5 Kebiasaan Sepele Ini Bikin Tagihan Kartu Kredit Membengkak

Kesalahan sepele yang membuat tagihan kartu kredit membengkak
Waktu baca: 2 menit

Kartu kredit saat ini memang menjadi kebutuhan bagi masyarakat karena bisa mempermudah transaksi tanpa harus membawa uang tunai. Namun, masih banyak yang belum bisa memanfaatkan keunggulan dari menggunakan kartu kredit. Mereka masih sering melakukan kesalahan-kesalahan sepele yang membuat tagihan kartu kredit membengkak. Tagihan kartu kredit membengkak jelas tidak baik karena mengganggu perencanaan keuanganmu tiap bulan. Jika hal itu terus menerus terjadi, bisa saja kamu akan mengalami yang namanya besar pasak daripada tiang. Lama kelamaan kamu tidak memiliki dana darurat dan akhirnya berujung dengan berutang.

Berikut 5 kesalahan sepele yang membuat tagihan kartu kredit membengkak hingga berujung dengan menumpuknya utang.

Memilih kartu kredit tidak sesuai kebutuhan

Banyak orang yang tidak memilih kartu kredit sesuai dengan kebutuhannya. Sebagai contoh, kamu memilih kartu kredit khusus untuk traveling, padahal jarang jalan-jalan. Biasanya, kartu kredit yang khusus itu akan dikenakan bunga yang lebih tinggi daripada kartu biasa. Maka dari itu, disarankan untukmu saat mengajukan kartu kredit harus sesuai dengan kebutuhan dan jangan mudah tertarik dengan promo-promo yang tersedia atau kemudahan dalam mengajukan kartu kredit tersebut.

Baca juga: 5 Cara Bijak Mengatur Tagihan Kartu Kredit

Membership dalam layanan streaming musik atau film

Layanan streaming yang bisa dibayar melalui kartu kredit membengkak
Salah satu jenis layanan streaming yang bisa dibayarkan melalui kartu kredit. Photo by Pixabay

Biaya membership untuk layanan streaming musik atau film biasanya harus dibayar melalui kartu kredit. Biaya itu pasti akan masuk ke tagihan kartu kreditmu setiap bulan. Kamu harus mempertimbangkan lagi apakah akan sering menggunakan layanan streaming tersebut atau tidak? Memang nominalnya berkisar dari 50 ribu hingga 100 ribuan, tapi tanpa sadar biaya membership ini bisa cukup membebani pengeluaranmu. Maka dari itu, jika memang tidak sering menggunakan layanan streaming, lebih baik kamu unsubscribe saja.

Membayar tagihan minimum payment

Salah satu kesalahan yang sering dilakukan pengguna kartu kredit ialah membayar tagihan hanya minimum payment. Mereka beranggapan dengan melakukan pembayaran minimum payment lebih ringan daripada harus membayar full payment. Padahal, hal itu justru akan membuat utangmu semakin menumpuk. Bayangkan saja, jika kamu bayar minimum bulan ini dan saat di bulan depan ternyata pengeluaranmu lebih besar. Sudah pasti tagihan akan meningkat karena sisa dari tagihan itu akan dibebani bulan depan bersama dengan bunga.

Membayar tagihan lewat jatuh tempo

Jangan menyepelekan pembayaran tagihan kartu kredit hingga lewat jatuh tempo. Hal itu membuat kamu mendapatkan denda yang cukup besar. Jika terus-menerus menyepelekan hal itu, sudah pasti kamu akan kesulitan membayar tagihan hingga akhirnya utangmu semakin membengkak. Selain itu, nilai kreditmu juga akan buruk sehingga kamu akan kesulitan untuk mendapatkan pinjaman dari bank.

Mengabaikan perubahan suku bunga

Sangat penting untuk memperhatikan perubahan suku bunga yang ditentukan tergantung dari kebijakan yang diterapkan Bank Indonesia. Hal itu dilakukan agar kamu bisa mengambil langkah antisipasi supaya tagihanmu tidak membengkak. Bayangkan saja jika kamu mengabaikan perubahan suku bunga. Bisa jadi tagihanmu membengkak dan akan kesulitan untuk membayarkannya.

Itulah beberapa kesalahan sepele yang kerap dilakukan. Maka dari itu, lebih baik kamu hindari kesalahan-kesalahan tersebut agar keuanganmu bisa tertata rapi dan bisa disiapkan untuk masa yang akan datang.

You may also like...

Leave a Reply