Nabung di Bank? Inilah Kelebihan dan Kekurangannya

Nabung di Bank
Waktu baca: 3 menit

Di zaman ini, siapa yang tidak nabung di bank atau memiliki tabungan di bank? Dengan tujuan mengamankan kekayaannya, sudah banyak yang melakukan hal tersebut. Apalagi, kini bank sudah banyak menjangkau masyarakat pedesaan.

Dengan menabung di bank, kamu tidak perlu repot lagi menyimpan uang. Untuk menggunakannya pun terbilang cukup mudah. Bank biasanya menyediakan kartu ATM yang nantinya bisa digunakan untuk melakukan transaksi. Jadi kamu tidak perlu membawa uang tunai terlalu banyak. Selain itu, jika kartu ATM hilang kamu tidak perlu khawatir uangmu juga ikut hilang karena membutuhkan PIN yang hanya diketahui olehmu untuk melakukan transaksi. Perlu diingat, agar tidak sembarangan meminjamkan kartu ATM beserta nomor PIN kalian ya.

Namun saat ini sudah banyak tersedia layanan tabungan digital yang menawarkan kemudahan dalam bertransaksi. Cukup menggunakan smartphone dan jaringan internet, kamu bisa melakukan transaksi kapan saja dan dimana saja. Meski begitu, masih banyak yang bertahan memilih bank sebagai alternatif untuk menyimpan uang. Agar kamu bisa memilih dengan benar ingin menyimpan uang di mana, di bawah ini akan dijelaskan mengenai kelebihan dan kekurangan nabung di bank.

Kelebihan Nabung di Bank

Dapat bunga

Bunga bank
Bunga bank jika dalam jangka waktu yang lama bisa membuat nominal keuntungan jadi besar. Photo by Pixabay

Keuntungan paling utama dari menabung di bank ialah mendapatkan bunga. Banyak orang yang mau menabung di bank karena hal tersebut. Walaupun tidak terlalu besar, jika kamu menabung dengan jangka waktu yang panjang maka kamu bisa mendapatkan nominal yang cukup besar.

Baca juga: Mengenal Tabungan Digital, Pilihan Tepat untuk Milenial

Praktis dan mudah

Kemudahan menabung di bank
Salah satu kemudahan menabung di bank ialah bisa menggunakan ATM untuk transaksi. @pampouks

Dengan menabung di bank, kamu akan merasakan kepraktisan dan tentu saja lebih simpel. Selain menawarkan kartu ATM seperti yang sudah dijelaskan di atas, bank juga menawarkan fasilitas seperti mobile banking dan internet banking yang semakin memudahkanmu untuk bertransaksi.

Aman

Jika uangmu ditabung di bank maka sudah dipastikan akan dijamin oleh Lembaga Penjamin Simpanan (LPS). Jadi, saat bank tempatmu menyimpan uang terjadi masalah kamu tidak perlu khawatir uangmu akan hilang. Hal itu dikarenakan LPS akan menjamin semua simpanan nasabah di bank seperti tabungan, deposito, giro, dan juga sertifikat dengan maksimal dana sebesar Rp 2 miliar seperti yang dilansir dari situs resminya.

Jadi LPS akan mengembalikan semua uangmu asalkan memenuhi persyaratan layak bayar atau 3T yaitu tercatat dalam pembukuan bank, tidak melakukan tindakan yang merugikan bank, dan tingkat bunga simpanan tidak lebih dari tingkat bungan penjamin.

Kekurangan Nabung di Bank

Tidak gratis

Biaya transaksi
Biaya transaksi jika menabung di bank tidak gratis. Photo by Pexels

Semua orang sudah tau jika di bank ada biaya administrasi yang dibebankan kepada nasabah. Biaya tersebut totalnya tergantung dari jenis tabungan yang dipilih. Meski begitu, ada juga jenis tabungan yang tidak mengenakan biaya administrasi seperti TabunganKu yang sudah dimiliki oleh semua bank di Indonesia.

Limit transaksi

Kekurangan lainnya adalah ada batas limit transaksi per harinya serta saldo minimum yang harus tersisa di rekeningmu. Meski begitu, kamu bisa menyesuaikan dengan kebutuhan. Jika kamu memperkirakan dalam sehari akan melakukan penarikan uang lebih dari Rp 5 juta, maka pilih jenis kartu yang punya limit besar.

Itu dia kelebihan dan kekurangan dari menabung di bank yang perlu kamu ketahui. Meski ada kekurangannya, menabung di bank adalah solusi yang tepat karena bisa memudahkanmu untuk melakukan transaksi.

You may also like...

Leave a Reply