Tips Keuangan 30 Tahun untuk Masa Depan yang Lebih Bahagia

Tips Keuangan 30 Tahun
Tips Keuangan 30 Tahun untuk Masa Depan yang Lebih Bahagia. Photo by Pexels
Waktu baca: 3 menit

Beberapa anak muda sudah sadar pentingnya melakukan perencanaan keuangan. Jika kamu salah satunya, kamu perlu tahu tips keuangan 30 tahun.Ini tips yang membuat kamu bisa mengontrol keuangan sehingga kamu lebih bahagia di usia 30 tahun.

Tips ini terdengar sepele tapi sangat penting. Pasalnya, sangat banyak anak muda yang usianya sudah 30 tahun terjebak dalam masalah keuangan. Mulai dari hutang yang menggunung, kredit semakin banyak, atau kebutuhan penting yang belum tercapai.

Padahal, usia 30 adalah usia di mana produktivitas sangat tinggi. Lain hal jika usia kamu sudah 40 ke atas. Produktivitas relatif sedikit menurun sementara kebutuhan semakin tinggi. Akibatnya, masalah keuangan terus berdatangan.

Untuk itu, penting sekali bagi kamu untuk menyimak tips keuangan 30 tahun jika kamu benar-benar ingin menikmati masa depan dengan lebih bahagia.

Baca juga: 5 Spending Habits yang Bikin Keuangan Sehat

Tips Mengatur Keuangan Saat Usia Mencapai 30an Tahun

Tips mengatur keuangan. Photo by Pexels

Mungkin kamu merasa bahwa kamu tidak perlu mengatur uang karena pendapatan kamu masih kecil. Justru ini penting. Ketika pendapatan kamu masih minim, saat inilah kamu harus mulai belajar mengatur keuangan. Karena ketika pendapatanmu naik nanti, kamu semakin sulit dan keuangan kamu justru semakin tak terkontrol.

Berikut ini tips keuangan 30 tahun yang bisa kamu terapkan:

  • Kontrol Pengeluaran Pasti

Mulai sekarang, kamu harus buat list apa saja yang menjadi pengeluaran yang sifatnya pasti. Mulai dari biaya makan, listrik, wifi, dan lain sebagainya. Terutama untuk kamu yang sudah memiliki anak. Catat secara detail berapa uang yang kamu wajib keluarkan setiap bulan.

Untuk kamu yang sudah memiliki istri, pastikan uang pengeluaran bulanan kamu berikan kepada istri. Biarkan istri mengelola uang tersebut. Dengan cara ini, kamu bakal lebih mudah untuk mengatur keuangan lainnya.

  • Beli Asuransi

Banyak sekali yang masih belum sadar pentingnya asuransi. Padahal, ini sangat diperlukan. Bayangkan saja kamu mengalami masalah seperti sedang sakit. Kamu harus dirawat di RS yang biayanya pasti mahal. Belum lagi kamu kehilangan waktu untuk bekerja sehingga pendapatan kamu tidak ada.

Jika kamu bisa membayangkan hal tersebut, kamu pasti tahu pentingnya asuransi, terutama asuransi kesehatan. Kamu tidak perlu membeli semua premi asuransi. Pilih saja yang paling kamu perlukan. Lalu, sesuaikan dengan kemampuan finansial kamu. Dalam kasus ini, asuransi kesehatan sepertinya wajib dimiliki oleh siapa saja.

Baca juga: 4 Jenis Asuransi Jiwa di Indonesia yang Perlu Diketahui

  • Selesaikan Utang

Kamu punya utang? Rencanakan kapan kamu mau menyelesaikan utang. Semakin cepat kamu membayar utang, itu jauh lebih baik. Terutama utang dengan bunga yang sangat tinggi.

Di usia 30 tahun, kebutuhan kamu semakin banyak. Apalagi jika anak sudah mulai masuk sekolah. Atau bahkan mungkin di dalam rumah, ada anggota keluarga baru bertambah. Jelas sekali kebutuhan semakin meningkat.

Agar keuangan kamu tidak terbebani, segera selesaikan hutang. Buat timeline yang pasti kapan kamu terbebas dari hutang. Hidup kamu pasti lebih nyaman. Dan kamu menjadi lebih leluasa untuk mengatur uang.

  • Mulailah Berinvestasi

Tips keuangan 30 tahun yang satu ini bisa kamu terapkan ketika kamu memiliki uang lebih. Artinya, pendapatan yang kamu miliki sudah bisa kamu gunakan untuk memenuhi kebutuhan pokok, membayar hutang, dan membeli premi asuransi tertentu.

Menyimpan uang di bank bukan cara yang bijak. Pasalnya, nilai uang terus menurun. Berbeda jika kamu investasikan uang tersebut. Memang ada risiko rugi. Akan tetapi, ada potensi uang bertambah atau setidaknya nilainya tidak turun.

Pilihlah investasi yang kamu mampu. Yang paling mudah dengan modal yang relatif kecil seperti investasi reksadana atau investasi emas. Ketika sudah terkumpul banyak, kamu bisa pindah investasi ke hal yang lain seperti tanah atau properti.

  • Rencanakan Biaya Pendidikan

Ketika kamu sudah memiliki anak dan sudah masuk usia sekolah, akan lebih baik jika kamu siapkan dana pendidikan mulai dari sekarang. Kamu bisa tabung sendiri atau membeli asuransi pendidikan. Cara yang paling mudah dilakukan dan cenderung aman adalah menyisihkan uang untuk membeli emas setiap hari sebagai tabungan pendidikan. Kenapa? Karena harga emas relatif naik. Emas bisa kamu jual ketika anak mulai masuk sekolah nanti.

  • Tingkatkan Dana Pensiun

Usia produktif itu ada batasnya. Ada masa di mana kamu tidak lagi produktif. Agar kamu bisa menikmati hari tua, mulailah menabung dana pensiun. Bayangkan kamu sudah kakek atau nenek dan kamu punya tabungan yang banyak. Kamu tetap bisa membelikan sesuatu untuk anak atau cucu nanti. Dan yang pasti, kamu tidak membebani keuangan anak kamu di usia senja.

Itulah tips keuangan 30 tahun yang simple tapi penting untuk kamu pertimbangkan. Semakin dini kamu merencanakan keuangan, hidup kamu akan semakin teratur dan bahagia. Karena yang diperlukan bukan uang dalam jumlah yang banyak tapi uang yang bisa kamu atur dengan baik.

Mungkin Anda juga menyukai