Kecepatan dalam mengumpulkan data sekaligus menganalisa menjadi salah satu kemampuan yang akan diperbandingkan dengan tenaga analis. Tentunya, robot ini memiliki akurasi tinggi dalam hal pengolahan data.

Contohnya adalah mendeteksi pola atau tren di market secara otomatis. Dengan Analisa yang cepat, robot dapat menampilkan data yang benar-benar dibutuhkan oleh seseorang.

Tentunya, hasilnya bisa bermanfaat untuk investor. Tepatnya untuk mengidentifikasi risiko sekaligus meningkatkan peluang untuk profit.

Itulah beberapa robot masa depan yang dipercaya dapat menggantikan peran manusia di dunia kerja. Sebagian robot telah dimanfaatkan. Ada kemungkinan jika teknologi ini terus dikembangkan sehingga robot akan mengambil peran lebih banyak dalam menjalankan tugas untuk menggantikan tenaga manusia.

Mungkin Anda juga menyukai