Menilik Apa Bisnis Online yang Menjanjikan 5 atau 10 Tahun ke Depan

Seorang pemilik bisnis tersenyum bahagia
Menilik Apa Bisnis Online yang Menjanjikan 5 atau 10 Tahun ke Depan. Photo by Pexels
Bagikan:

Waktu baca: 3 menit

Apa sih bisnis online yang menjanjikan di masa depan? Setidaknya 5 atau 10 tahun yang akan datang? Tidak mudah untuk mendapatkan jawaban yang tepat. Akan tetapi, setidaknya kamu akan mendapatkan jawaban dengan alasan yang sangat masuk akal saat ini.

Untuk kamu yang ingin serius menjalankan bisnis online, tentu ada pertimbangan yang kamu miliki. Misalnya saja pertimbangan apakah bisnis yang akan kamu jalankan bisa tetap bertahan dan dibutuhkan di 4, 5, atau 10 tahun yang akan datang atau tidak. Karena sebisa mungkin kamu bersusah payah membangun bisnis dan tetap bisa bertahan di masa-masa mendatang.

Masih Adakah Peluang Menjalankan Bisnis Online?

ilustrasi peluang bisnis online
Peluang bisnis online. Photo by Pexels

Sebenarnya, pertanyaan pertama yang harus kamu cari jawabannya dulu adalah masih adakah peluang bisnis online? Jika dilihat dari tren saat ini, jelas bisnis online akan semakin menggeliat. Masyarakat sudah tidak lagi ragu melakukan transaksi online. Selain itu, jumlah transaksi online juga semakin tahun semakin meningkat.

Namun, kamu harus melihat dari sisi yang lain. Menggeliatnya bisnis online memunculkan satu konsekuensi, yaitu banyaknya orang yang terjun di bisnis ini. Itu artinya tingkat kompetisinya juga semakin ketat.

Hal ini bisa dilihat dari semakin banyaknya orang yang berbisnis online. Lihat saja di sekitar kamu. Semakin banyak teman, saudara, atau kenalan yang menjalankan bisnis secara online, bukan?

Akan tetapi, hal tersebut tidak seharusnya menyurutkan semangat kamu untuk memulai bisnis online. Tetap saja ada jenis bisnis online yang menjanjikan di masa-masa yang akan datang.

Baca juga: Bisnis Online 2022 Seperti Apa yang Bakal Berkembang?

Jenis Bisnis Online yang Menjanjikan di Masa Depan 

Seorang pebisnis online bahagia.
Bisnis online yang menjanjikan. Photo by Pexels

Coba sebutkan apa saja jenis bisnis online yang kamu ketahui? Ada reseller, dropshipper, affiliate marketer, content creator, website designer, content writer, dan lain sebagainya. Namun, mana yang bisnis online menjanjikan di masa depan?

Setiap orang pasti punya jawaban sendiri. Akan tetapi, sepertinya sangat masuk akal jika jawabanya adalah online marketer. Apa itu online marketer? Ini adalah profesi marketing secara online. Bisnis ini sangat menjanjikan di masa depan.

Kok bisa? Setidaknya ada tiga alasan. Yang pertama, semakin banyak perusahaan yang ingin sekali memanfaatkan freelancer untuk jadi online marketer. Mereka tahu bahwa membuka lowongan freelancer sebagai online marketer, entah itu reseller atau dropshipper itu jauh lebih menguntungkan. Mereka tidak perlu menggaji, tapi hanya memberikan komisi per sales.

Yang kedua, banyak orang yang tidak ingin bekerja dengan ikatan, misalnya jadi pegawai kantoran. Mereka ingin kerja online santai tanpa harus pergi ke kantor. Makanya, yang paling tepat adalah online marketer. Dan terbukti banyak orang, terutama generasi milenial yang melakukannya.

Yang ketiga, banyak brand bermunculan. Mungkin produknya sama dengan brand lainnya. Dan untuk bisa bersaing, maka mereka menggaet semakin banyak online marketer. Tujuannya agar sales lebih banyak dan menang dibandingkan dengan brand kompetitor lainnya.

Jadi, masuk akal kan jika online marketer merupakan profesi atau jenis bisnis online yang menjanjikan di masa depan? Yang pasti, kamu harus jago menjadi seorang online marketer. Kamu tidak boleh hanya jago membuat website tapi juga jago mendatangkan trafik. Lalu kamu fokus untuk meningkatkan konversi. 

Untuk itu, kamu harus belajar tentang berbagai jenis strategi marketing online, mulai dari iklan berbayar ataupun tidak berbayar. Mulai saja untuk belajar dan bangun bisnis online kamu sendiri dari sekarang.


Bagikan:

Mungkin Anda juga menyukai