Cara Belanja Online agar Barang Sesuai yang Diharapkan

seorang pria sedang bersiap melakukan belanja online
Cara Belanja Online agar Barang Sesuai yang Diharapkan. Photo by Pexels
Bagikan:

Waktu baca: 2 menit

Ternyata, tidak semua orang tahu cara belanja online yang benar. Yaitu cara agar ketika belanja secara online, barang yang diterima sesuai dengan yang diinginkan. Atau setidaknya barang sesuai dengan gambar dan juga deskripsi.

Memang tidak semua seller online itu melakukan kecurangan, yaitu mereka yang memposting foto barang. Namun, barang yang dikirim tidak sesuai dengan foto, entah itu beda warna, ukuran, atau bahkan bahan. Namun, kamu tetap harus hati-hati. sekalipun barang yang kamu beli murah, bukan berarti kamu mau tertipu begitu saja, bukan? 

Baca juga: Ekspektasi Vs Realita Belanja Online dalam Masyarakat

Langkah-Langkah Belanja Online yang Benar 

ilustrasi chart belanja online
Langkah belanja online. Photo by Pixabay

Ada beberapa hal yang perlu kamu pelajari mengenai cara belanja online. Tujuannya agar kamu tidak tertipu dan barang yang kamu terima sesuai dengan harapan.

  • Masukkan Kata Kunci 

Setiap platform marketplace atau aplikasi belanja online menawarkan fitur search atau pencarian. Di sana, kamu bisa masukkan kata kunci berupa nama atau jenis barang yang ingin kamu beli. Masukkan kata kunci sesuai dengan yang kamu inginkan.

Biasanya, ada suggestion keyword atau kata kunci yang disarankan ketika kamu menuliskan satu suku kata atau satu kata. Coba gunakan suggestion keyword tersebut karena itu yang menunjukkan kebanyakan keyword yang diketikkan oleh pembeli. 

  • Manfaatkan Fitur Sortir 

Sudah mendapatkan foto barang atau toko online yang menjual barang yang kamu inginkan? Jangan terburu-buru. Sebaiknya gunakan fitur sortir yang hampir semua platform toko online siapkan. Ini fitur yang bisa kamu gunakan untuk mencari mana yang kamu butuhkan. Biasanya ada sortir barang termurah hingga termahal, lokasi seller, free ongkos kirim, paling laris, dan lain sebagainya.

Misalnya saja kamu ingin sekali membeli barang yang dijual oleh seller yang lokasinya tidak terlalu jauh. Dengan harapan ongkos kirim tidak terlalu mahal. Maka gunakan fitur sortir berdasarkan daerah.

  • Pilih 10 Toko yang Menurut Kamu Bagus 

Jika dua cara belanja online sudah kamu lakukan, kamu akan menemukan banyak sekali toko online yang menjual barang yang kamu ingin beli. Kemudian, pilih saja 10 toko yang menurut kamu paling bagus dan paling terlihat kredibel. Lihat saja foto produk yang digunakan. Jika real, kemungkinan besar itu toko online yang bagus.

  • Pilih Toko yang Menawarkan Harga Paling Masuk Akal

Setelah mendapatkan 10 toko online yang kredibel, cari mana toko yang menawarkan harga paling masuk akal. Jangan pilih yang harganya terlalu murah. Apalagi sangat murah dibandingkan dengan toko yang lain. Sebaiknya pilih toko yang menawarkan harga yang masuk akal untuk memastikan barang yang kamu beli berkualitas.

  • Lihat Tawaran yang Diberikan 

Sudah yakin dengan satu toko? Jangan terburu-buru untuk checkout. Lihat tawaran yang diberikan, seperti free ongkir, bonus, cashback, harga promo dengan syarat tertentu, dan lain sebagainya.

  • Chat dengan Seller 

Akan lebih baik jika kamu chat dengan seller untuk sekedar menanyakan seperti apakah barang masih tersedia atau menanyakan hal yang lain. Misalnya saja kamu bisa tanyakan bahan yang digunakan untuk membuat produk untuk memastikan bahwa barang sesuai dengan deskripsi.

  • Lakukan Checkout dan Pembayaran 

Sudah selesai semua? Lakukan checkout dan lakukan pembayaran.

  • Tulis Pesan Kepada Seller Jika Diperlukan 

Biasanya, ada kolom di mana kamu sebagai pembeli bisa menuliskan pesan khusus untuk seller. Misalnya pesan berupa ukuran barang yang kamu beli, warna, atau yang lainnya.

Dengan menerapkan cara belanja online tersebut di atas, sangat kecil kemungkinan kamu kecewa. Kamu akan mendapatkan barang sesuai gambar dan juga sesuai dengan ekspektasi.


Bagikan:

Mungkin Anda juga menyukai