Tips Mempersiapkan Dana Traveling

persiapan dana traveling
Waktu baca: 2 menit

Traveling merupakan sebuah kegiatan yang biasanya dilakukan untuk menyenangkan dan memanjakan diri sejenak dari rutinitas keseharian. Biasanya orang akan mengunjungi sebuah tempat yang diidam-idamkan untuk destinasi traveling mereka. Mereka berharap tempat tersebut dapat menawarkan sesuatu yang baru sehingga usai traveling mereka mendapatkan semangat baru untuk memulai hari.

Akan tetapi sangat sayang sekali beberapa orang kesulitan untuk traveling karena terkendala biaya. Apakah kamu juga mengalami kesulitan yang sama? Jika iya, maka kamu bisa menerapkan tips mempersiapkan dana traveling di bawah ini;

Buat Anggaran

Kamu harus kamu memiliki perhitungan mengenai berapa dana traveling yang diperlukan untuk transportasi, konsumsi, akomodasi dan biaya lainnya selama melakukan perjalanan. Jika kamu termasuk orang yang tidak suka dan tidak mau repot mengurus berbagai hal untuk keperluan liburan, kamu bisa menggunakan jasa travel agent untuk membantu mempersiapkan liburan yang akan kamu lakukan.

Jangan Mengandalkan Kartu Kredit

Penggunaan kartu kredit ketika berlibur bukanlah hal yang dilarang. Namun, kamu harus mengetahui bagaimana cara membayar tagihan kartu kredit yang telah kamu gunakan tersebut. Ketika membuat kartu kredit, kamu pasti sudah tahu bahwa menggunakan kartu kredit sama halnya seperti kamu berutang. Oleh sebab itu, kamu harus bisa menggunakannya dengan bijak. Gunakanlah kartu kredit untuk mendapatkan diskon atau penawaran khusus yang mungkin saja kamu dapatkan selama berlibur.

Jangan Konsumtif

Ketika sampai di tempat tujuan, biasanya kamu atau bahkan kita semua pasti sering kali lupa dengan anggaran yang telah dibuat sebelumnya. Akhirnya kita membeli berbagai hal yang sebenarnya tidak kita butuhkan tanpa berpikir terlebih dahulu. Nah, jangan sampai kamu melakukan hal tersebut. Kamu harus selalu menurut pada anggaran yang telah dibuat agar keuanganmu dapat tetap terjaga.

jangan overbudget
Inget jangan overbudget saat belanja via pexels.com

Sesuaikan Kemampuan

Ketika menyusun rencana liburan, sebaiknya kamu menyesuaikannya dengan kemampuan yang kamu miliki. Tidak ada salahnya untuk menunda liburan yang mahal, untuk membuat keuanganmu tetap stabil. Misalnya kamu sangat ingin berlibur ke luar negeri, namun tidak memiliki biaya yang cukup untuk liburan tersebut. Sebaiknya kamu tidak memaksa pergi dengan berutang kesana-kemari. Kamu harus bisa merencanakan dana traveling kamu dengan sangat matang. Setelah itu, barulah kamu bisa pergi berlibur ke mana pun yang kamu inginkan dengan dana traveling yang tentunya telah kamu persiapkan dengan matang.

Baca juga: Traveling Hemat Ala Backpacker yang Bisa Kamu Terapkan

Persiapkan Dana Liburan dari Jauh-Jauh Hari

Untuk melakukan sebuah perjalanan, sebaiknya kamu mempersiapkan dana liburan dari jauh-jauh hari. Terlebih lagi jika kamu ingin pergi ke tempat yang jauh. Namun satu hal yang harus kamu ingat adalah jangan sampai liburan tersebut mengacaukan kondisi keuanganmu. Kamu harus bisa memprioritaskan segala hal yang memang kamu butuhkan, seperti membeli rumah bagi kamu yang memang ingin memilikinya. Barulah kamu bisa menyusun rencana keuangan untuk berlibur ke berbagai tempat.

Untuk mempersiapkan dana liburan, kamu bisa memanfaatkan salah satu jenis investasi jangka pendek agar dana liburanmu dapat lebih mudah terkumpul. Dengan begitu, kamu menikmati liburan kamu tanpa harus mengkhawatirkan kondisi keuanganmu setelah liburanmu selesai.

You may also like...

Leave a Reply