Rekomendasi Merk AC Terbaik: Fiturnya Keren, Harganya Terjangkau!

Sekumpulan AC Outdoor dari berbagai merk.
Rekomendasi Merk AC Terbaik: Fiturnya Keren, Harganya Terjangkau! Photo by @ashkfor121
Waktu baca: 3 menit

Banyak sekali vendor yang menawarkan AC dengan fitur lengkap. Dari sekian banyaknya pilihan, terdapat beberapa merk yang layak untuk dipertimbangkan. Apa saja daftarnya yang menjadi rekomendasi merk AC saat ini?

Kebutuhan AC terus meningkat seiring dengan perubahan cuaca panas yang begitu ekstrem. AC dinilai sebagai solusi untuk menyejukkan suasana ruangan. Dan berbagai vendor pun telah menawarkan produknya di tengah masyarakat.

Masalahnya, tidak semua AC menawarkan kualitas yang sama. Salah satu masalah yang dihadapi masyarakat adalah penggunaan daya listrik yang terlalu besar. Akibatnya, tagihan listrik pun membengkak.

Ketika kamu hendak membeli AC, salah satu hal yang dipertimbangkan adalah konsumsi dayanya. Di sini, kami akan menunjukkan rekomendasi merk AC dengan konsumsi daya paling irit. Tentunya tanpa mengesampingkan fungsi utamanya sebagai penyejuk ruangan.

Baca juga: Estimasi Biaya Dekorasi Kamar Estetik dari Jasa Profesional

Rekomendasi AC dengan Fitur Hebat dan Hemat Energi

Seorang pria sedang duduk sambil menikmati AC
Rekomendasi AC dengan Fitur Hebat dan Hemat Energi. Photo by Pixabay

Terdapat beberapa merk AC terbaik dengan fitur hemat daya yang bisa kamu pertimbangkan. Berikut ini daftarnya:

1. Midea MSAF-05CRN2

AC merk ini memang tidak sepopuler pesaingnya. Tetapi, produk dari Midea ini sangat mumpuni. Karena, proses pendinginannya sangat cepat serta hanya mengonsumsi daya sebesar 260 Watt saja.

Tipenya split, dibuat dengan teknologi mutakhir. Fiturnya pun menjanjikan. Di antaranya adalah tidak bising saat sleep mode, self diagnose, self clean hingga adanya kode EC untuk memproteksi terjadinya kebocoran pipa.

Dengan segala kemutakhirannya, harga AC ini terbilang masih terjangkau. Kamu cukup mempersiapkan biaya sekitar Rp2,7 juta saja.

2. Daikin FTNE15JEV14

Bisa dibilang jika Daikin termasuk vendor tertua di Indonesia. Ini menunjukkan bahwa vendor ini sudah dikenal luas oleh masyarakat. Tentunya, perusahaan juga telah memahami kebutuhan dari konsumen dengan menjawab tantangannya seiring waktu.

AC ini pun dilengkapi dengan teknologi pengendalian udara yang canggih. Fiturnya juga semakin lengkap. Mulai dari pembersih otomatis, fitur hemat energi hingga mode silent.

Konsumsi daya yang dibutuhkan untuk ukuran ½ PK adalah 340 Watt. Tentunya, ini masih sangat rekomended untuk meminimalkan tagihan bulanan.

Harganya pun sangat ramah dengan isi kantong. Harganya di kisaran Rp2,8 juta sehingga bisa dibeli oleh siapa saja.

3. Samsung AR05JRFLAWKNSE

Rekomendasi merk AC yang hemat energi lainnya adalah Samsung AR05JRFLAWKNSE. Tipenya split dengan fitur smart installation.

Kualitas dari produk Samsung pun dikenal lebih menjanjikan. Untuk AC, produknya pun memanjakan. Yakni, memiliki kemampuan dalam pendinginan yang super cepat dan jangkauannya cukup jauh.

Performanya juga stabil. Yang terpenting, hemat energi. Karena, daya yang dikonsumsi hanya sekitar 360 Watt. 

Untuk harganya di berbagai marketplace di kisaran Rp2,3 – Rp4 juta rupiah. Kamu bisa menemukan penawaran terbaik dengan membandingkannya di beberapa marketplace.

4. Sharp AH-AP5SSY

Produk rilisan dari Sharp ini termasuk dalam kategori AC paling irit. Jumlah Watt yang digunakan hanya sekitar 390 Watt.

Teknologi dan fiturnya pun lebih keren dan kekinian. Kecanggihan ini membuatnya layak bersanding dengan merk-merk ternama lainnya. Apalagi, harganya sekitar Rp2,7 juta.

Teknologinya adalah Plasmacluster HD700. Teknologi ini memungkinkannya dapat membunuh berbagai jenis kuman, virus, bakteri hingga jamur. Selain itu, bau sedap pun bisa ditangkal dengan teknologi tersebut.

Fitur lainnya adalah mode auto clean, comfort mode, coanda gentle cool air, baby sleep mode, auto swing louver dan powerful Jetstream.

Di samping itu, produk ini telah disematkan refrigerant terbaru. Yakni, Freon R32 yang dikenal lebih ramah lingkungan. Karena, teknologi ini tidak mengandung bahan yang merusak ozon.

Menariknya lagi, produsen memberikan garansi yang sangat lama. Produsen memberikan garansi kompresor selama 10 tahun. 

5. Akari AC-05d3LW

Rekomendasi merk AC lainnya adalah Akari AC-05d3LW. Pendingin ruangan ini tawarkan kesejukan ruangan secara merata. Bahkan setelah kamu menyalakannya dalam hitungan detik.

Kemampuan ini didapatkan dari teknologi 3D di dalamnya. Teknologi tersebut memungkinkannya untuk menghembuskan angin ke 5 arah secara bersamaan.

Selain itu, daya yang dibutuhkan untuk menyalakannya hanya sekitar 360 Watt. Untuk harganya sendiri di kisaran Rp2,5 juta.

6. Panasonic CS-YN5RKJ

Produk ini terbilang lebih tinggi. AC menyala dengan membutuhkan kekuatan daya listrik sebesar 430 Watt.

Meskipun begitu, produsen menjamin jika penggunaan listriknya bisa dipangkas sebesar 20%. Ini menunjukkan bahwa AC ini pun hemat energi. Tentunya, cukup stabil dalam mengatur suhu ruangan sehingga penghuni rumah dapat merasakan kenyamanan.

Pendingin ruangan ini pun bisa menaikkan suhunya sekitar 1 derajat Celcius setelah menyala selama 2 jam. Jika kamu berminat, kamu perlu mengeluarkan biaya sekitar Rp2,8 juta.

7. Panasonic CSCU RS9UKP Inverter 1 PK

Produk ini merupakan rekomendasi merk AC terakhir yang lebih hemat energi. Fiturnya memungkinkan penggunaan daya listrik lebih sedikit.

Meskipun begitu, kamu harus lebih bijaksana dalam memilihnya. Pasalnya, AC ini butuh daya sebesar 990 Watt ketika baru dinyalakan. Tetapi setelah itu, dayanya akan terus menurun hingga 300 Watt.

Kemampuan seperti ini sejalan dengan harga yang ditawarkan. Harganya di kisaran Rp6 juta. Harganya bisa saja berbeda di tiap daerah.

Itulah beberapa rekomendasi merk AC yang dapat kamu pertimbangkan. Kamu bisa menentukan salah satunya yang sesuai kebutuhan dan kemampuan finansial.

Mungkin Anda juga menyukai