5 Kesalahan Generasi Milenial yang Bikin Gagal Merdeka Finansial

merdeka finansial
Waktu baca: 3 menit

Merdeka finansial adalah impian banyak orang. Siapa yang tidak mau hidup tenang dan bebas dari tagihan yang selalu membebani? Buat generasi milenial seperti Teman Klik, tentu hal ini sangat menarik. Namun, buat menuju kemerdekaan finansial, butuh perjalanan panjang dan tidak sedikit yang gagal di tengah jalan.

Agar Teman Klik bisa merdeka finansial sesegera mungkin, yuk bahas bersama-sama beberapa kesalahan yang bisa bikin gagal merdeka finansial.

Tidak pernah buat laporan keuangan

Apa yang ada di bayangan Teman Klik saat mendengar kata laporan keuangan? Pasti deretan angka-angka yang panjang dan rumus-rumus rumit yang susah dipahami. Mungkin kamu juga membayangkan laporan keuangan yang harus disusun oleh seorang akuntan berpengalaman. Tenang, bukan laporan keuangan seperti itu yang harus kamu buat.

Laporan keuangan yang dimaksud di sini adalah laporan yang mencatat tentang pemasukan dan pengeluaranmu. Tidak perlu rumus yang rumit, dalam laporan ini kamu cukup memastikan antara pemasukan dan pengeluaran tidak timpang. Laporan ini bisa dibuat tiap bulan atau bahkan minggu jika kamu memang merasa butuh.

Meski sederhana, masih banyak yang mengabaikan laporan keuangan mandiri seperti ini. Padahal jika dilakukan secara rutin, kamu bisa memonitor keluar-masuknya uang. Kamu juga bisa segera tahu kalau pengeluaranmu terlalu boros dan segera melakukan perubahan. Jadi, jangan pernah melewatkan laporan keuangan kalau ingin merdeka finansial, ya!

Menabung pemasukan

Lho, bagaimana bisa menabung membuatmu gagal merdeka finansial? Padahal dari kecil kita selalu diajari bahwa menabung pangkal kaya. Begini, ternyata asal-asalan menabung juga tidak akan memberikan dampak yang berarti untuk hidup. Lebih-lebih kalau goal utamamu adalah untuk bisa merdeka finansial.

Kesalahan yang sering dilakukan saat menabung adalah menabung dengan uang sisa pengeluaranmu. Setelah menerima gaji, uang langsung dihambur-hamburkan dan sisanya baru ditabung. Jika jumlahnya lumayan besar tentu tidak akan menjadi masalah, namun sering kali yang terjadi jumlah uang yang ditabung tidak banyak.

Kalau ingin segera bebas finansial, segera ubah kebiasaan ini. Begitu kamu menerima gaji, buat beberapa pos pengeluaran. Pos untuk membayar tagihan, cicilan, dan tentunya tabungan. Tentukan target menabung yang jelas, misalnya 15% dari gaji. Jangan ragu juga untuk menantang diri dengan menambah jumlah tabungan tiap bulannya.

Terlalu mengandalkan gaji untuk merdeka finansial

Gaji memang menjadi sumber pemasukan utama kebanyakan orang. Namun, kenyataannya gaji juga bisa menjadi alasan mengapa kamu gagal merdeka finansial. Ya, terlalu mengandalkan gaji sebagai pemasukan ternyata juga tidak baik. Terlebih jika jumlah gajimu stagnan dan tidak mengalami kenaikan dalam jangka waktu yang panjang.

Supaya kamu tidak mengalami kegagalan merdeka finansial karena gaji, cobalah untuk mencari sumber pemasukan lain. Teman Klik bisa coba mencari pekerjaan sampingan yang bisa dikerjakan di waktu senggang. Saat ini sudah banyak pekerjaan freelance yang bisa dilakukan tanpa menyita banyak waktu.

Kamu juga bisa mulai berbisnis. Di era yang sudah maju ini, banyak pilihan bisnis minim risiko tapi bisa menghasilkan keuntungan berlimpah. Salah satunya adalah bisnis online atau menjadi reseller. Kedua jenis bisnis ini tidak butuh modal banyak, tidak terlalu menyita waktu, tetapi menjanjikan keuntungan yang besar.

Mengabaikan rencana usai pensiun

Saat kamu masih muda dan berada di usia produktif, bayangan tentang pensiun mungkin tidak akan pernah terlintas di benakmu. Jika memang pernah, kamu mungkin akan segera mengabaikannya. Padahal, perencanaan pensiun juga punya pengaruh besar dalam menentukan kemerdekaan finansial seseorang.

Dengan memiliki rencana usai pensiun, kamu bisa punya gambaran yang lebih jelas saat mengatur keuangan. Lalu, bagaimana memulai rencana pensiun? Teman Klik bisa memperhitungkan kira-kira pada usia berapa akan pensiun terlebih dahulu. Setelah itu, buat perkiraan berapa biaya hidup yang harus diperlukan.

Tidak berinvestasi

Seperti yang sudah dibahas pada poin tentang gaji, kamu tidak bisa terlalu mengandalkan gaji untuk merdeka finansial. Perlu pundi-pundi pemasukan lainnya supaya bisa segera merdeka finansial. Selain mencari pekerjaan sampingan dan memulai bisnis, pemasukan tambahan bisa didapat dengan cara investasi.

Sekarang ini sudah banyak jenis investasi yang bisa menyesuaikan kebutuhan dan kemampuan. Prosesnya pun tidak ribet sehingga tidak akan menghabiskan waktu berhargamu. Ini karena sekarang ada banyak instrumen investasi yang bisa diakses secara online. Jelas memudahkan Teman Klik dan generasi milenial, bukan?

merdeka finansial
Jangan sampai salah jalan supaya bisa merdeka finansial ya Teman Klik via unsplash.com

Apa pun jenis investasi yang kamu pilih, kuncinya hanya satu: konsisten. Tidak ada artinya investasi dalam jumlah besar tetapi hanya dilakukan sekali saja. Sebaliknya, investasi dalam jumlah kecil tetapi rutin dilakukan justru akan memberikan imbal hasil yang lebih besar. Kamu juga bisa melakukan tips yang disebutkan dalam artikel ini untuk segera merdeka finansial.

Investasi memang bisa menjadi alat untuk membantumu segera merdeka finansial. Yuk, mulai berinvestasi bersama KlikCair, sebuah merupakan peer-to-peer lending (P2P lending) yang siap menyalurkan investasimu untuk mengembangkan UMKM di Indonesia. Mulailah investasi bersama KlikCair karena dengan kami, investasimu pun akan bermakna!

You may also like...

Leave a Reply