Franchise Mixue Berapa? Begini Cara Daftarnya

Franchise Mixue Berapa
Franchise Mixue Berapa? Begini Cara Daftarnya. Photo by Kompascom
Waktu baca: 4 menit

Sudah halal dan diterima masyarakat, Mixue menjanjikan keuntungan yang besar. Simak penjelasan franchise Mixue berapa, untuk kamu yang tertarik berbisnis.

Berdasarkan review dari mereka yang sudah bergabung dengan hype berbisnis Mixue, tarif franchise untuk kabupaten dan ibukota sedikit berbeda. Untuk membuktikannya, kamu bisa membaca artikel ini sampai selesai.

Mengenal Perjalanan Bisnis Mixue

Sebelum mencari tahu lebih jauh tentang franchise Mixue berapa, kamu perlu mengetahui sejarah singkat dan perjalanan dari bisnis yang satu ini.

Mungkin selama ini kamu mengenal Mixue sebagai es krim yang viral. Namun sebelum merek ini menjadi hype di negara kita, sepak terjangnya cukup menarik untuk kamu ketahui – apalagi sebelum menjalin kerjasama dengan Indonesia.

Siapa pemilik Mixue? Zhang Hongchao merupakan manusia di balik perusahaan franchise besar yang satu ini. Awalnya, perusahaan ini berdiri ketika Zhang masih duduk di bangku kuliah Universitas Keuangan dan Ekonomi Henan.

Pada 1997, Zhang bekerja sebagai freelancer di kios minuman dingin. Kemudian, pekerjaan tersebut mendatangkan inspirasi baginya untuk membuka perusahaan sendiri.

Zhang pun akhirnya meminjam uang kepada neneknya untuk modal toko es serut di Zhengzhou, kampung halamannya di Henan. Tidak hanya es serut, Zhang menjual berbagai es krim, smoothies, the susu mutiara, dan lain sebagainya.

Namun toko pertamanya harus tutup karena berbagai kendala. Lalu di tahun 1999 Zhang kembali membuka toko barunya yang diberi nama Mixue Bingcheng, yang artinya es salju. Seperti yang kamu lihat hari ini, fokus perusahaan yang satu ini adalah es krim lembut berbentuk kerucut – dengan berbagai pilihan rasa dan modifikasi.

Tidak ada sesuatu yang instan – bahkan sebelum menentukan franchise Mixue berapa, perusahaan ini pernah mengalami jatuh bangun.

Kenapa Mixue Populer?

Popularitas Mixue di Indonesia tidak lepas dari kegemaran masyarakat dalam menyantap jajanan kekinian. Namun itu bukan satu-satunya faktor yang berkontribusi – yang mana menjadikan Mixue sebagai pilihan franchise terbaik.

Ice cream Mixue selalu memastikan bahwa citarasa adalah salah satu prioritas mereka. Selain itu, harga yang terjangkau dan outlet yang tersebar di mana-mana membuat produk yang satu ini banyak dibeli. Harga yang ditawarkan pun terjangkau oleh semua kalangan.

Terlepas dari franchise Mixue berapa, strategi marketing yang diterapkan oleh brand yang satu ini sangat efektif. Berikut ini adalah strategi yang membuat Mixue sukses besar di Indonesia.

  • Menyediakan bahan baku sendiri, sehingga mutu tetap terjaga dan harga es krim Mixue tetap terjangkau semua kalangan.
  • Distribusi brand cukup luas.
  • Selalu berinovasi dan memodifikasi produk, sehingga animo masyarakat tidak pernah surut.
  • Menawarkan berbagai kemasan.

Cara Daftar Franchise Mixue Ice Cream

Seperti bergabung dengan franchise lainnya, selain memahami franchise Mixue berapa, kamu perlu memenuhi syarat dan ketentuannya. Untuk mendaftarkan diri, kamu bisa memperhatikan beberapa poin di bawah ini.

  1. Berkonsultasi dengan pihak representatif Mixue. Kamu bisa mengunjungi situs resmi, media sosial, atau menghubungi nomor 0819-9360-6666.
  2. Setelah melakukan konsultasi, mulailah mengajukan permohonan untuk menjadi mitra.
  3. Pihak perusahaan akan melakukan inspeksi dan evaluasi, yang akan menentukan permohonanmu diterima atau ditolak. Biasanya hal ini terkait gerai yang tersedia, sumber daya, dan lain sebagainya.
  4. Apabila Mixue menyetujui permohonanmu, maka kamu bisa melanjutkan dengan tanda-tangan kontrak.
  5. Pihak Mixue juga akan membantu dan memantau proses renovasi serta dekorasi tempat yang akan menjadi gerai.
  6. Kamu berhak mendapatkan pelatihan untuk mengoperasikan toko secara detail.

