Memahami Skala Prioritas, Kegunaan Dan Cara Menyusunnya!

ilustrasi skala prioritas suatu perusahaan
Memahami Skala Prioritas, Kegunaan Dan Cara Menyusunnya! Photo by Pexels
Waktu baca: 3 menit

Sudahkah kamu mengenal apa yang dimaksud dengan skala prioritas? Apa manfaatnya bagi bisnis? Dan, bagaimana cara menyusunnya dengan benar?

Menjalankan sebuah bisnis di tengah gempuran persaingan memang butuh sebuah rencana. Kurangnya perencanaan, maka Kamu harus siap untuk menghadapi pahitnya kegagalan.

Tidak hanya itu saja, Kamu berisiko mengalami kesulitan untuk bangkit. Alasannya, Kamu tidak mengetahui apa yang seharusnya Kamu lakukan.

Sederhananya, Kamu tidak memiliki kejelasan langkah yang mana membuat perjalananmu tampak membingungkan. Jika tidak menginginkannya, susunlah skala prioritas dengan cermat.

Apa Itu Skala Prioritas

ilustrasi skala prioritas
Skala prioritas. Photo by Pexels

Apa yang dimaksud dengan skala prioritas? Secara umum, istilah ini dipahami sebagai daftar yang tersusun dari berbagai ukuran sesuai dengan tingkat kebutuhan seseorang.

Susunan ini memungkinkan seseorang dapat menentukan kebutuhan mana yang perlu didahulukan lantaran sifatnya sangat penting. Sebaliknya, seseorang pun dapat menunda hal lain yang dinilai bisa ditunda.

Skala prioritas kebutuhan ini pun sering diterapkan dalam dunia bisnis. Penerapannya tidak ubahnya sebagai sebuah strategi. Yakni memungkinkan pengelolaan bisnis yang lebih baik.

Contohnya ialah menempatkan riset pasar hingga modal untuk membuat sebuah bisnis terlebih dahulu. Setelah itu, barulah seseorang akan membuat sejumlah langkah yang dimaksudkan agar bisnis dapat beroperasi sebagaimana mestinya.

Singkatnya, ada susunan rencana yang dibedakan mana yang harus diutamakan dan ditunda. Dengan adanya susunan rencana tersebut, seseorang tidak akan mengalami kebingungan dalam melangkah ke depannya.

Baca juga: Rumus Dan Cara Menghitung Laba Perusahaan Secara Akurat

Manfaat Skala Prioritas

ilustrasi skala prioritas
Manfaat skala prioritas. Photo by @furtado

Bicara mengenai kegunaan, tentunya memprioritaskan sesuatu dengan mengalahkan hal lain ada manfaatnya. Terutama bagi Kamu yang menjalankan bisnis. Di antara manfaat yang akan kamu dapat sebagai berikut.

  • Fokus Pada Tujuan

Salah satu manfaat yang didapatkan dari seseorang ketika berhasil menyusun rancangan prioritas, seseorang akan lebih fokus. Terutama untuk merealisasikan tujuan dari pekerjaannya.

Seseorang pun tidak akan merasa terganggu. Pasalnya, apa yang dikerjakan saat itu memang sudah ditetapkan sebagai kegiatan yang paling utama.

Artinya, seseorang sudah mengerjakannya dengan benar. Tinggal fokus dan disiplin agar tujuan segera tercapai.

  • Efektif Mengerjakan Sesuatu

Adanya perencanaan membuat segala sesuatunya berjalan semakin mudah. Segala sesuatu yang berhubungan dengan kegiatan akan tergambar secara bertahap.

Ibarat sebuah tangga, Kamu sudah melihat beberapa anak tangga dari yang terbawah hingga teratas. Dan, kamu harus melewatinya dari bawah.

Begitulah gambaran dari sebuah rancangan kegiatan yang terencana. Tentu saja, gambaran ini memungkinkan pengerjaannya jauh lebih efektif. Artinya, tidak ada waktu yang terbuang percuma.

  • Pengukuran Kemajuan Bagus

Manfaat lainnya, seseorang bisa melihat progres dari sebuah tujuan. Ketika sudah mengetahuinya, seseorang pun bisa mengambil sebuah tindakan yang tepat.

Contohnya ialah menentukan kegiatan mana yang progresnya bagus dan butuh ditingkatkan pengerjaannya. Dari sini, seseorang bisa langsung mengeksekusinya agar tujuan segera tercapai.

Cara Menyusun Skala Prioritas

ilustrasi susunan skala prioritas
Cara menyusun skala prioritas. Photo by Pixabay

Untuk menentukan skala prioritas dalam bisnis yang tepat, Kamu perlu memperhatikan beberapa hal. Ini akan sangat menentukan pada bagus tidaknya penyusunannya. Di antaranya sebagai berikut.

  • Perhatikan Tingkat Urgensinya

Kamu perlu mendahulukan kegiatan apa saja yang sifatnya urgen atau mendesak. Ini harusnya dibuat daftar terlebih dahulu. Karena, hal inilah yang perlu disegerakan agar tidak mempengaruhi perjalanan bisnis.

Contohnya adalah biaya operasional dalam bisnis. Ini tentunya sangat penting dalam menemani usaha. Jadi, persiapannya harus didahulukan dibandingkan dengan kegiatan lainnya.

  • Nilailah Jumlah Produk

Sederhananya, ini berhubungan dengan pengelolaan stok. Kamu sebaiknya menilai jumlah produk yang ada. Setidaknya, jangan sampai produk tersebut kehabisan stok.

Di sini, perhatikan apa saja yang berkaitan dengan produk. Yang utama adalah bahan bakunya.

Ketika bahan bakunya termasuk sulit diperoleh, maka sangat penting untuk memasukkannya dalam daftar prioritas. Jadi, risiko habisnya stok produk dapat diminimalkan.

  • Pikirkan Masa Depan

Pada poin ini, kamu diminta untuk menentukan apa saja langkah yang perlu ditempuh untuk mewujudkan bisnis yang maju. Di samping itu, kamu pun butuh rencana cadangan yang nantinya bisa menjadi solusi ketika rencana awal tidak berjalan semestinya.

  • Perhatikan Kesempatan dan Kemampuan

Hal lain yang juga perlu mendapatkan prioritas adalah kemampuan dan kesempatan. Keduanya memiliki pengaruh terhadap kemajuan bisnis.

Pastikan untuk menitikberatkan pada kemampuanmu. Contohnya kemampuan dalam mengelola SDM atau menyusun anggaran.

Jika memiliki ini, usahakan agar diprioritaskan. Setidaknya, Kamu akan memiliki nilai yang mana mampu dimaksimalkan untuk menjalani pekerjaan.

Sementara itu, Kamu juga perlu mengutamakan pada kesempatan. Contohnya bila ada kesempatan baik yang hanya datang satu kali untukmu, pertimbangkanlah untuk mengambilnya.

Kamu bisa mengutamakannya meskipun kamu perlu mengubah rencana di bisnis. Misalnya menunda beberapa hal.

Itulah penjelasan singkat dari apa yang dimaksud dengan skala prioritas. Pertimbangkan apa yang seharusnya dilakukan. Kemudian, kerjakan dengan penuh fokus agar kemajuan dari bisnis segera didapatkan.

Artikel Lainnya