Pentingnya Freshgraduate yang Baru Kerja Punya Kartu Kredit

Pentingnya freshgraduate punya kartu kredit
Waktu baca: 3 menit

Semua orang wajib mengelola keuangannya sendiri dengan baik, tidak terkecuali para freshgraduate yang baru lulus kerja. Memang bisa dikatakan dalam mengatur dan mengelola keuangan tidaklah mudah. Sebagai freshgraduate yang baru kerja, kamu harus bisa memenuhi kebutuhan dengan baik dan tentunya harus sesuai dengan penghasilan yang didapatkan.

Agar lebih praktis, para freshgraduate yang baru kerja perlu memiliki kartu kredit. Hal ini dikarenakan penggunaannya yang mudah serta bisa mendapatkan banyak keuntungan saat menggunakan kartu kredit.

Penggunaan kartu kredit ini tidak selalu identik dengan pemborosan. Salah satu produk keuangan ini justru membantumu mengontrol keuangan dengan baik dan hemat. Selama penggunaannya bijak dan memenuhi kebutuhan yang tepat, tentu kartu kredit memberikan manfaat positif bagi keuanganmu.

Maka dari itu, buat kalian para freshgraduate yang baru mendapat pekerjaan tidak perlu khawatir punya kartu kredit, simak beberapa alasan penting berikut ini.

Pengajuan yang mudah

Pengajuan kartu kredit mudah
Pengajuan kartu kredit yang mudah. Photo by Rawpixel

Proses pengajuan kartu kredit bisa dikatakan mudah walaupun ada sejumlah aturan dan persyaratan yang ketat. Namun, kamu tidak perlu khawatir karena saat ini sudah ada sejumlah bank yang menawarkan persyaratan lebih ramah dan mudah dipenuhi oleh para calon pengguna kartu kredit. Ada beberapa bank yang menyetujui kamu mengajukan kartu kredit meski tidak berstatus sebagai karyawan tetap dengan masa kerja yang panjang.

Dapat banyak penawaran menarik

Banyak tawaran promo dan diskon yang menarik.
Mendapatkan banyak tawaran promo dan diskon saat menggunakan kartu kredit. Photo by @meghanschiereck

Dengan menggunakan kartu kredit, kamu bisa mendapatkan berbagai penawaran menarik dari program diskon hingga promo ke berbagai merchant yang tersedia. Selain untuk kebutuhan sehari-hari, promo yang ditawarkan juga meliputi harga tiket murah, cashback, trip perjalanan hemat, dan sebagainya.

Agar bisa mendapatkan keuntungan yang maksimal, kamu juga bisa mulai mengumpulkan point reward dalam setiap pembelanjaan yang dilakukan. Nantinya poin-poin tersebut bisa ditukarkan dengan beragam hadiah yang menarik.

Belajar disiplin mengatur keuangan

Mengatur uang dengan disiplin.
Belajar disiplin mengatur keuangan. Photo by Rawpixel

Tidak hanya untuk dipakai terus menerus, kartu kredit juga akan membebanimu sejumlah tagihan yang harus dibayar. Kamu wajib membayar tagihan sesuai dengan waktu yang sudah ditentukan oleh pihak bank setiap bulannya. Jika kamu tidak membayar dalam waktu yang ditentukan, maka kamu akan mendapatkan denda dan bunga tambahan.

Maka dari itu, kamu harus disiplin dalam membayar tagihan kartu kredit agar tidak mendapatkan denda dan bunga tambahan tersebut. Dengan begitu, kamu jadi belajar untuk mengatur keuangan dengan baik dan bisa disiplin.

Baca juga: 5 Kebiasaan Sepele Ini Bikin Tagihan Kartu Kredit Membengkak

Punya rencana keuangan yang tertata

Perencanaan keuangan
Perencanaan keuangan lebih tertata dengan baik. Photo by Pixabay

Kita semua tahu, kartu kredit berfungsi untuk memenuhi kebutuhan bulanan terlebih dahulu meski belum memiliki uang yang cukup untuk itu. Oleh karena itu, kamu jadi memiliki tanggung jawab untuk menggunakannya dengan lebih bijak agar nanti saat membayar tagihan tidak membengkak. Selain itu, kamu juga akan selalu berusaha untuk membayar sebelum tenggat waktu agar tidak terjadi hal-hal yang tidak diinginkan.

Membangun riwayat kredit yang baik

Bangun riwayat kredit lebih mudah.
Membangun riwayat kredit jadi lebih baik agar mudah saat ingin KPR. Photo by @tierramallorca

Walaupun belum memiliki banyak kebutuhan yang ada kaitannya dengan layanan perbankan, tidak ada salahnya untuk membangun riwayat kredit yang baik. Hal ini penting jika suatu waktu kamu butuh layanan perbankan seperti KPR.

Dengan menggunakan kartu kredit, kamu bisa membangun riwayat kredit dengan baik terutama jika bisa memanfaatkan produk tersebut dengan baik dan disiplin.

Setelah mengetahui betapa pentingya freshgraduate punya kartu kredit , bukan berarti kamu harus langsung coba untuk mengajukan ke bank yang kamu inginkan. Alangkah lebih baiknya pelajari dulu produk bank tersebut di setiap bank dan pilih yang paling menguntungkan untukmu. Setelah itu, kamu harus bisa menggunakan kartu kredit dengan bijak. Hal itu bisa diawali dengan membayar tagihan tepat waktu.

You may also like...

Leave a Reply