Komoditas Adalah Barang dengan Nilai Jual, Apa Saja Jenisnya?

Komoditas Adalah
Komoditas Adalah Barang dengan Nilai Jual, Apa Saja Jenisnya? Photo by Pexels
Waktu baca: 3 menit

Kamu pasti sudah cukup mengenal dengan istilah komoditas atau pasar komoditas. Namun apakah kamu sudah paham betul mengenai apa itu komoditas? Apakah komoditi dan komoditas itu sama atau beda? Jadi, komoditas adalah apa sebenarnya?

Berikut ini penjelasan mengenai apa itu komoditas dan contoh komoditas yang ada di Indonesia.

Pengertian Komoditas

Menurut KBBI V (versi daring), komoditas adalah barang dagangan yang memiliki nilai jual atau benda niaga yang dapat berupa hasil bumi, bahan mentah, ataupun kerajinan sekalipun.

Komoditas juga memiliki golongan dan jenisnya. Ada golongan komoditas berdasarkan mutu kualitasnya, atau sesuai dengan standar perdagangan internasional yang berlaku, misal seperti komoditas gandum, karet, dan kopi.

Lalu, apakah komoditi dan komoditas itu sama atau beda? Melihat kembali ke KBBI V, bahwa komoditi dan komoditas itu makna dan artinya sama. Hanya saja, komoditas adalah bahasa baku dari komoditi. Jadi, komoditi adalah bentuk tidak bakunya.

Jenis-jenis Produk Komoditas

Komoditas dapat digolongkan berdasarkan jenisnya. Penggolongan berdasarkan jenis ini tergantung pada dari mana komoditas itu berasal, dibuat, dan diperoleh. Inilah 4 jenis-jenis produk komoditas berdasarkan sektor komoditas adalah sebagai berikut..

1. Komoditas Jenis Energi

Komoditas jenis energi merupakan komoditas yang berkaitan dengan bahan bakar dan sumber energi yang digunakan di bumi. Contoh komoditas jenis energi adalah minyak bumi (bensin/BBM), diesel, dan batu bara.

2. Komoditas Jenis Pertambangan

Selanjutnya, ada komoditas jenis pertambangan yang merupakan benda-benda hasil tambang yang memiliki nilai jual. Ada beragam jenis hasil tambang yang bisa diperjualbelikan.

Mulai dari batu mineral hingga batu mulia, semua memiliki nilai jual dan pangsa pasarnya sendiri. Jenis tambang pun juga banyak, ada tambang batu, tambang logam, tambang timah, tambang nikel, dan tambang lain sebagainya.

Contoh produk komoditas apa saja yang termasuk komoditas jenis pertambangan adalah nikel, emas, timah, berlian, aluminium, tembaga, magnesium, titanium, dan masih banyak lagi komoditas jenis pertambangan yang lainnya.

3. Komoditas Jenis Pertanian

Jenis komoditas pertanian adalah jenis komoditas yang ditanam dan dihasilkan dari bidang pertanian, seperti sawah dan perkebunan.

Berdasarkan ilmu sektor pertanian, pengertian komoditas jenis ini merupakan produk atau benda hasil alam yang bisa diperjualbelikan. Umumnya, hasil komoditas jenis pertanian berupa produk mentah yang dapat dikonsumsi.

Adapun contoh produk komoditas apa saja yang termasuk jenis komoditas sektor pertanian, seperti beras, sagu, jagung, kopi, kedelai, gula, dan lain sebagainya. 

4. Komoditas Jenis Peternakan

Yang terakhir ada komoditas jenis peternakan yang umumnya berupa produk hewani. Adapun hasil komoditas jenis peternakan berupa daging (sapi, kambing, ayam, domba, babi, bebek, dan daging jenis ikan-ikanan lainnya).

Ada pula contoh komoditas hasil peternakan berupa susu, telor, bulu hewan, bahkan hewan ternak itu sendiri pun bisa disebut sebagai hasil komoditas di bidang sektor peternakan.

