7 Jenis Pekerjaan yang Bisa Digantikan Robot

Jenis pekerjaan yang bisa digantikan robot
Waktu baca: 2 menit

Teknologi kini sudah berkembang dengan sangat pesat. Dengan berkembangnya teknologi inilah, pekerjaan-pekerjaan manusia yang sebelumnya terkesan berat kini menjadi lebih ringan. Hal itu terjadi karena mulai banyak teknologi canggih seperti robot yang bisa membantu bahkan mengerjakan suatu pekerjaan tanpa bantuan manusia sekalipun. Sebagai contoh seperti yang dilakukan oleh perusahaan asal Taiwan, Foxconn, yang sudah menggantikan peran pekerja manusia dengan robot pada 2017 lalu dilansir dari CNN.

Menurut World Economic Forum berdasarkan laporan Future of Jobs Report 2018, perubahan teknologi akan terjadi selama empat tahun ke depan. Dengan begitu, akan ada beberapa pekerjaan yang sudah tidak membutuhkan tenaga manusia lagi dan akan digantikan oleh robot. Berikut pekerjaan yang bisa digantikan robot:

Pegawai restoran cepat saji

pekerjaan yang akan digantikan oleh robot.
Pegawai restoran cepat saji akan digantikan oleh robot. Photo by @marcelheil

Perlahan, pegawai restoran cepat saji akan mulai tergantikan. Dalam beberapa tahun ke depan, restoran cepat saji diperkirakan hanya membutuhkan sebuah aplikasi yang terdapat pada layar sentuh yang sudah disediakan oleh mereka.

Kasir

Kasir memiliki kemungkinan besar untuk digantikan oleh robot karena pekerjaannya yaitu memindai barcode, menghitung total belanja, menagih uang belaja, hingga melakukan pengemasan ke depannya akan mengalami otomatisasi. Nantinya, saat kamu berbelanja, robot yang akan secara mandiri melakukan tugas yang dilakukan oleh kasir.

Administrasi di kantor

Perkembangan software hingga saat ini benar-benar mengancam orang yang berprofesi sebagai administrasi di kantor. Terlebih, banyak perusahaan yang sudah menggunakan suatu software untuk melakukan pekerjaan administrasi kantor. Bahkan, ada anggapan bahwa penggunaan software untuk urusan administrasi lebih efisien dan mengurangi biaya pengeluaran yang banyak.

Akuntan dan audit

pekerjaan yang digantikan oleh robot.
Salah satu pekerjaan yang akan tergantikan oleh robot ialah akuntan. Photo by Rawpixel

Pekerjaan yang terdampak dengan perkembangan teknologi selanjutnya ialah akuntan dan audit. Pekerjaan tersebut kedepannya akan dilakukan secara otomatis dengan hasil yang bisa dianggap lebih akurat daripada menggunakan tenaga manusia.

Resepsionis

Pekerjaan sebagai resepsionis disebut-sebut akan tergantikan oleh robot. Tugas mereka seperti menyambut tamu, menjawab panggilan telepon, hingga menjawab pertanyaan-pertanyaan akan dibuat otomatis. Kekurangannya jika pekerjaan ini diambil alih oleh robot ialah tamu tidak akan mendapatkan ekspresi seperti manusia.

Kurir pos

Pekerjaan sebagai kurir pos memang saat ini sudah jarang terlihat. Sekarang, kebanyakan orang atau perusahaan lebih memilih mengirim surat menggunakan email. Terlebih dengan penggunaan email dinilai lebih efisien dan efektif.

Teller

Kini, kamu bisa melakukan penarikan, penukaran mata uang, tarik tunai, hingga memeriksa setoran dengan memanfaatkan teknologi. Maka dari itu, pekerjaan sebagai teller kemungkinan besar lama-kelamaan bisa tergusur. Apalagi dengan penggunaan ATM, mobile banking, hingga internet banking yang menjadi permulaan untuk penggantian peran yang biasa dilakukan oleh teller.

Itulah beberapa pekerjaan yang bisa digantikan robot dalam beberapa tahun ke depan. Jika kamu ingin bertahan dalam menghadapi perkembangan teknologi yang pesat, kamu juga harus bisa mengembangkan soft skill. Soft skill sejatinya hanya dimiliki oleh manusia, dimana kemampuan untuk berkomunikasi dengan manusia, memecahkan masalah, dan juga kreativitas tidak akan bisa digantikan oleh robot. Dengan menguasai baik hard skill maupun soft skill, kamu tidak perlu merasa takut dengan perubahan zaman.

You may also like...

Leave a Reply