Daftar Minuman Terlaris di Bulan Puasa yang Sulit Tergantikan

sop buah, salah satu minuman terlaris di bulan puasa
Daftar Minuman Terlaris di Bulan Puasa yang Sulit Tergantikan. Photo by masakapahariini.com
Waktu baca: 4 menit

Apa yang ada di benakmu jika mendengar minuman terlaris di bulan puasa? Mungkin dalam waktu seketika kamu bisa mendapatkan lebih dari 3 jawaban. Dan ketiga jenis minuman itu yang bisa dijual untuk mendapatkan cuan di saat bulan Ramadhan tiba.

Yang pasti, jual es di bulan puasa itu sangat menguntungkan. Banyak orang yang mencari minuman yang segar untuk dikonsumsi saat maghrib tiba. Jadi, kira-kira minuman mana yang akan kamu jual di saat bulan puasa? 

10 Minuman Terlaris di Bulan Puasa yang Bisa Jadi Ide Jualan

Sebenarnya, ada banyak sekali pilihan terkait dengan jual es apa yang paling laris di bulan puasa. Dan setidaknya 10 minuman ini bisa kamu pilih salah satunya sebagai minuman yang akan dijual selama bulan puasa ini. 

  1. Kolak

Minuman yang satu ini sangat erat sekali dengan bulan puasa. Hampir di setiap daerah ada yang menjual kolak sebagai menu takjil. Apalagi cara membuatnya juga sangat mudah. Ini yang menjadi alasan banyak penjual yang menjajakan kolak di bulan Ramadhan.

Jika hendak menjual kolak, pasti akan ada banyak pesaingnya. Namun, tidak perlu khawatir. Peminatnya juga tak kalah banyak. Kamu bisa melakukan inovasi agar kolak yang dibuat beda dengan kolak buatan lainnya. Misalnya saja dengan memberikan isi yang lebih banyak. Atau isi kolaknya tidak hanya itu-itu saja, seperti kolang-kaling dan pisang. Kamu bisa tambahkan isi lainnya seperti kurma atau labu.

  1. Sup Buah

Minuman terlaris di bulan puasa selanjutnya adalah sup buah. Apalagi kamu tinggal di daerah yang panas. Minuman seperti ini sudah pasti banyak yang buru memburu.

Pastikan buah yang dipilih masih segar dan variatif. Atau bisa juga ditawarkan kepada pelanggan agar memilih buah apa saja yang ingin diambil. Jadi, ini semacam sup buah prasmanan di mana konsumen bisa memilih sendiri buah yang diinginkan.

  1. Es Degan 

Saat bulan puasa tiba, es degan juga termasuk minuman yang banyak dicari. Ini disebut juga dengan es klamud atau es kelapa muda. Masyarakat mengerti bahwa es kelapa muda tidak hanya menyegarkan tapi juga menyehatkan. Terdapat banyak vitamin di dalam es kelapa muda yang akan memberikan kebaikan kepada tubuh setelah satu hari berpuasa. 

Ketika ingin menjual es degan di bulan puasa, kamu bisa menawarkan varian rasa yang berbeda-beda. Memang banyak orang yang lebih memilih es degan original tanpa ditambah rasa-rasa. Namun, ada lho yang suka ditambah seperti sirup melon, frambos, leci, dan lain sebagainya. Siapkan setidaknya lebih dari 6 varian rasa agar konsumen semakin tertarik untuk membeli es degan di tempatmu.

Baca juga: Daftar Menu Buka Puasa untuk 1 Bulan yang Mudah Dibuat dan Bergizi Tinggi

  1. Es Cincau 

Cincau itu sangat menyegarkan dan melegakan ketika dikonsumsi saat berbuka puasa. Maka dari itu, wajar jika ini termasuk minuman terlaris di bulan puasa.

Sayangnya, ada oknum yang membuat beberapa orang tidak berani membeli cincau. Oknum tersebut membuat cincau yang sudah ditambah dengan bahan pengawet. Padahal, bahan pengawet inilah yang merusak kesehatan.

