5 Peluang Usaha yang Diprediksi Laris di Ibu Kota Baru

Peta ibu kota baru, Kalimantan Timur.
Waktu baca: 3 menit

Presiden Joko Widodo telah memutuskan untuk memindahkan ibu kota dari Jakarta ke Kalimantan Timur. Keputusan ini didasari dengan berbagai pertimbangan, salah satunya ialah Jakarta sudah terlalu padat.

Maka dari itu, pemerintah sudah memutuskan untuk memindahkan pusat pemerintahannya ke Kalimantan Timur. Rencananya, ibu kota yang baru ini akan memakan beberapa wilayah, yaitu Kutai Kartanegara dan Penajam Paser Utara.

Alasan pemerintah memilih Kalimantan Timur karena letak dan kondisi geografisnya yang memiliki risiko rendah terkena bencana alam seperti banjir, gempa bumi, tsunami, dan gunung berapi. Meski hanya memindahkan pusat pemerintahannya saja, tapi tak menutup kemungkinan nantinya daerah ibu kota baru ini memiliki daya tarik di bisnis.

Pasalnya, Kalimantan Timur akan mendapatkan banyak tambahan demografi karena PNS yang bertugas di pusat yang jumlahnya diperkirakan lebih dari 1 juta jiwa. Maka dari itu, sudah pantaslah kalau peluang usaha di ibu kota baru ini beraneka ragam. Namun, ada 5 peluang usaha yang diprediksi bisa laris di ibu kota baru, di antaranya sebagai berikut.

Kafe

Kafe jadi satu usaha di ibu kota baru yang diprediksi menjanjikan.
Kafe menjadi salah satu peluang usaha di ibu kota baru yang menjanjikan. Photo by @sevcovic23

Biasanya orang-orang setelah pulang dari kerja ada yang langsung menuju ke rumah, namun tak jarang pula yang menuju ke kafe untuk nongkrong sambil berbincang-bincang dengan teman atau kerabat agar penat hilang. Dengan melihat kegiatan seperti itu, kamu bisa membangun bisnis kafe di Kalimantan Timur. Bangunlah kafe atau tempat ngopi itu dengan arsitektur yang bagus dan bisa mengundang ketertarikan pelanggan.

Baca juga: Ini Bisnis Minuman Terlaris Saat Ini yang Bisa Kamu Coba

Kos-kosan atau kontrakan

Kosan yang menguntungkan di ibu kota baru.
Kos-kosan jadi salah satu usaha yang menguntungkan di ibu kota baru. Photo by hipwee

Dari banyaknya PNS yang pindah ke Kalimantan Timur, mungkin sebagian besar berasal dari berbagai daerah yang ada di Indonesia seperti Jawa, Sumatera, Sulawesi, Papua, dan lain-lain. Biasanya para PNS pindahan ini akan memikirkan tempat tinggal karena sudah pasti jauh dari rumah sebelumnya. Apalagi jika mereka tidak mendapatkan mess.

Maka dari itu, kos-kosan atau kontrakan bisa menjadi peluang bisnis yang menjanjikan. Walaupun berhubung pemindahannya baru akan dilaksanakan pada 2024, tidak ada salahnya mulai mempersiapkan bangunan fisiknya dari sekarang.

Hotel

Usaha menguntungkan di ibu kota baru.
Hotel jadi salah satu usaha yang menguntungkan di ibu kota baru. Photo by @martenbjork

Sebagai pusat pemerintahan, sudah pasti akan sering terjadi pertemuan hubungan diplomatik dengan negara lain. Maka dari itu, untuk memenuhi kebutuhan akomodasi untuk hal itu, tentu diperlukan penginapan-penginapan yang layak untuk tamu kenegaraan. Dengan melihat hal itu tentu sudah menjadi kesempatan yang baik untuk membangun dan mengembangkan bisnis hotel di daerah Kalimantan Timur.

Bisnis kuliner

Bisnis kuliner berpotensi menjadi bisnis yang laku lho.
Bisnis kuliner di ibu kota baru. Photo by Pexels

Bisnis kuliner menjadi primadona di semua wilayah. Apalagi nanti di ibu kota baru. Buatlah bisnis kuliner yang banyak disenangi oleh orang-orang seperti warung Tegal atau warteg, masakan padang, dan lain sebagainya. Saat memutuskan untuk membangun usaha kuliner, usahakan memilih di dekat kantor-kantor pemerintahan nantinya.

Ojek

Ojek jadi salah satu usaha yang menguntungkan.
Ojek jadi salah satu usaha yang menguntungkan. Photo by Pexels

Jika pusat pemerintahan sudah pindah ke Kalimantan Timur, sudah pasti di wilayah itu butuh mobilitas yang cukup cepat. Salah satu alat transportasi yang mendukung itu ialah motor. Biasanya, motor juga bisa digunakan untuk menambah pundi-pundi uang dengan menjadi ojek. Hal itu dikarekanan ojek masih menjadi andalan bagi para pegawai pemerintahan nantinya.

Itulah kira-kira beberapa peluang usaha yang diprediksi laris di ibu kota. Jangan buru-buru langsung membuka usaha, karena masih ada waktu beberapa tahun untuk memikirkannya matang-matang. Dengan begitu, kamu bisa mengambil keputusan dengan baik.

You may also like...

Leave a Reply