Alasan Mengapa UMKM Perlu Go Digital

Pentingnya UMKM Go Digital
Waktu baca: 4 menit

Sebagai penopang ekononomi tanah air, Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) perlu melakukan sejumlah penyesuaian dan perkembangan, salah satunya dengan cara go digital. UMKM go digital sendiri dapat memaksimalkan peluang statusnya sebagai penopang ekonomi Indonesia tersebut. Sayangnya, hingga akhir tahun 2018 lalu, tercatat dari total 58,91 juta usaha mikro, 59.260 usaha kecil, dan 4.987 usaha menengah, baru 5 persen yang sudah go digital.

Jumlah tersebut sangat jauh bila dibandingkan dengan Amerika Serikat, yang 90 persen usahanya sudah go digital. Tentu saja, ketertinggalan Indonesia dimaklumi. Namun, sudah saatnya bagi UMKM Indonesia untuk go digital karena beberapa alasan. Apa saja? Berikut informasinya!

Pemasaran digital mengurangi biaya dan menghemat waktu

Melalui pemasaran digital, UMKM dapat menghemat waktu dan uang. Selain itu, untuk target audiens dan demografis dapat diatur secara khusus, baik melalui iklan ataupun mesin pencari. Beberapa bisnis menjalankan seluruh operasi secara online untuk meminimalkan biaya. Manfaatnya, pelanggan dapat kembali ke situs web bisnis kapan saja untuk mendapat informasi atau melakukan pembelian.

Di sisi lain, perusahaan juga tidak perlu bersusah payah dalam membangun kehadiran di situs media sosial populer seperti Facebook, Instagram, Twitter atau YouTube. Media sosial sangat bermanfaat bagi UMKM, karena tidak hanya gratis namun juga memberimu kesempatan untuk membuat komunitas bagi konsumen yang dapat menarik lebih banyak konsumen.

Membangun interaksi dengan konsumen

UMKM go digital memfasilitasi interaksi dengan pelanggan. Sebelumnya, pengalaman berbelanja untuk pelanggan termasuk berpindah dari satu toko ke toko lain, mencoba dan menguji barang, dan kemudian melakukan pembelian. Sebagai pemilik bisnis, sulit bagimu untuk membangun koneksi dengan pelanggan karena, cepat atau lambat, mereka akan meninggalkan tokomu.

Saat ini, pengalaman berbelanja tidak berakhir saat pelanggan meninggalkan toko, dan sebagai pemilik bisnis, kamu dapat berinteraksi dengan mereka melalui media sosial. Selalu perbarui pelanggan dengan informasi produk terkini, seperti informasi diskon dan sale seasons, dengan melibatkan mereka di media sosial. Kamu bahkan dapat melangkah lebih jauh dengan mengadakan kegiatan giveaway ataupun kontes yang dapat meningkatkan brand awareness.

Jangkauan yang lebih luas

Dengan go digital, memungkinkan jangkauan tokomu lebih banyak dengan biaya yang lebih sedikit. Baik memiliki situs web atau berbagai akun media sosial (atau keduanya), orang yang tertarik dengan produk atau bisnismu dapat dengan mudah mencari perusahaanmu di internet. Mereka juga dapat terhubung dan memanfaatkan produk dan layanan dengan satu sentuhan tombol saja

umkm go digital menjangkau lebih luas
Dengan Go Digital, jangkauan bisnis UMKM bisa lebih luas via @nordwood

Selain itu, dengan memiliki jangkauan luas, kamu juga memiliki tingkat kesuksesan yang lebih tinggi. Jika 10% dari pelanggan potensialmu mengonversi menjadi penjualan, 10% dari 100.000 lebih tinggi dari 10% dari 10.000, sehingga memiliki audiens yang lebih luas memberikan peluang untuk pendapatan yang lebih tinggi.

Branding UMKM Go Digital

UMKM go digital dapat membangun branding yang penting bagi kesuksesan UMKM. Tidak hanya menampilkan keahlianmu, branding juga dapat membuatmu lebih mudah diingat. Pembaruan blog secara rutin dan posting media sosial yang menarik dapat meningkatkan branding. Gunakan ide-ide kreatif untuk menghibur dan menginformasi audiensmu. Ide-ide tersebut bisa berupa apa saja, selama manarik bagimu dan audiens. Cara ini memberi konsumen alasan untuk terus kembali ke situs web dan mempertahankan bisnismu di garis depan pikiran mereka.

Baca juga: Wow, Berikut 6 Peluang Bisnis yang Menggiurkan di Tahun 2019!

Lebih efisien

UMKM go digital juga lebih efisien karena kamu dapat mengotomatisasi beberapa sistem dan proses dan fokus pada aspek yang lebih penting. Efisiensi UMKM go digital bisa melalui otomatisasi penggajian karyawan atau penyediaan platform online untuk berbelanja. Otomatisasi penggajian karyawan membuatmu tidak perlu mengirim kurir ke bank dan menghabiskan berjam-jam hanya untuk menyetorkan gaji.

Sedangkan penyediaan platform online memberikan pelangganmu proses pembelian yang lebih cepat. Bagi Anda, platform online memudahkan proses pelacakan inventaris dan hal-hal penting lainnya jika semua informasi yang kamu butuhkan bisa diakses secara online. Cara ini menghemat waktumu untuk fokus pada aspek-aspek lain dari bisnis, seperti bertukar pikiran tentang ide-ide produk baru atau bagaimana menyusun strategi untuk musim liburan berikutnya.

Memaksimalkan potensi bisnis

Sulit membayangkan orang tidak memiliki laptop atau smartphone sekarang. Setiap orang sepertinya selalu membutuhkan alat elektronik tersebut. Lebih sulit lagi membayangkan dunia tanpa internet, dan bisnis sudah seharusnya memahami dan menerima fakta ini. Nah, berbisnis online adalah tren yang sedang berkembang, dan ini adalah tren yang akan terus bertahan. Jadi, bila ingin memaksimalkan potensi bisnismu, penting bagimu untuk segera mengikuti tren tersebut melalui UMKM go digital. Hal ini memastikan keberlanjutan dan bisnis yang berumur panjang.

benefit umkm go digital
Kini kamu bisa melakukan lebih banyak aktivitas via @carlheyerdahl

Go digital mungkin menakutkan bagi UMKM yang memiliki sedikit atau tanpa pengalaman online.  Mulai dari menyewa pengembang untuk membuat situs web atau mengasah kemampuan membuat foto yang Instagram-worthy, banyak aspek yang harus kamu kuasai untuk memulai UMKM go digital dan kamu mungkin tidak tahu harus mulai dari mana.

Jangan khawatir, yang terpenting adalah memulai, bahkan jika kamu hanya mengambil langkah kecil. Beberapa alasan di atas juga lebih dari cukup untuk membuatmu yakin untuk membuat UMKM milikmu go digital, bukan? Good luck!

You may also like...

Leave a Reply