Memanfaatkan Pelatihan Usaha Gratis untuk Mengembangkan Bisnis Kamu

pelatihan bisnis
Memanfaatkan Pelatihan Usaha Gratis untuk Mengembangkan Bisnis Kamu. Photo by Pexels
Waktu baca: 3 menit

Ada banyak sekali pelatihan usaha gratis yang bisa kamu ikuti yang digelar oleh banyak pihak baik secara offline maupun online. Kamu tinggal pilih saja mana yang paling membuat kamu merasa nyaman untuk ikuti.

Sayangnya, tidak banyak orang yang mau untuk mengikuti pelatihan seperti ini. Ada kesan di mana tidak ada manfaatnya mengikuti pelatihan semacam itu. Ada yang menganggap daripada mengikuti pelatihan, lebih baik waktu digunakan untuk praktik langsung.

Anggapan semacam itu sama sekali tidak benar. Karena faktanya banyak sekali manfaat yang bisa kamu dapatkan jika mengikuti pelatihan usaha gratis. Apalagi untuk kamu yang sekarang ini memiliki usaha. Tentu kamu ingin mengembangkan usaha tersebut, bukan?

Kamu perlu tahu bagaimana kamu bisa memanfaatkan keikutsertakan dalam pelatihan usaha untuk pengembangan bisnis yang sudah kamu jalankan.

Mengapa Mengikuti Pelatihan Usaha Gratis

Ada banyak orang yang sinis mengenai pelatihan bisnis gratis. Mereka menganggap tidak ada ilmu penting yang bisa didapatkan di pelatihan gratis. Beda dengan pelatihan berbayar yang biayanya bisa jutaan rupiah.

Anggapan seperti itu sebenarnya kurang tepat. Jika kamu benar-benar ingin mengembangkan usaha, kamu harus memanfaatkan momen apa pun, tak terkecuali pelatihan usaha.

Mengapa? Alasannya berikut ini:

  1. Mendapatkan Ilmu 

Saat mengikuti pelatihan, tentu saja kamu akan mendapatkan ilmu. Meskipun gratis, jangan anggap sepele. Bisa saja ilmu yang disampaikan oleh pembicara belum pernah kamu dengar sebelumnya. Apalagi jika ternyata ilmu tersebut berdasarkan pengalaman, bukan berdasarkan teori-teori yang sudah ditulis di berbagai buku bisnis.

Jangan sampai kamu underestimate dengan ilmu yang disampaikan oleh orang lain. Bisa saja ilmu yang disampaikan terdengar sepele. Akan tetapi, bisa saja ilmu tersebut yang justru bisa memajukan bisnis kamu. Mungkin selama ini kamu sudah belajar dan menerapkan teori-teori bisnis yang dijelaskan oleh profesor hebat yang meneliti bidang bisnis.

Hanya saja, teori tersebut tidak bisa diaplikasikan dan tidak bisa membuat bisnis kamu berkembang pesat. Bukan tidak mungkin justru dari pelatihan usaha gratis justru kamu mendapatkan ilmu yang tepat untuk diaplikasikan di bisnis kamu.

  1. Memperluas Jaringan 

Ini manfaat yang tak kalah penting dari ilmu. Sebagai pengusaha, kamu pasti setuju juga jaringan itu sangat menentukan bagaimana bisnis kamu berkembang. Semakin luar jaringan, maka semakin mudah kamu dalam mengembangkan usaha.

Nah, di saat pelatihan usaha, jangan hanya menjadi pendengar pasif yang mana setelah pelatihan selesai kamu langsung pulang. Luangkan waktu untuk berinteraksi dan juga berkenalan dengan orang-orang yang hadir dalam pelatihan. Atau mungkin juga kamu bisa bertemu dan berkenalan secara langsung dengan pembicara. Bukan tidak mungkin itulah yang membuat usaha kamu lebih dikenal dan kamu mendapatkan jaringan bisnis yang semakin luas.

  1. Mencari Kesempatan Baru 

Mengembangkan bisnis tidak selalu tentang bagaimana menaikkan penjualan produk. Bisa juga pengembangan dilakukan dengan cara membuat inovasi yang mungkin tidak ada kaitannya dengan usaha utama kamu. Di pelatihan usaha, kamu bisa saja mendapatkan ilmu baru yang membuat kamu memperoleh kesempatan untuk memulai bisnis baru. Bisa saja bisnis tersebut akan menjadi anak bisnis usaha utama kamu. Luar biasa, bukan?

Jadi, jangan anggap remeh pelatihan usaha gratis. Ini merupakan kesempatan yang tidak boleh kamu lewatkan untuk mengembangkan bisnis.

Baca juga: Pelatihan dan Pendampingan UMKM Tingkatkan Perekonomian Masyarakat

Mengapa Ada Program Pelatihan Usaha Gratis 

Siapa yang mau menggelar program pelatihan usaha gratis? Sebenarnya, banyak kalangan yang ingin membuat program pelatihan bisnis secara gratis, entah itu dari kalangan swasta atau pemerintah.

Tujuannya berbeda-beda. Ada yang memang ingin berkontribusi kepada masyarakat. Caranya adalah dengan menyebarkan virus wirausaha kepada mereka. Diharapkan, dengan pelatihan gratis, keinginan mereka untuk menjadi pengusaha tergugah. Semangat dan optimisme mereka muncul sehingga mereka bisa memiliki kondisi ekonomi yang lebih baik dengan bisnisnya sendiri.

Sementara itu, pemerintah biasanya memiliki alasan tambahan. Selain untuk mengatasi masalah pengangguran, pemerintah juga ingin sekali usaha kecil yang dilakukan oleh masyarakat naik level. Dengan harapan, naiknya level usaha kecil mereka bisa membuka lebih banyak lagi lapangan pekerjaan kepada masyarakat. Bukankah pengentasan kemiskinan dan pembukaan lapangan pekerjaan merupakan program utama pemerintah?

Di sisi lain, pemerintah juga mengerti bahwa usaha kecil atau yang juga disebut dengan UMKM menopang ekonomi Indonesia. Selain menyerap banyak tenaga kerja, UMKM juga sektor usaha yang sangat tangguh meskipun di era krisis. Inilah yang membuat pemerintah membuka pelatihan usaha gratis yang memang memiliki tujuan yang sangat besar.

Maka dari itu, ketika kamu mendapatkan kesempatan untuk mengikuti pelatihan usaha gratis, jangan lewatkan. Bukan hanya ilmu saja yang akan kamu dapatkan tapi juga jaringan serta kesempatan yang baru. 

Artikel Lainnya