Mengenal Wisata Syariah dan Prospeknya

wisata syariah dan prospeknya.
Mengenal wisata syariah dan prospeknya. Photo by Pexels
Waktu baca: 3 menit

Perkembangan sektor pariwisata kini sudah tidak diragukan lagi. Dari mulai wisata alam, religi, sampai wisata sejarah. Akan tetapi apakah dari sekian banyaknya wisata dapat dikatakan sebagai wisata syariah semua? Tentu saja belum tentu. Sebab wisata syariah memiliki beberapa perbedaan yang membuatnya dapat dikatakan lain dengan wisata-wisata pada umumnya. Nah, untuk lebih jelasnya yuk simak pembahasan wisata syariah dan prospeknya di bawah ini:

Pengertian Wisata Syariah

Pengertian wisata syariah.
Pengertian wisata syariah. Photo by @_imkiran

Wisata syariah memiliki pengertian sebagai suatu wisata yang ditujukan untuk para wisatawan berdasarkan dengan peraturan agama Islam. Nah, dalam hal ini berarti semua peraturan yang berkaitan dengan wisata tersebut memiliki lkamusan hukum yang sesuai dengan syariat Islam. Dengan begitu, wisatawan muslim tidak lagi memiliki kerisauan akan kebutuhannya sebagai umat muslim pada saat melakukan wisata.

Sebagai contohnya, jika wisata tersebut memiliki pelayanan tempat berupa penginapan, maka yang diperbolehkan menikmati pelayanan tersebut merupakan orang-orang yang halal atau mahromnya. Sebagai contoh lain, misalkan terdapat fasilitas berupa kolam renang, maka akan disediakan kolam renang terpisah antara laki-laki dan perempuan sehingga masing-masing dapat terjaga sesuai dengan peraturan yang ada di agama Islam. Bahkan bisa pula disediakan penyewaan baju renang muslimah bagi wanita sehingga seorang wanita yang menikmati fasilitas kolam renang tersebut dapat tetap menjaga auratnya yang sebagaimana dianjurkan di dalam agama Islam.

Baca juga: Inilah Penjelasan Singkat Wisata Syariah yang Perlu Dipahami

Selain itu, kamu juga dapat menemukan konsep wisata syariah yang terdapat pada jasa tour dari wisata tersebut seperti pemberitahuan waktu solat saat di perjalanan, disediakannya tempat solat ketika berada di pesawat, dan lain sebagainya. Bahkan, di wisata syariah segala macam makanan yang ada di dalamnya juga harus sesuai dengan hukum Islam yakni harus berupa makanan-makanan halal sehingga dapat dinikmari oleh seluruh wisatawan muslim yang berkunjung.

Prospek Wisata Syariah

Wisata syariah dan prospeknya
Prospek wisata syariah. Photo by Pixabay

Ditinjau dari segi prospeknya, ternyata wisata syariah juga memiliki potensi yang cukup besar di bidang pariwisata dalam segi ekonomi. Prospek yang besar dari wisata syariah ini tidak hanya berkaitan dengan produk-produk halal saja seperti berbagai macam kuliner yang ada di dalamnya. Melainkan juga berkaitan dengan pelayanan-pelayanan yang juga sesuai dengan hukum Islam termasuk yang memiliki hubungan erat dengan interaksi antara wisatawan laki-laki dengan perempuan.

Dan untuk perkembangan dari wisata syariah ini juga masuk ke dalam kategori industri wisata yang memiliki pertumbuhan besar dibandingkan dengan wisata lain. Bukan hanya itu saja, wisata syariah juga diprediksi akan menjadi sebuah generator yang cukup besar sebagai bisnis langsung yang tergolong pada bisnis jangka panjang disertai dengan pendapatan maksimum. Wisata halal juga memiliki prospek yang sangat bagus sebab memiliki pertumbuhan 100% lebih cepat dibandingkan dengan sektor wisata lainnya. Dan pada prediksi sebelumnya, wisata syariah di tahun 2020 ini juga akan mengalami pertumbuhan hingga $200 miliar.

Jika kamu ingin lebih menjangkau wisata syariah lebih jauh lagi supaya bisa mencapai sejumlah goal sesuai dengan target, maka pelajari wisata syariah dengan baik. Pastikan setiap aspek yang kamu buat untuk bisnis wisata syariah kamu tidak bertentangan dengan syari’at Islam.

Prospek akan semakin bagus jika memperhatikan beberapa hal seperti kesesuaian destinasi sebagai tujuan liburan, tingkat pelayanan serta fasilitas, dan inisiatif pemasaran. Nah, selesai sudah pembahasan berkaitan dengan wisata syariah dan juga prospeknya. Semoga informasi di atas dapat memberikan pencerahan bagi kamu yang penasaran atau bahkan sudah ingin terjun ke bidang wisata syariah.

You may also like...