Untuk itu, kamu harus memastikan bahwa cincau yang dijajakan itu benar-benar sehat dan tanpa bahan pengawet. Jika berhasil meyakinkan konsumen, es cincau yang kamu jual pasti laris manis.

  1. Es Dawet Ayu

Es yang satu ini berasal dari Banjarnegara walaupun sebenarnya setiap daerah juga memiliki es dawet. Hanya saja, jika ditanya dari mana es dawet ayu yang asli berasal, jawabannya dari Banjarnegara Jawa Tengah.

Es dawet ayu ini minuman yang sangat menyegarkan. Di luar bulan puasa, es ini ditawarkan di siang hari saat matahari sangat terik. Namun, di bulan puasa, banyak juga yang berburu es dawet ayu ini.

Yang terpenting adalah dawet yang kamu buat itu tidak mengandung bahan pengawet. Dan usahakan juga gula jawa yang digunakan sebagai pemanis itu benar-benar asli. Tawarkan es dawet ayu dalam sebuah packaging yang menarik agar semakin banyak orang tertarik.

  1. Es Susu Kurma

Kamu pasti pernah mendengar takjil dengan kurma itu sebuah kesunnahan. Dan kamu bisa menjalankan sunnah dengan cara minum es susu kurma saat berbuka tiba. Selain itu, kamu juga bisa mengajak orang lain dengan cara menawarkan kepada mereka es susu kurma ini.

Cara membuat es susu kurma ini sangat mudah. Mungkin, yang sulit adalah kurmanya mengingat harga buah kurma di bulan Ramadhan biasanya melambung naik.

  1. Es Pisang Ijo

Es pisang ijo juga termasuk minuman terlaris di bulan puasa. Ini tidak hanya sekadar minuman yang menyegarkan tapi juga mengenyangkan. Pasalnya, pisang ijo yang menjadi isinya merupakan buah yang mengenyangkan. Kandungan kalorinya sangat tinggi. Minum minuman yang satu ini akan membuat energimu yang habis selama 1 hari berpuasa kembali lagi.

  1. Alpukat Kocok

Alpukat kocok yang dicampur dengan es akan sangat segar sekali di tenggorokan. Biasanya, alpukat kocok ini dicampur dengan cokelat agar rasanya semakin manis.

Kamu bisa jualan alpukat kocok ini saat bulan puasa. Agar beda dengan penjual alpukat kocok lainnya, kamu bisa padukan dengan berbagai topping, seperti oreo, milo, regal, dan boba.

  1. Boba 

Boba sempat menjadi minuman yang sangat ngetren. Dan saat bulan puasa tiba, boba juga banyak ditawarkan. Ini menjadi salah satu minuman terlaris di bulan puasa.

Tawarkan es boba dengan varian yang berbeda, mulai dari original, black boba, flavored boba, popping boba, dan lain sebagainya. Varian tidak hanya ditawarkan dalam bentuk rasa tapi juga ukuran. Misalnya kamu tawaran es boba ukuran mini yang biasanya disukai oleh anak-anak kecil. Sementara itu, boba yang ukuran besar untuk orang dewasa.

  1. Es Kuwut

Belum begitu familiar dengan nama es kuwut? Ini es yang adanya isinya berupa timun yang diserut. Rasa manis didapatkan dari sirup melon yang dicampurkan di dalamnya. Ini juga termasuk minuman laris di bulan puasa.

Untuk mereka yang tahu tentang kesehatan, es kuwut ini pasti diburu. Dengan minum es kuwut, mereka tidak hanya bisa menghilangkan dahaga setelah berpuasa selama 1 hari penuh tapi juga bisa memberikan yang terbaik untuk tubuh. Pasalnya, mereka minum minuman yang mengandung sayuran, yaitu timun.

Itulah 10 minuman terlaris di bulan puasa yang bisa kamu pilih sebagai ide jualan. Kamu tidak harus memilih semuanya. Kamu bisa pilih satu atau dua saja. Sajikan dengan rasa yang paling enak. Tawarkan dengan tampilan yang paling menarik. Ini yang membuat minuman yang kamu jual beda dengan yang lain. Dan ini pula yang akan membuat konsumen melirik dan akhirnya membeli.

Artikel Lainnya