Prospek Bisnis Ikan Cupang di Tahun 2021

bisnis ikan cupang
Prospek bisnis ikan cupang tahun 2021. Photo by Trubus
Bagikan:

Waktu baca: 3 menit

Bagaimana prospek bisnis ikan cupang di tahun 2021? Apakah masih menggiurkan seperti tahun-tahun sebelumnya? Sebab kamu tahu sendiri jika prospek usaha ikan cupang beberapa tahun ini sangatlah prestise. Bisnis ikan hias, utamanya cupang memang baru naik tahun. Terlebih lagi dalam beberapa tahun ini. Ditambah lagi adanya pandemi COVID-19 membuat banyak orang lebih banyak menghabiskan waktunya di rumah. 

Agar tidak bosan, banyak masyarakat yang mencoba kegiatan baru. Salah satunya adalah dengan memelihara ikan hias. Dan salah satu ikan hias yang paling banyak dipelihara adalah ikan cupang ini. 

Mengenal Jenis Ikan Cupang 

Mengenal jenis ikan cupang. Photo by Popbela

Berbicara mengenai jenis ikan cupang, umumnya bisa dikategorikan menjadi 2 jenis atau kelompok. Pertama adalah ikan cupang hias. Dan yang kedua adalah ikan cupang adu. Sebagai orang yang ingin bisnis ikan cupang, sangat penting untuk tahu hal paling mendasar seperti ini. 

Ikan Cupang Hias 

Jenis ikan cupang pertama adalah ikan cupang hias. Ikan cupang hias ini umumnya hanya untuk dinikmati keindahannya saja. Sehingga bentuk, corak, warna, hingga gerakannya sangat menentukan mahal tidaknya harga ikan cupang. 

Ikan Cupang Aduan

Jenis kedua dari ikan cupang adalah ikan cupang aduan. Ikan cupang jenis ini umumnya digunakan untuk kompetisi aduan. Sehingga ketika menang dalam sebuah kompetisi, maka secara otomatis harganya pun akan naik secara drastis. 

Selain berdasarkan dua hal tadi, sebenarnya spesies dari ikan cupang ini sendiri sangatlah banyak. Tercatat lebih dari 73 jenis spesies ikan cupang yang ada di dunia. Sayangnya tidak semua spesies ikan cupang tersebut memiliki nilai jual. Bahkan ada cukup banyak yang tidak memiliki nilai jual. 

Jika memang seperti itu, lalu apa saja spesies ikan cupang yang memiliki nilai jual tinggi? Utamanya yang sering di banderol dengan harga mahal. Beberapa jenis ikan cupang yang memiliki nilai jual umumnya berasal dari kelompok splendens complex. 

Nah, beberapa contoh ikan cupang dari kelompok splendens complex misalnya seperti Betta imbellis, Betta Smaragdina, Betta stikos, Betta splendens, dan Betta mahachai. Untuk kamu yang ingin usaha ikan cupang bisa menjual yang jenis tadi. 

Baca juga: Jenis Kerajinan Eceng Gondok yang Populer di Internasional

Prospek Bisnis Ikan Cupang 

bisnis ikan cupang
Propsek bisnis ikan cupang. Photo by Tribunnews

Di tahun 2021 ini kira-kira seperti apa prospek usaha ikan cupang? Prospek bisnis ikan cupang di tahun 2021 ini diprediksi masih sangat bagus. Alasannya adalah peminat ikan cupang hingga saat ini bisa dikatakan cukup besar. Bahkan bisa dibilang cenderung mengalami peningkatan. 

Di tambah lagi pandemi COVID-19 hingga saat ini belum bisa dikatakan telah usai. Meskipun pemerintah sudah berhasil mendatangkan vaksinnya sekalipun. Namun jika melihat data yang ada di lapangan masih terjadi peningkatan jumlah setiap harinya. 

Itulah kenapa beberapa minggu ini pemerintah kembali memberlakukan PSBB di beberapa daerah. Dengan demikian, aktivitas masyarakat pun sebagian besar akan kembali lagi dilakukan di rumah. 

Di tambah lagi kamu tidak bisa menafikan komunitas hobi ikan cupang di Indonesia. Komunitas ini justru semakin meningkat di tahun 2021 ini. Oleh sebab itu bisa dikatakan bisnis ini masih cukup menjanjikan untuk dipilih. 

Meskipun demikian, ada baiknya kamu tidak hanya menjual ikan cupang saja. Ada baiknya untuk menambah koleksi jenis ikan hias lainnya. Misalnya seperti ikan guppy, ikan koi, ikan platy, ikan molly, ikan mas koki, dan lain sebagainya. 

Jika kamu memang sudah mantap untuk berbisnis ikan hias, ada baiknya jangan hanya terpaku pada satu jenis ikan hias saja. Apalagi di Indonesia sendiri ada cukup banyak jenis ikan hias yang populer. Meskipun harus diakui jika bisnis ikan cupang saat ini sangatlah menjanjikan. 


Bagikan:

Mungkin Anda juga menyukai