Pelajaran Berharga dari Drakor Start-Up untuk Pebisnis

Pelajaran berharga dari drakor Start-Up untuk pebisnis.
Pelajaran berharga dari drakor Start-Up untuk pebisnis. Photo by @tvnstartup
Waktu baca: 3 menit

Belakangan ini Drama Korea atau biasa disingkat menjadi Drakor makin digandrungi oleh masyarakat Indonesia. Hal itu karena ada banyak pelajaran berharga yang bisa diambil dari serial Drakor. Salah satunya ialah Drakor Start-Up yang bisa diambil pelajaran berharga untuk pebisnis.

Drakor yang dibintangi oleh Bae Suzy, Nam Joo-hyuk, Kim Seon-ho, dan Kang Han-na ini bercerita tentang orang-orang yang berusaha bangkit dan maju terutama saat baru mencoba melangkah.

Maka dari itu, Drakor yang baru saja tayang pada pertengahan Oktober lalu, tepatnya 17 Oktober 2020 wajib ditonton oleh anak muda, terutama bagi yang ingin berbisnis.

Lalu apa saja pelajaran berharga yang bisa diambil dari Drakor Start-up untuk para pebisnis? Berikut penjelasannya.

Pilih partner yang tepat

Sukses Bangun Bisnis Bareng Sahabat
Pilih partner bisnis yang tepat. Photo by @officestock

Dalam Drakor ini, diceritakan bahwa Nam Do-san (diperankan oleh Nam Joo-hyuk) sedang menjalankan perusahaan rintisan bernama Samsan Tech bersama dua temannya. Suka duka mereka lalui bersama. Selain itu, mereka memang membutuhkan satu sama lain.

Dari penjelasan di atas, bisa disimpulkan bahwa dalam menjalankan bisnis kamu perlu memilih partner yang tepat. Partner yang tepat tidak hanya memiliki semangat dan loyalitas yang tinggi. Namun juga harus memiliki rekan yang memang dibutuhkan untuk menjalankan bisnismu.

Pilih CEO yang tepat

Perbaiki manajerial perusahaan.
Pilih CEO yang tepat. Photo by Rawpixel

Seorang CEO suatu perusahaan bisa dikatakan harus paham akan trend, punya pengetahuan yang lebih luas mengenai bisnis yang dijalankan dan tegas dalam menentukan pilihan.

Hal tersebut sesuai dengan apa yang terjadi di Drakor ini. Sebelumnya, saat Nam Do-san menjadi CEO, Samsan Tech tidak terlalu berkembang. Namun, setelah Seo Dal-mi (diperankan oleh Bae Suzy) menjadi CEO, perusahaan tersebut mulai berkembang.

Baca juga: 3 Bisnis Tanpa Modal untuk Mahasiswa yang Bisa Dicoba

Jangan mudah percaya dengan orang lain

Pilih penyedia pinjaman terpercaya.
Jangan mudah percaya dengan orang lain. Photo by @bernardhermant

Dalam drama ini, kita diberitahu jika ingin mendapatkan investor harus mengerti dan mengetahui mengenai background dari investor tersebut seperti asal usulnya, posisinya apa, dan sebagainya. Jangan mudah percaya dan jangan sembarangan memberikan ide bisnis yang kamu miliki dengan mudah. Sebab, orang lain bisa saja meniru ide bisnis yang sedang kamu jalankan tersebut.

Buat strategi yang jelas

Tentukan strategi yang tepat. Photo by @kaleidico

Perusahaan Samsan Tech bisa dibilang sering mengalami kegagalan. Kegagalan itu terjadi karena strategi bisnis yang diterapkan tidak jelas. Bahkan, mereka tidak bisa menjawab pertanyaan dari Han Ji-pyeong, (diperankan Kim Seon-ho) seorang investor ahli, mengenai keuntungan yang akan didapatkan dari teknologi buatan Samsan Tech.

Maka dari itu, jika kamu memang berencana membangun bisnis alangkah baiknya menentukan strategi yang jelas dan kamu harus tahu ke mana bisnis yang kamu bangun tersebut akan dibawa. Dengan begitu, jika bisnismu butuh investor, mereka bisa yakin dan akan melakukan pendanaan ke bisnismu.

Mentor bisnis

Pilih mentor yang tepat. Photo by @austindistel

Sebagai pebisnis kamu sudah tentu butuh mentor yang sangat memahami dunia bisnis pilihanmu dan orang tersebut dapat dipercaya. Dengan memilih mentor bisnis yang tepat, bisnismu bisa berkembang dan maju dengan pesat loh.

Sama seperti halnya saat Han Ji-pyeong membimbing tim dari Samsan Tech dalam membangun bisnisnya. Bisa dilihat di Drakor tersebut bagaimana perkembangan dari Samsan Tech saat dibimbing oleh Han Ji-pyeong yang awalnya benar-benar tidak punya strategi yang jelas dan kini perlahan tapi pasti mulai terlihat berkembang dan maju.

Demikian pelajaran berharga dari Drakor Start-Up untuk pebisnis ketahui dan pahami. Semoga bisa menambah wawasanmu dan kamu lebih siap dalam memulai atau menjalankan bisnismu. Nah bagi yang penasaran seperti apa sih jalan cerita Drakor Start-Up ini, kamu bisa menontonnya melalui layanan streaming Netflix ya TemanKlik!

Mungkin Anda juga menyukai