Agar Perjalanan Mudik Aman Sampai Tujuan, Terapkan Tips Berikut Ini!

Agar Perjalanan Mudik Aman
Agar Perjalanan Mudik Aman Sampai Tujuan, Terapkan Tips Berikut Ini! Photo by Pixabay
Waktu baca: 3 menit

Persiapkan diri dengan baik agar perjalanan mudik aman hingga ke kampung halaman. Persiapan ini mencakup banyak hal. Kamu harusnya mempersiapkannya semuanya dengan matang.

Masalahnya, terkadang ada beberapa pemudik yang kurang persiapan. Hanya saja, pemudik memaksakan diri untuk melakukan perjalanan. Pada akhirnya, perjalanannya terganggu sehingga membuatnya kesulitan sendiri di tengah jalan.

Supaya tidak terganggu perjalanan mudik tahun ini, persiapkan diri semaksimal mungkin. Lantas, apa saja yang perlu dipersiapkan agar perjalanan mudik aman? 

Baca juga: Larangan Saat Mudik yang Perlu Dihindari Agar Perjalanan Lebih Lancar

Persyaratan Perjalanan Mudik

Penuhi apa saja yang menjadi syarat perjalanan mudik tahun ini. Tujuannya supaya kamu tidak mengalami kesulitan untuk pulang ke kampung halaman.

Jika mudik dengan kendaraan pribadi, pastikan sudah memiliki SIM. Ini menjadi surat yang diperlukan oleh pengendara di jalanan.

Intinya, apapun yang berkaitan dengan keperluan perizinan di jalanan, siapkan semuanya. Tujuannya agar perjalanan mudik ini lebih lancar dan aman.

Siapkan Fisik yang Prima

Mempersiapkan fisik yang lebih prima juga sebuah keharusan. Kenapa? Karena fisik yang prima dibutuhkan untuk mendukung aktivitas mudik yang lebih baik.

Tidur yang cukup sebelum melakukan perjalanan mudik harusnya diagendakan. Tujuannya agar tubuh lebih bugar dan tidak mengalami kantuk di tengah perjalanan.

Selain mencukupkan istirahat, mengonsumsi makanan yang bergizi berimbang juga sebuah keharusan. Terlebih, makanan yang bertenaga ini diperlukan untuk mempersiapkan fisik yang lebih baik ketika dalam keadaan berpuasa.

Sebelum melakukan perjalanan, jangan lupa juga untuk melakukan pemeriksaan Kesehatan di fasilitas Kesehatan. Pemeriksaan ini dimaksudkan untuk mengetahui kesiapan fisik.

Di samping itu, pemeriksaan ini memungkinkan pemudik untuk membawa obat-obatan yang dibutuhkan sesuai dengan kondisi kesehatannya. Apabila dibutuhkan di tengah perjalanan, pemudik tidak perlu repot-repot mencarinya lagi.

Tentukan Moda Transportasi

Tips agar perjalanan mudik aman yang selanjutnya adalah menentukan moda transportasi yang akan digunakan. Ini harus dipikirkan sejak awal oleh calon pemudik.

Diketahui bahwa ada banyak opsi yang bisa dipilih oleh pemudik. Di antaranya adalah mudik dengan menggunakan bus, kereta api atau menggunakan kendaraan pribadi.

Jenis moda transportasi ini bisa dipilih dengan berbagai pertimbangan. Mulai dari mempertimbangkan biaya, jumlah anggota keluarga yang diajak mudik hingga waktu keberangkatan dan rutenya.

Misalnya bila hendak mudik tanpa khawatir kelelahan, maka pilihannya adalah mudik dengan menggunakan bus atau kereta api. Karena, mudik dengan kendaraan umum ini tidak menuntut kamu supaya menyetir. Tetapi, cukup duduk dan istirahat di dalam kendaraan sampai lokasi tujuan.

Tentukan Waktu yang Tepat untuk Mengawali Mudik

Agar perjalanan mudik aman dan minim kemacetan, pemilihan waktu sangatlah menentukan. Dan ini harusnya dipelajari oleh setiap pemudik.

