Liburan Pake Kartu Kredit? Ini Untung dan Ruginya

Liburan pake kartu kredit.
Liburan pake kartu kredit. Photo by @odiin
Bagikan:
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  

Waktu baca: 3 menit

Saat ini kartu kredit sudah jadi alat pembayaran yang biasa digunakan oleh sebagian masyarakat. Hal itu karena kamu bisa dengan mudah melakukan pembayaran dan banyak promo yang diberikan. Terlebih saat liburan kamu pake kartu kredit, maka akan menjadi lebih praktis.

Namun di luar semua itu, saat memutuskan liburan pake kartu kredit kamu harus siap untuk menampung risikonya. Mengingat pengeluaran saat liburan bisa saja masuk dalam kategori perilaku konsumtif.

Jika kamu tidak bijak dalam menggunakannya, bisa jadi kartu kredit menimbulkan masalah setelah liburan selesai. Maka dari itu, pastikan kamu memahami keuntungan serta kerugian saat liburan pake kartu kredit sehingga alat pembayaran yang satu ini bisa digunakan dengan tepat dan bijak.

Baca juga: Apa Sih Beda antara PayLater dan Kartu Kredit?

Berikut ini keuntungan dan kerugian dari penggunaan kartu kredit saat liburan yang perlu kamu ketahui.

Keuntungan

Keuntungan liburan pake kartu kredit.
Keuntungan menggunakan kartu kredit saat liburan. Photo by Pexels

Dalam penggunaan kartu kredit, biasanya pengguna akan memilih jenis yang sesuai dengan kondisi dan kebutuhan. Terlebih, masing-masing jenis kartu kredi punya manfaat yang berbeda-beda. Namun, apapun jenis yang sudah dimiliki, kamu tetap bisa mendapatkan sejumlah keuntungan saat menggunakan kartu kredit saat liburan. Keuntungannya adalah sebagai berikut.

Mendapat fasilitas cicilan

Kartu kredit memungkinkanmu menikmatif fasilitas cicilan, bahkan saat kamu sedang berlibur. Hal ini akan sangat membantumu, apalagi jika kamu belum punya dana yang cukup untuk rencana perjalanan liburan yang sudah disusun. Daripada ditunda atau dibatalkan, akan lebih baik jika kamu menggunakan fasilitas cicilan untuk mewujudkan liburan impianmu. Hal tersebut tidak ada masalah, asal saat pembayaran cicilan bisa tepat waktu.

Punya dana cadangan

Saat liburan kamu harus melakukannya dengan nyaman dan aman. Terutama saat kamu punya destinasi liburan yang ke berbagai tempat yang bisa dikatakan jauh. Membawa uang tunai yang banyak pasti akan merepotkan.

Maka dari itu, kamu butuh alat pembayaran yang praktis untuk dibawa ke mana saja seperti kartu kredit. Selain itu, kamu juga akan memiliki sejumlah dana cadangan. Jadi, jika sewaktu-waktu kamu mengalami suatu masalah atau kendala dalam perjalan maka kamu bisa menggunakan kartu kreditmu tersebut.

Menikmati promo yang menguntungkan

Kartu kredit biasanya menawarkan banyak promo, seperti tiket murah hingga diskon makan di berbagai restoran. Kamu bisa menikmati semua itu selama liburan dan liburanmu bisa lebih hemat serta berkesan.

Booking online lebih praktis

Dengan menggunakan kartu kredit, kamu bisa melakukan booking secara online dengan lebih mudah dan praktis. Sebab, kartu kredit bisa digunakan untuk memesan tiket secara online melalui berbagai platform yang tersedia seperti Traveloka, Klook, dan lain sebagainya tanpa perlu repot-repot mendatangi agen perjalan yang konvensional. Dengan begitu, kamu akan lebih menghemat waktu dan tenaga. Selain itu, booking secara online ini bisa menghemat biaya perjalanan. Sebab, biasanya ada promo atau diskon yang ditawarkan serta poin reward yang bisa didapatkan setiap kali bertransaksi.

Baca juga: Menggunakan Kartu Kredit Lebih Hemat dengan 5 Tips Mudah

Kerugian

Kerugian liburan pake kartu kredit.
Kerugian menggunakan kartu kredit saat liburan. Photo by Pixabay

Tidak hanya keuntungan saja, kartu kredit juga dapat menimbulkan sejumlah masalah saat digunakan untuk liburan. Maka dari itu, sebelum memutuskan menggunakan kartu kredit kamu harus tahu beberapa kerugian yang akan disebutkan di bawah ini.

Lebih konsumtif

Saat berlibur biasanya kebanyakan orang akan dengan mudah mengeluarkan uang bahkan hingga melebihi rencana budget untuk liburan. Apalagi saat menggunakan kartu kredit, kamu makin berisiko untuk melakukan hal itu. Tinggal gesek, semua hal bisa dibayar. Hal itulah yang membuat kamu bisa membelanjakan lebih banyak uang di luar rencanamu.

Rencana keuangan berantakan

Saat kamu memiliki limit kartu kredit yang besar, maka kemungkinan besar kamu akan lebih banyak membelanjakan uang selama liburan. Bahkan kamu menggunakannya untuk hal-hal yang tidak perlu. Hal itu akan membuat rencana keuangamu berantakan, apalagi jika sudah melampaui batas budget liburan yang sudah kamu susun.

Punya utang baru

Penggunaan kartu kredit saat liburan sangat berisiko membuatmu memiliki sejumlah utang baru. Bahkan mungkin saja bisa lebih buruk jika ternyata tidak merencanakan anggaran liburan dengan jelas sejak awal. Jika sudah begitu, maka sepulang liburan kamu akan mendapatkan masalah keuangan akibat tagihan kartu kredit yang membengkak.

Kartu kredit hilang

Kartu kredit bisa jadi pisau bermata dua bagi kamu. Memang praktis saat menggunakan kartu kredit, namun kamu bisa mendapatkan cukup risiko jika kartu kreditmu hilang. Bisa-bisa, orang yang menemukan kartu kreditmu akan menggunakan hingga menguras saldo yang ada, sementara kamu akan tetap membayar tagihan dari transaksi yang tidak kamu lakukan.

Itulah beberapa untung dan rugi liburan pake kartu kredit. Dengan mengetahuinya, kamu bisa menjadikannya sebagai pertimbangan. Pastikan kamu memahami untung dan ruginya menggunakan kartu kredit sehingga bisa menggunakannya dengan tepat dan bijak.


Bagikan:
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  

You may also like...