Cara Menjadi Freelancer untuk Mendapat Penghasilan Tambahan

Tips cara menjadi freelancer
Waktu baca: 5 menit

Generasi milenial dianggap menjadi generasi yang paling tidak tahan terhadap tekanan yang dihadapi saat melakukan kerja kantoran. Itulah mengapa saat ini banyak generasi muda yang lebih banyak memilih untuk bekerja freelance alias tidak terikat kontrak jangka panjang. Menjadi seorang freelancer juga membebaskanmu untuk menentukan waktu kerja, durasi kerja, serta tempat kerja.

Buat kamu yang tidak suka duduk berlama-lama di kantor dari pagi hingga sore dengan seragam yang ditentukan, freelancer akan menjadi solusi. Kamu bisa memulai pekerjaan ini bahkan saat masih sedang kuliah. Salah satu keuntungan yang didapat ketika kamu memilih bekerja sebagai seorang freelancer adalah kamu bisa melakukannya sembari melaksanakan tugas/pekerjaan yang lain.

Cara menjadi freelancer sangatlah mudah. Kamu hanya tinggal mencari lowongan yang membutuhkan freelancer. Bahkan, sudah banyak situs online penyedia lowongan freelance, seperti misalnya Elance, oDesk, Proz, dan yang lainnya.

Bekerja sebagai seorang freelancer berbeda dengan pekerja serabutan. Kamu tetap harus bekerja sesuai dengan bidang dan kemampuan yang kamu tekuni agar menjadi seorang freelancer profesional. Untuk itulah, sebelum kamu memutuskan menjadi seorang freelancer, ketahui dulu beberapa jenis pekerjaan freelance yang mungkin cocok untukmu!

Pilihan bidang pekerjaan freelancer

Ada banyak jenis pekerjaan yang bisa dilakukan secara freelance sesuai dengan minat dan kemampuanmu. Contohnya adalah:

Fotografer

Familiar dengan kata fotografer freelance? Ya, seorang fotografer freelance adalah orang yang memiliki kemampuan di bidang fotografi dan memanfaatkannya sebagai sebuah penghasilan tambahan. Zaman sekarang, setiap momen apapun, tak pernah ketinggalan untuk selalu diabadikan. Karena meningkatnya keinginan masyarakat untuk bisa memiliki foto yang bagus untuk acara-acara penting, maka fotografer freelance semakin diminati.

Fotografer freelance bekerja hanya pada saat ada orang yang membutuhkan jasanya. Selain itu, seorang freelancer di bidang fotografi bisa memutuskan kapan mereka akan mengambil tawaran job. Cara menjadi freelancer fotografi bisa dimulai dengan menawarkan jasamu pada teman. Kamu bisa juga melakukan promosi melalui media sosial. Dengan begitu, orang akan mengetahui kualitas hasil foto yang kamu pajang sebagai portofolio di media sosial.

Barista

Hobimu menyesap kopi bisa dimanfaatkan untuk mendapatkan penghasilan tambahan dengan menjadi seorang barista. Pekerjaan freelance sebagai barista sangat cocok bagi anak kuliahan yang sedang libur. Cara menjadi freelancer di coffee shop ini cukup mudah. Kamu hanya perlu mencari lowongan di beberapa tempat karena umunya, banyak kedai kopi yang menawarkan kerja part time sebagai seorang barista. Kamu juga bisa mengatur sendiri waktu dan durasi kerjamu. Lumayan untuk menambah uang jajan.

menjadi barista
Tertarik menjadi barista? via pexels.com

Analis dan konsultan bisnis

Pekerjaan freelance yang satu ini memang membutuhkan kemampuan khusus seorang profesional di bidangnya. Tugas seorang analis dan konsultan bisnis adalah untuk mengumpulkan kemudian menganalisa data dari suatu bisnis yang dijalankan. Meski tekanannya cukup tinggi, namun analis dan konsultan bisnis merupakan pekerjaan freelance karena waktunya yang fleksibel. Teman Klik juga berkesempatan untuk mendapat penghasilan yang besar dari pekerjaan ini.

Translator

Kemampuan bahasa asing yang Teman Klik miliki sangat bisa dimanfaatkan untuk menjadi seorang freelance translator. Penerjemah sangat banyak dibutuhkan untuk menerjemahkan buku, komik, fillm, naskah, dan lainnya. Jika Teman Klik masih berkuliah, tawarkan jasa penerjemahan untuk teman-teman yang kesulitan memahami text book berbahasa asing.

Selain itu, kamu juga bisa mencari lowongan freelance translator di situs online. Manfaatkan juga koneksi serta media sosialmu untuk melakukan promosi atau mencari lowongan. Pekerjaan freelance translator bisa kamu lakukan di manapun dan kapanpun. Bahkan kamu bisa melakukannya sembari santai-santai di rumah. Tak perlu penampilan rapi, tak perlu bangun pagi, namun uang tetap cair.

Penulis konten / kontributor website

Jangan pernah sia-siakan atau remehkan pekerjaan sebagai seorang penulis. Penulis freelance adalah profesi yang sangat menjanjikan dengan modal yang sedikit namun gaji besar. Kamu pasti sudah sering melihat lowongan untuk penulis konten yang sekaligus menjadi kontributor website. Tugasnya sudah tentu untuk menulis artikel untuk diunggah pada sebuah website.

