Makin Cuan dengan 7 Kerja Sampingan di Bulan Ramadhan

Menjadi food vlogger merupakan salah satu kerja sampingan yang bisa dilakukan
Makin Cuan dengan 7 Kerja Sampingan di Bulan Ramadhan. Photo by Pexels
Waktu baca: 3 menit

Siapa sangka, bulan Ramadhan malah membawakan berbagai macam rezeki. Nyatanya bulan Ramadhan menjadi waktu yang tepat untuk kamu mempunyai pekerjaan sampingan dan menghasilkan pundi-pundi rupiah.

Berikut ini 7 kerja sampingan yang dapat kamu lakukan di bulan suci Ramadhan tanpa menganggu waktu pekerjaan utamamu.

Baca Juga: 15 Ide Jualan di Bulan Ramadhan agar Tetap Cuan

7 Kerja Sampingan di Bulan Ramadhan

  • Bisnis Online Shop

Jualan secara online memang menjadi pilihan paling ideal untuk dijadikan kerja sampingan. Kamu tidak perlu membuka toko dan juga menjaga toko tersebut sepanjang hari. Dengan mengandalkan kecanggihan teknologi, kamu tetap bisa mendapatkan cuan tambahan.

“Tapikan sudah banyak orang yang berjualan online, apakah tetap laku jika baru memulainya saat bulan Ramadhan?”. Siapa sangka bahwa bulan Ramadhan justru membawa peluang bisnis baru untuk berbisnis online shop. Faktanya, kamu tidak perlu repot-repot menentukan ingin berjualan apa saat bulan Ramadhan. Sudah terlihat jelas sekali apa saja kebutuhan masyarakat saat bulan Ramadhan.

Saat bulan Ramadhan, banyak orang yang mencari pakaian muslim, hijab, perlengkapan ibadah bahkan sampai hidangan-hidangan yang ingin di santap saat berbuka puasa nantinya. Tidak sedikit orang yang mencarinya melalui online. Kamu bisa memanfaatkan kondisi ini sebagai ladang cuan selama bulan Ramadhan.

Bahkan kamu tidak perlu bingung mendapatkan barang yang akan dijual darimana. Kamu bisa menjadi reseller. Tugasmu hanya menjual barangnya kembali secara online. Tentunya bisnis sampingan ini tidak menganggu perkerjaan utamamu asalkan kamu dapat mengatur waktu dengan baik.

  • Food Vlogger

Bagi kamu yang hobi wisata kuliner dan juga senang mengabadikannya di social media, hal ini justru menjadi peluang baru untuk mendapatkan pundi-pundi rupiah. Apalagi disaat bulan puasa seperti ini, banyak orang yang mencari rekomendasi makanan melalui social media.

Kamu dapat melakukannya dengan memberikan review ataupun saran tempat makanan yang unik. Manfaatkan social media seperti Reels Instagram ataupun Tik tok.

Menjadi food vlogger menjadi pilihan yang cukup menjanjikan untuk dijadikan perkerjaan sampingan. Kamu bisa hunting makanan di akhir pekan sehingga tidak menganggu waktu perkerjaanmu. Tidak hanya itu, jika followers di social media-mu sudah banyak, kamu akan mendapatkan keuntungan seperti endorsement dari beberapa produk makanan ataupun restaurant tertentu.

Baca juga: Endorsement, Cara Mudah untuk Memasarkan Produk

  • Jasa Penyaluran Asisten Rumah Tangga

Masa-masa menjelang lebaran, banyak asisten rumah tangga yang mudik ke kampung halaman atau bahkan memutuskan untuk berhenti bekerja. Tentunya akan cukup ke walahan saat lebaran nantinya. Sanak saudara dan kerabat yang akan berkunjung akan membuat kediamanmu cukup ramai.

Nah, kondisi ini bisa kamu manfaatkan sebagai ladang  bisnis lho! Kamu dapat menawarkan jasa penyaluran asisten rumah tangga kepada orang yang membutuhkannya. Tidak hanya kamu yang berperan sebagai penyalur asisten rumah tangga yang mendapatkan untung, namun banyak orang yang akan mendapatkan lahan pekerjaan.

  • Jasa Rental Mobil

Mempunyai mobil lebih namun tidak kamu gunakan saat lebaran? Ayo jadikan hal ini sebagai passive income! Kamu dapat menyediakan jasa rental mobil. Bahkan kamu dapat menentukan tarifnya sendiri. Bensin pun tidak kamu tanggung nantinya. Membuka jasa rental mobil dapat jadi pilihan yang cukup menjanjikan untuk dijadikan passive income ataupun penghasilan tambahan.

  • Bisnis Hampers dan Parcel

Menjelang hari raya, banyak orang yang berburu hampers dan juga parcel. Situasi ini bisa kamu bisniskan! Kamu bisa berjualan hampers atau parcel.

Jenis hampers dan parcel saat ini sangat beragam. Mulai dari aneka kue kering, perlengkapan makan hingga aroma therapy. Kamu juga dapat berjualan secara online dan tidak terlalu menganggu waktu perkerjaanmu.

Bahkan kamu juga bisa menjadi reseller ataupun dropshipper hampers dan parcel. Hal ini lebih memudahkanmu dari segi waktu. Kamu tidak perlu merangkai dan mempersiapkan hampers ataupun  parcel tersebut. Kamu hanya berperan sebagai perantara antara produsen dan juga konsumen.

  • Bisnis Laundry Kiloan

Saat asisten rumah tangga mudik menjelang lebaran, tentunya banyak perkerjaan rumah yang tidak terpegang sebagaimana mestinya. Salah satunya adalah cucian baju kotor. Pekerjaan rumah tangga ini dapat dikatan lumayan merepotkan, terutama harus mencuci baju lalu menjemur dan mengangkatnya setelah itu menyetrika baju-baju tersebut.

Bagi orang yang memiliki jadwal pekerjaan yang cukup padat, tentunya hal ini menjadi salah satu beban baru. Nah, kamu dapat menghadirkan solusi dengan membuka jasa laundry kiloan.

Kamu dapat memanfaatkan garasi rumahmu sebagai tempat jasa laundry kiloan. Tentunya dengan membuka jasa laundry kiloan saat menjelang hari raya akan membawakan untung yang lebih daripada hari biasanya.

  • Jualan Kue Kering

Kamu hobi membuat kue di waktu luang? Saatnya bulan Ramadhan ini jadi kesempatanmu untuk mendapatkan cuan dari hobi. Kue kering sudah menjadi tradisi saat hari raya. Banyak orang yang mencari kue kering dengan jumlah banyak saat bulan Ramadhan.

Bagi kamu yang tidak bisa memasak, kamu juga tetap bisa mendapatkan cuan dengan menjadi reseller kue kering. Kamu dapat mengambil pasokan dari tempat yang menjual kue kering secara grosiran.

Artikel Lainnya