Cara Mengembangkan Usaha Kecil agar Siap Bersaing dengan Kompetitor Besar

cara mengembangkan usaha
Cara mengembangkan usaha kecil. Photo by Pexels
Bagikan:

Waktu baca: 3 menit

Ada banyak sekali cara mengembangkan usaha yang bisa kamu terapkan. Namun, dari sekian cara tersebut, kira-kira mana yang bisa membuat usaha Anda lebih cepat berkembang?

Mungkin selama ini kamu sudah menerapkan beberapa tips yang kamu ketahui. Akan tetapi, kamu merasa bisnis yang kamu jalankan seolah jalan di tempat. Sama sekali tidak berkembang seperti yang kamu harapkan.

Bisa saja itu disebabkan kamu salah dalam menerapkan tips. Atau bisa juga cara mengembangkan usaha yang kamu praktikkan tidak bisa menyentuh sisi fundamental bisnis. Karena pada prinsipnya, bisnis itu dibangun di atas sebuah fondasi yang seharusnya kuat. Jika fondasi itu kuat, maka bisnis akan sangat mudah untuk terus berkembang. Itulah mengapa kamu perlu tahu bagaimana cara mengembangkan bisnis dari hal yang paling fundamental.

5 Tips untuk Mempercepat Perkembangan Usaha

cara mengembangkan usaha
Mengembangkan usaha. Photo by impatrick

Setidaknya ada 5 tips yang bisa kamu terapkan untuk mengakselerasi perkembangan bisnis kamu. Apa saja itu?

  • Tetapkan Target
Tentukan tujuan yang jelas.
Tetapkan target. Photo by Pixabay

Ini terkadang yang terlewatkan. Banyak pebisnis yang merasa ketika bisnis masih survive di tengah kompetisi yang ketat itu artinya bisnisnya sudah bagus. Tentu itu bukan anggapan yang salah. Akan tetapi, jika ingin mengembangkan bisnis kecil sehingga menjadi sebuah bisnis besar, maka harus ada target.

Setiap tahun atau bahkan setiap semester, harus ada target yang ditetapkan dan harus diupayakan untuk tercapai. Target ini bisa berupa target customer acquisition, profit, atau yang lainnya. Yang pasti, target dari waktu ke waktu harus terus dinaikkan.

  • Lakukan Evaluasi secara Rutin
Lakukan evaluasi
Lakukan evaluasi saat menjalankan bisnismu. Photo by Rawpixel

Cara mengembangkan bisnis berikutnya adalah evaluasi secara rutin. Mungkin kamu ingin menetapkan target tahunan. Tapi, sebaiknya evaluasi tidak dilakukan satu tahun sekali saat kamu menentukan target. Evaluasi harus dilakukan lebih dari satu kali agar kamu bisa melihat tanda apakah yang perusahaan kamu lakukan sudah searah dengan target atau tidak.

  • Dapatkan Investor
angel investor
Dapatkan investor. Photo by Pexels

Usaha yang mau berkembang cepat mau tidak mau harus memiliki modal. Dan modal tidak harus didapatkan dari hutang. Modal bisa didapatkan dari investor. Modal dari hutang tentu bukan hal yang salah. Akan tetapi, modal dari hutang artinya ada beban yang ditanggung perusahaan.

Berbeda jika modal didapatkan dari investor. Tidak ada beban. Dan biasanya investor juga orang yang hebat dalam bisnis sehingga memacu usaha kamu untuk lebih cepat berkembang. Selain modal, investor juga biasanya memberikan saran dan juga arahan untuk kemajuan bisnis.

Baca juga: Yuk Pelajari Untung Ruginya Mendapatkan Dana dari Angel Investor

  • Fokus Melayani Konsumen
bangun kepercayaan dengan pelanggan.
Fokus melayani pelanggan. Photo by @squareinc

Tidak ada bisnis yang maju pesat selain fokus memberikan pelayanan terbaik untuk konsumen. Salah besar jika kamu fokus pada profit. Konsumen harus menjadi prioritas pertama. Karena ketika itu yang kamu lakukan, profit akan naik dengan sendirinya.

  • Meningkatkan Kualitas Produk
Tingkatkan kualitas produk. Photo by Pexels

Kamu bisa lihat tidak ada perusahaan yang hanya memberikan satu produk yang sama dari waktu ke waktu. Pasti ada inovasi yang dilakukan sehingga mereka menciptakan produk yang lebih berkualitas.

Maka dari itu, ketika produk kamu diterima dengan baik oleh konsumen, jangan berhenti sampai di sana. Ada masa di mana produk kamu akan usang karena perkembangan zaman. Sebelum itu terjadi, siapkan satu tim untuk berinovasi meningkatkan kualitas produk.

Itulah beberapa cara mengembangkan usaha yang bisa kamu terapkan. Tidak perlu terlalu banyak hal yang harus dilakukan. Cukup terapkan tips tersebut di atas secara konsisten dan lihat perkembangannya.


Bagikan:

Mungkin Anda juga menyukai