Secara umum, arus mudik ini akan mengalami peningkatan pada jam-jam tertentu. Dan ini sudah sering terjadi dari tahun-tahun sebelumnya.

Artinya, ada waktu favorit yang mana sering dimanfaatkan pemudik untuk mengawali perjalanan mudik. Dan waktu ini harusnya dihindari jika ingin mudik tanpa terjebak kemacetan parah.

Adapun waktu paling favorit adalah setelah berbuka puasa serta setelah sahur. Tetapi umumnya, peningkatan terjadi setelah berbuka puasa.

Alasannya, pemudik tidak akan mengalami kepanasan. Kemudian, perut juga dalam keadaan terisi atau kenyang.

Tetapi bagi kamu yang ingin mudik dengan nyaman, justru waktu tersebut sebaiknya dihindari. Kamu perlu mencari waktu yang mana tidak banyak dimanfaatkan pemudik untuk mengawali perjalanan.

Dengan mengawali perjalanan pada waktu yang longgar, perjalanan ke depannya juga akan lebih tenang. Artinya, tidak selalu terjebak kemacetan di perjalanan.

Bawa Perlengkapan Secukupnya

Tips selanjutnya agar perjalanan mudik aman adalah selektif dalam menentukan barang bawaan. Ini menjadi poin penting yang juga wajib diperhitungkan oleh calon pemudik.

Kenali apa saja barang yang paling dibutuhkan dalam perjalanan. Barang tersebut yang harusnya dibawa. Kemudian barang yang sekiranya kurang diperlukan, maka sebaiknya ditinggalkan saja.

Contoh perlengkapan yang amat penting dibawa adalah uang, ATM, obat-obatan, surat jalan dari kendaraan dan lain sebagainya. Pastikan semuanya dibawa agar tidak terganggu perjalanannya.

Apabila hendak membawa barang seperti pakaian, usahakan untuk packing dengan rapi. Setidaknya, packing yang rapi membuat kamu tidak kesulitan untuk menempatkan atau membawanya dalam kendaraan.

Istirahat Per 4 Jam Ketika Mudik Mandiri

Tips agar perjalanan mudik aman ini khusus bagi yang melakukan mudik mandiri. Artinya, pemudik pulang kampung dengan menggunakan kendaraan pribadi. Contohnya adalah mobil atau sepeda motor.

Jika mudik dengan berkendara sendiri, pastikan untuk istirahat di rest area atau posko yang disediakan di jalanan. Usahakan untuk istirahat maksimal 4 jam sekali. Tujuannya untuk mengistirahatkan tubuh sekaligus mengembalikan konsentrasi.

Ketika beristirahat, cukup lakukan seperlunya saja. Jangan terlalu lama di rest area. Karena bila terlalu lama, justru hal ini bisa menimbulkan penumpukan.

Penumpukan pemudik di rest area juga bisa menjadi masalah baru. Yakni, menimbulkan ketidaknyamanan antar pemudik.

Selama berada di tempat istirahat, maksimalkan betul waktu tersebut. Mulai dengan istirahat atau pun sekedar melakukan peregangan.

Apabila sudah cukup, silahkan lanjutkan kembali perjalanan mudik. Selain itu, pastikan untuk berkendara dalam kecepatan yang normal.

Selalu patuhi batas kecepatan yang ditentukan di perjalanan. Dengan mematuhinya, kamu bisa menikmati perjalanan mudik sekaligus merasa lebih aman sampai kampung halaman.

Kesimpulannya, siapkan segala sesuatu yang diperlukan untuk mudik tahun ini. Persiapannya mencakup fisik hingga hal yang dibutuhkan dalam perjalanan seperti obat-obatan. Kemudian, tentukan waktu dan moda transportasinya. Dengan begitu, keinginan kamu agar perjalanan mudik aman bisa didapatkan.

Mungkin Anda juga menyukai