Langkah Jitu Memajukan UMKM Setelah Dapatkan Modal

Memajukan UMKM
Waktu baca: 4 menit

Usaha Mikro Kecil dan Menengah atau UMKM di Indonesia menjadi salah satu industri yang mengalami perkembangan sangat cepat. Tak heran jika UMKM menjadi penyumbang pertumbuhan ekonomi di Indonesia dengan nilai pertumbuhan mencapai 60 persen. Dengan banyaknya UMKM, pinjaman online berbasis fintech seperti peer-to-peer lending tidak menutup kemungkinan pinjaman tersebut dapat sangat membantu kemajuan usaha para pemilik UMKM.

Setelah pengusaha memiliki modal, tentu butuh strategi agar modal yang diterima bisa digunakan untuk memajukan UMKM. Berikut beberapa langkah yang bisa kamu ikuti untuk memajukan UMKM milikmu.

Susun rencana keuangan

Susun rencana setelah dapat modal.
Susun rencana keuangan setelah mendapatkan modal usaha. Photo by Rawpixel

Walaupun usahamu tergolong usaha kecil dan menengah, bukan berarti kamu tidak perlu menyusun rencana keuangan dengan transparan dan terstruktur. Rencana keuangan ini bisa dibilang menjadi hal yang sangat penting dalam memajukan suatu bisnis. Dengan rencana keuangan, kamu bisa menyusun strategi bisnis dengan baik. Selain itu, kamu bisa memberikan gambaran dan motivasi untuk lebih mengembangkan bisnis UMKM.

Sering lakukan riset pasar

Riset pasar untuk dapat target yang tepat.
Riset pasar untuk mendapatkan target yang tepat. Photo by @nickmorrison

Dengan melakukan riset pasar, itu bisa menjadi salah satu pilihan investasimu. Walaupun terdengar rumit, sebenarnya riset pasar adalah hal yang cukup mudah dilakukan dan dapat memberikan dampak positif untuk kemajuan bisnismu. Adapun cara mudah yang bisa kamu lakukan untuk riset pasar ialah dengan melakukan komunikasi langsung dengan para pelanggan. Dari komunikasi ini, kamu bisa mencatat saran dan kritik terkait produk atau jasa yang kamu jual-belikan. Riset ini dapat membantumu mengetahui apa yang sedang jadi tren di pasar dan apa yang dibutuhkan masyarakat saat ini.

Pilih sumber daya manusia yang berkualitas

Pilih pegawai yang kompeten dan profesional.
Pilih pegawai yang kompeten dan profesional untuk melakukan tugasnya di usaha atau bisnismu. Photo by Pixabay

Banyak sekali pebisnis yang terlalu fokus dengan produk atau jasa yang ditawarkan hingga melupakan sumber daya manusia yang jadi poros pendukung bisnisnya. Dengan sumber daya manusia yang berkualitas, kamu bisa mempersiapkan perkembangan bisnismu dengan baik dan performa bisnismu akan bertambah.

Tingkatkan kreativitas dan inovasi

Jadi kreatif dan inovatif untuk memajukan UMKM.
Jadilah kreatif dan inovatif agar usahamu berkembang. Photo by Pixabay

Suatu usaha atau bisnis bisa bertahan lama jika mampu beradaptasi dengan perkembangan zaman. Beberapa cara adaptasi yang bisa dilakukan ialah meningkatkan kreativitas dan inovasi. Sebagai contoh, saat kamu menjalani bisnis kaos, kamu bisa berkreasi dengan mengubah produk dan design sesuai dengan tren saat itu. Jangan lupa lakukan riset pasar dan terus belajar untuk melakukan banyak perubahan.

Promosikan UMKM dengan tepat

Lakukan promosi dengan tepat.
Rencanakan dan lakukan promosi dengan tepat. Photo by Rawpixel

Dalam melakukan promosi untuk produkmu, pasti membutuhkan dana entah sedikit atau banyak. Maka dari itu, kamu harus bisa melakukan promosi dengan tepat. Jangan asal promosi seperti menyebar brosur tanpa tahu target konsumennya. Selain itu, kamu juga harus melakukan promosi dengan aktif, cepat, dan konsisten. Semakin sering konsumen melihat iklan untuk promosi produkmu, maka bisnismu akan semakin berbekas di benak mereka.

Ikuti perkembangan teknologi

Ikuti perkembangan teknologi.
Perkembangan teknologi perlu diikuti oleh pelaku usaha. Photo by @gilleslambert

Di era yang serba digital ini, jangan sampai bisnismu tidak ikut melakukan perkembangan dengan mengikuti teknologi termutakhir. Selain membantu untuk promosi dan penjualan, teknologi bisa membantumu dalam proses operasional. Seluruh proses bisnis bisa dibantu dengan adanya teknologi. Informasi lebih cepat sampai kepada pelanggan, transaksi lebih cepat dan transparan, dan lain-lain. Itulah alasannya mengapa UMKM perlu go digital atau mengikuti perkembangan teknologi terkini.

Jangan mudah menyerah

Jangan menyerah untuk memajukan UMKM.
Jangan menyerah dalam menjalankan usahamu. Photo by Pixabay

Dalam menjalankan bisnis, pasti akan ada saat-saat bisnismu sedang berjaya dan juga berada di bawah. Suatu bisnis bisa dikatakan sukses itu apabila tidak pernah menyerah saat gagal. Dengan kegagalan yang didapatkan, jadikanlah sebagai bahan evaluasimu ke depannya agar kesalahan yang sama tidak terulang kembali. Selalu fokus dengan proses yang dilalui serta jangan mudah menyerah dengan kondisi yang kamu hadapi.

Itulah hal yang bisa dilakukan untuk memajukan UMKM yang kamu jalani setelah mendapatkan modal. Bagi UMKM yang memang sedikit kesulitan mendapatkan pendanaan, kamu bisa memanfaatkan peer-to-peer lending untuk mendapatkan modal agar usahamu makin berkembang. Terus berusaha dan jangan menyerah serta jangan lupa untuk terus berinovasi agar usahamu bisa maju.

You may also like...

Leave a Reply