Untuk informasi lebih detail, sebaiknya kamu segera menghubungi pihak Mixue, apalagi terkait franchise Mixue berapa. Namun berdasarkan testimoni mitra, ada berbagai hal yang mempengaruhi harga atau modal yang perlu kamu siapkan.

Baca juga: Ayo, Ketahui Cara Pengajuan Invoice Financing

Berapa Franchise Mixue di Indonesia?

Mengutip dari edaran dari pemilik hak franchise Mixue Indonesia, kamu perlu menyiapkan 700-800 juta untuk membuka satu gerai. Modal tersebut sudah termasuk semuanya, mulai dari membangun gerai, resep rahasia produk Mixue, menu menarik, hingga pendampingan manajemen dan seragam karyawan.

Lokasi juga sebenarnya mempengaruhi besaran modal yang harus kamu siapkan. Berikut ini adalah rincian yang perlu kamu ketahui sebelum mula bergabung dengan franchise Mixue.

  • Rp40 juta untuk deposit.
  • Biaya untuk manajemen memerlukan setidaknya Rp 18 juta.
  • Dana yang diperlukan untuk mesin dan peralatan mencapai Rp170 juta dan Rp125 untuk bahan baku batch pertama.
  • Rp250 juta diperlukan untuk merenovasi gerai. Harga tersebut bervariasi, tergantung keadaan ruko dan di mana kamu akan membuka gerai.
  • Sewa ruko memakan sekitar Rp100 juta per tahun. Tapi kamu juga bisa menggunakan toko milikmu sendiri, tidak perlu sewa – selama syarat luasan bisa kamu penuhi.

Selain mempersiapkan budget franchise Mixue berapa, kamu juga perlu memperhatikan syarat dan ketentuan minimal untuk mulai franchise yang satu ini. Apa saja yang harus dipenuhi untuk buka bisnis es krim Mixue?

  • Lokasi strategis dan potensial untuk bisnis.
  • Toko memiliki luas bersih setidaknya 25 m2, tanpa elemen permanen di dalamnya.
  • Lebar toko setidaknya 3,7 meter.
  • Langit-langit minimal 2,7 meter.
  • Memenuhi daya listrik minimal, yaitu 33.000 watt.
  • Tersedia sumber air bersih.
  • NPWP.

Bagaimana jika syarat luasan di atas tidak bisa kamu penuhi? Kamu sebaiknya langsung hubungi kontak yang sudah disebutkan di atas. Konsultasi akan memberikan solusi untuk segala masalahmu sebelum membuka gerai Mixue.

Apakah Mixue Sudah Halal?

Sebelumnya, banyak yang ragu untuk bertanya franchise Mixue berapa karena berbagai hal. Mulai dari prospek pasar yang belum sebesar sekarang hingga sertifikasi halal yang belum diperoleh.

Perusahaan ini sudah ada di Indonesia sejak tahun 2020. Meskipun sejak awal berbagai syarat telah diajukan untuk mendapatkan sertifikasi halal dari MUI, nyatanya rekognisi tersebut tidak segera turun.

Mengingat Indonesia merupakan negara dengan penduduk muslim terbanyak, kepastian halal dan haram ini perlu sekali diperjelas. Hal tersebut, di sisi lain, menjadi perhatian pihak Mixue juga.

Mixue telah mengajukan sertifikat halal sejak 2021. Namun karena satu dan lain hal – termasuk Covid-19 – menghambat proses sertifikasi tersebut.

Awal tahun 2023 menjadi angin segar untuk Mixue Ice Cream & Tea karena MUI telah mengeluarkan ketetapan halal untuk semua produk-produknya. Tentunya pihak otoritas telah melakukan inspeksi dan sidang produk hingga ketetapan tersebut terbit.

Selain itu, LPPOM MUI juga menegaskan bahwa bahan dan proses yang digunakan untuk membuat Mixue halal dan suci serta terjamin.

Nah, untuk kamu yang kemarin-kemarin masih ragu bertanya franchise Mixue berapa karena ketetapan halal yang belum keluar, saat ini adalah momen yang tepat untuk memulai bisnismu.

Mixue Ice Cream & Tea menjadi topik yang hangat dalam beberapa tahun terakhir. Popularitasnya yang meningkat dalam waktu pesat dan gerai yang terlihat muncul di mana-mana menjadi salah satu alasannya.

Mengingat sekarang Mixue sudah halal dan dijamin oleh LPPOM – terbukti dengan keluarnya ketetapan halal – kemantapan untuk memulai bisnis yang satu ini semakin kuat, bukan?

Demikian berbagai hal yang kamu perlu tahu tentang franchise Mixue berapa. Untuk kamu yang sedang mencari ide bisnis yang menguntungkan, Mixue Indonesia franchise perlu masuk ke daftar pertimbanganmu.

Mungkin Anda juga menyukai