Baca juga: Cara Membuat Stock Keeping Unit, Contoh, dan Fungsinya

Klasifikasi Komoditas

Selain berdasarkan jenisnya, komoditas juga dibedakan sesuai dengan klasifikasi atau tipenya. Klasifikasi komoditas terbagi menjadi dua, yakni tipe keras dan tipe lunak.

1. Komoditas Tipe Keras

Komoditas tipe keras merupakan komoditas yang berasal dari sektor pertambangan, seperti minyak bumi dan logam mulia. Jadi, jenis komoditas energi dan pertambangan termasuk dalam klasifikasi komoditas tipe keras.

Komoditas tipe ini harganya tidak mudah berubah pula dan cenderung naik, karena hasil komoditas pertambangan dan energi susah untuk diperbaharui.

2. Komoditas Tipe Lunak

Komoditas tipe lunak merupakan komoditas yang berasal dari sektor pertanian dan peternakan, dan juga meliputi sektor perhutanan dan perkebunan dalam cangkupannya.

Dinamakan komoditas tipe lunak karena harga komoditas dengan klasifikasi ini sering mengalami perubahan yang bersifat fluktuatif. Hal ini dipengaruhi oleh iklim dan cuaca berdasarkan daerah penghasilnya.

Sistem Perdagangan Komoditas

Bagaimana sistem perdagangan komoditas di Indonesia? Sistem perdagangan komoditas adalah suatu sistem perniagaan yang mengikuti gerak pasar, yang disebut dengan pasar komoditas.

Pasar komoditas adalah tempat bertemunya pihak yang memiliki penawaran dan pihak yang memberikan permintaan atas suatu komoditas. 

Pasar yang umumnya kita kunjungi bisa disebut sebagai pasar komoditas yang menjual hasil dari sektor pertanian, perkebunan, dan peternakan. Lalu, bagaimana dengan komoditas energi dan pertambangan?

Umumnya, dua komoditas tersebut lebih banyak diatur dan dipegang oleh pemerintah. Karena keuntungannya dapat menjadi sumber pemasukan negara, yang nantinya dialokasikan untuk kepentingan negara pula. 

Seperti pembangunan fasilitas umum, tunjangan masyarakat, kas negara, dan lain sebagainya.

Adapun hal yang bisa mempengaruhi sistem perdagangan komoditas yaitu tingginya angka permintaan yang tidak sesuai dengan jumlah penawaran yang tersedia. Begitupun sebaliknya, yakni penawaran yang tersedia tidak sesuai dengan jumlah permintaan yang minim.

Fluktuatif harga komoditas dapat dipengaruhi oleh kondisi dan bencana alam dan faktor politik ekonomi dari negara lain.

Karakteristik Pasar Komoditas

Terdapat beberapa karakteristik yang dimiliki oleh pasar komoditas. Adapun karakteristik pasar komoditas adalah sebagai berikut.

  • Penawaran dan permintaan yang dinamis, berubah-ubah sesuai dengan kondisi dan kebutuhan masyarakat sebagai pihak konsumen.
  • Harga komoditas yang fluktuatif, akibat kelangkaan bahan sumber komoditas, atau pendistribusian yang terhambat akibat kondisi dan iklim alam.
  • Harga hasil komoditas di pasar komoditas juga dapat mengalami perubahan jika harga komoditas jenis energi (bahan bakar) mengalami perubahan. Hal ini berkaitan dengan pendistribusian komoditas dengan angkutan besar yang membutuhkan bensin juga.
  • Jika terdapat negara yang mulai mendominasi suatu jenis komoditas, maka harga komoditas tersebut bisa dimonopoli dan dapat berdampak kerugian bagi negara lainnya yang membutuhkan komoditas tersebut.

Sekian penjelasan mengenai apa itu komoditas, karakteristik pasar komoditas dan contoh komoditasnya. Komoditas adalah salah satu benda niaga yang dapat membantu perekonomian masyarakat di suatu negara. Mari pahami jenis dan fungsinya bersama. Semoga bermanfaat!

Artikel Lainnya