Cara menjadi freelancer dalam bidang kepenulisan bisa dengan mudah kamu dapatkan pada lowongan yang ditawarkan oleh situs freelancer online. Pekerjaan ini tidak mengharuskanmu datang ke kantor dan menyisihkan waktu 8 jam kerja, karena bisa kamu lakukan di rumah.  

penulis sangat dibutuhkan untuk membuat sebuah content via pexels.com
Seorang penulis sekarang sangat dibutuhkan untuk membuat sebuah content via pexels.com

Digital marketers

Tren digital marketing yang semakin meningkat beberapa tahun terakhir membuat banyak perusahaan merekrut digital marketer untuk merencanakan promosi produknya. Jika kamu memiliki ide-ide segar untuk pemasaran produk secara virtual maupun fisik, pekerjaan freelance ini akan sangat cocok. Banyak para digital marketer yang tidak diharuskan berada di kantor sepanjang hari.

Guru les privat

Ilmu yang kamu dapatkan di sekolah atau universitas akan sangat bermanfaat untuk membantu orang lain belajar. Kamu juga bisa memanfaatkannya untuk mendapatkan uang tambahan. Jadi, mengapa tidak mencoba menjadi guru les privat? Kamu bisa membagikan pemahaman ilmu atau keahlian kepada orang lain.  Guru les privat adalah pekerjaan freelance karena tidak terikat dengan kontrak serta bisa kamu atur sendiri waktu bekerjanya. Bahkan kamu bisa menentukan sendiri berapa penghasilan yang ingin didapat.

Guru les privat umumnya lebih memiliki peluang mendapat penghasilan yang lebih besar daripada guru les yang tergabung dalam sebuah lembaga. Orang tua siswa juga rela mengeluarkan biaya yang banyak demi perkembangan belajar anak.

Tips bekerja sebagai seorang freelancer

Dengan kebebasan mengatur waktu dan tempat bekerja, bukan berarti kamu bisa menyepelekan pekerjaan sebagai seorang freelancer. Ada beberapa tips yang harus kamu perhatikan agar bisa sukses sebagai seorang freelancer.

­Kenali potensi diri

Meski cara menjadi freelancer terlihat mudah karena hanya tinggal menemukan lowongan pekerjaan yang di bidang yang diinginkan, namun pada kenyatannya tidak demikian. Kamu harus menjaga kualitas diri dan pekerjaan yang kamu hasilkan agar menjadi seorang freelancer profesional. Agar kualitas pekerjaan yang kamu hasilkan bisa bagus, sangat penting untuk menemukan bidang pekerjaan freelance yang menjadi minat atau sesuai dengan kemampuan.

Maka dari itu, penting untuk mengetahui keahlian diri sendiri. Dunia freelancer tidak hanya berputar di bidang kreatif, Ada orang yang sukses sebagai freelancer di bidang manajemen, administratif, dan bisnis,

Pintar mengatur waktu

Tak hanya itu saja, karena freelancer membebaskanmu untuk mengatur waktu bekerja, kamu malah harus semakain pintar membagi waktu. Jangan mengambil terlalu banyak pekerjaan freelance dalam waktu yang bersamaan karena bisa saja deadline-nya bertabrakan. Jangan lupa juga untuk meluangkan waktu untuk libur dan berkumpul dengan keluarga. Biasanya, karena kehidupan freelancer bisa santai dan menghabiskan banyak waktu di rumah, banyak yang menjadi rancu antara waktu luang dan bekerja.

Kreatif dan terus belajar

Orang yang berhenti untuk belajar dan tidak mengembangkan ide kreatifnya, hanya akan berhenti di satu titik saja. Ia tidak akan bisa berkembang. Setiap hari, pasti akan selalu ada perubahan yang terjadi, untuk itulah kamu harus terus menyesuaikan diri serta tidak berhenti berpromosi.

Agar promosimu dilirik oleh recruiter, tentu harus ada sesuatu yang berbeda dari dirimu dan lebih baik dari orang lain. Itulah pentingnya mengapa kamu harus selalu kreatif serta tidak berhenti belajar.  

Kumpulkan portofolio terbaikmu

Cara menjadi freelancer sukses adalah dengan memiliki portofolio yang baik sehingga menarik pemberi lowongan untuk merekrutmu. Tidak bisa dipungkiri bahwa freelancer sering membutuhkan lowongan kerja setelah satu kontrak selesai. Dengan begitu, usahakan agar setiap menjalankan suatu proyek menghasilkan portofolio yang bagus.

Jaring koneksi

Berkenalan dengan banyak orang baru dan menjali relasi bisa memperluas koneksimu. Entah itu antar freelancer atau dengan recruiter. Dari para freelancer, kamu akan lebih banyak mendapat info lowongan kerja. Dengan menjaring koneksi dengan recruiter serta klienmu yang terdahulu, kamu bisa menaikkan kesempatan untuk membuat kontrak kerja yang baru.

pentingnya koneksi dalam bekerja
Jaring koneksi seluas-luasnya ya Teman Klik via pexels.com

Selain tujuh pekerjaan freelance yang sudah disebutkan di atas tadi, ada satu lagi cara menjadi freelancer yang bahkan tidak mengharuskanmu untuk bekerja. Kamu juga tidak butuh banyak usaha untuk bisa menikmati penghasilan tambahan yang sangat menjanjikan. Caranya adalah dengan menjadi investor di KlikCair.

KlikCair adalah sebuah teknologi finansial peer to peer lending untuk membantu pengembangan UMKM Indonesia dengan menghubungkannya pada para investor. Kamu hanya tinggal menemukan UMKM yang akan didanai dengan investasimu. Dengan begitu, kamu hanya tinggal mendapatkan keuntungan finansial tambahan dari hasil investasi. Dengan KlikCair, investasi menjadi makin mudah!

You may also like...

Leave a Reply