Mengatur Keuangan Jelang Lebaran, Begini Caranya

mengatur keuangan lebaran
Mengatur Keuangan Jelang Lebaran, Begini Caranya. Photo by Pexels
Waktu baca: 3 menit

Lebaran sebentar lagi TemanKlik! Dalam merayakan hari lebaran, biasanya kamu akan mengeluarkan uang yang cukup banyak, maklum perayaan setelah menjalani puasa selama sebulan lamanya. Namun, jangan sampai kelewatan ya. Kamu harus tetap mengatur keuangan lebaran dengan baik.

Untuk itu, jauh-jauh hari ada baiknya kamu mengatur keuangan jelang lebaran. Dengan begitu, pengeluaranmu saat Idul Fitri tidak membengkak.

Berikut ini cara-cara yang bisa kamu lakukan agar pengeluaranmu saat lebaran tidak membengkak.

Menyusun anggaran lebaran

Tidak membuat anggaran bikin jatuh miskin.
Menyusun anggaran lebaran. Photo by Pexels

Sama seperti rutinitas tiap bulannya, saat lebaran disarankan untuk tetap menyusun anggaran lebaran. Hal ini perlu dilakukan agar pengeluaran tidak over budget. Kamu bisa membaginya ke dalam pos-pos pengeluaran dengan memperhatikan berbagai kebutuhan selama lebaran.

Baca juga: 5 Cara Hemat Atur Keuangan di Bulan Ramadan

Pisahkan gaji dan THR

Tips bagi uang saat lebaran
Pisahkan THR dan gaji bulanan. Photo by @hannaholinger

Menjelang momen lebaran, biasanya pekerja akan mendapatkan THR atau Tunjangan Hari Raya. Meski menerima gaji dan THR dalam waktu yang berdekatan, usahakan untuk jangan disamakan dalam mengelola keuanganmu ya TemanKlik.

Gaji atau THR bisa kamu pisahkan sesuai dengan pos pengeluaran masing-masing. Gaji bulanan kamu alokasikan sesuai pengeluaran tiap bulannya. Sedangkan THR bisa digunakan untuk keperluan menjelang lebaran.

Beli barang sesuai kebutuhan

mengatur keuangan lebaran
Jangan beli barang asal-asalan. Photo by Pexels

Menjelang lebaran, ada banyak kebutuhan yang harus dipersiapkan. Mulai dari hidangan lebaran, hampers, hingga uang yang nantinya akan dibagikan kepada sanak saudara.

Pastikan mengatur keuangan jelang lebaran dengan membeli keperluan yang sesuai dengan kebutuhan agar tidak over budget. Periksa kembali anggaran belanjamu untuk lebaran agar bisa memilih mana yang harus diprioritaskan dan mana yang harus dikesampingkan.

Siapkan dana darurat

mengatur keuangan lebaran
Memiliki dana darurat. Photo by @f7photo

Meskipun perayaan lebaran hanya berlangsung dalam waktu yang cukup sebentar, dana darurat tetap perlu disiapkan. Caranya, kamu bisa menyiapkan dana darurat dalam bentuk uang cash. Hal itu dilakukan agar bisa menghadapi hal-hal yang tidak terduga selama lebaran. Jangan lupa juga untuk pertimbangkan terlebih dahulu dan cek kembali rencana keuangan saat memakai dana darurat.

Disiplin dengan anggaran

Mengatur uang dengan disiplin.
Disiplin dengan anggaran. Photo by Rawpixel

Yang terakhir, tips keuangan menjelang lebaran yang tidak boleh dilewatkan ialah disiplin saat merealisasikan anggaran. Hal ini dilakukan agar cara mengelola keuangan tidak mengalami over budget. Tentukan skala prioritas yang telah ditentukan sedari awal agar bisa jadi tuntunan bagi kamu dalam membagi budget sesuai dengan pos pengeluaran.

Demikian cara mengatur keuangan jelang lebaran yang perlu diketahui. Dengan memahaminya, kamu bisa terhindar dari over budget dan bisa merayakan lebaran dengan penuh kesenangan serta kemenangan.

Mungkin Anda juga menyukai