15 Ide Jualan di Bulan Ramadhan agar Tetap Cuan

jualan saat puasa
15 Ide Jualan di Bulan Ramadhan agar Tetap Cuan. Photo by @anggit_mr
Waktu baca: 4 menit

Bulan Ramadhan tahun ini sudah tiba kembali. Banyak orang yang sudah mulai memikirkan beberapa kegiatan agar tetap produktif walaupun sedang berpuasa. Bagaimana jika tetap produktif namun secara bersamaan tetap menghasilkan cuan? Sudah pasti menjadi impian setiap orang!

Berikut ini, beragam ide bisnis dan jualan yang dapat kamu lakukan di bulan Ramadhan.

Baca Juga: Menu Takjil Buka Puasa untuk Jualan Tak Selalu Harus Kolak

  • Katering Makanan

Jika memiliki perkerjaan dengan jadwal sehari-hari yang sangat padat, tentunya sedikit sulit untuk menyiapkan hidangan untuk sahur maupun buka puasa. Jadwal kegiatan yang padat justru membuat tidak adanya waktu untuk berbelanja bahan baku apalagi untuk memasaknya.

Nah, permasalahan seperti ini bisa kamu manfaatkan sebagai peluang bisnis. Kamu dapat memberikan solusi bagi orang-orang yang tidak mempunyai waktu cukup banyak untuk menyiapkan hidangan sahur dan buka puasa.

Kamu dapat memberikan solusi bagi mereka dengan menyediakan Katering makanan. Sebagai pelanggan tentunya tidak perlu repot-repot memikirkan untuk berbelanja bahan baku dan memasaknya. Cukup dengan mengikuti program katering makanan yang kamu kelola, mereka dapat menyantap hidangan dengan mudah.

  • Bisnis Frozen Food

Bisnis frozen food saat bulan Ramadhan cukup menjanjikan lho! Faktanya banyak orang yang ingin menyetok persediaan makanan dengan cara masak yang tidak memerlukan keahlian khusus. Pastinya bisnis frozen food juga sangat menguntungkan bagi pihak penjual. Sebagai pihak penjual tidak perlu menyediakan bahan baku minyak goreng serta gas. Tidak hanya itu, penjual pun tidak perlu khawatir makanan yang dijualnya akan cepat basi.

  • Jualan Aneka Takjil

Aneka makanan ringan yang hanya ramai saat bulan puasa ini sudah pasti diburu oleh orang-orang setiap harinya. Sudah dipastikan bisnis satu ini cukup menguntungkan dan akan ramai saat bulan puasa. Modal yang dikeluarkan pun juga tidak besar. Bahkan kamu dapat berjualan di pinggir jalan ataupun di depan rumahmu.

  • Jualan Aneka Kue Kering

Seperti ada yang kurang rasanya jika hari raya tidak ada kue kering diatas meja. Kue kering sudah layaknya seperti tradisi saat menyambut hari raya. Apalagi saat lebaran, banyak kerabat yang bersilahturahmi membuat kue kering menjadi hidangan andalan untuk menyambut tamu.

Dengan permintaan yang banyak akan kue kering di hari raya, hal ini dapat kamu jadikan ladang bisnis. Bagi kamu yang hobi memasak, berjualan kue kering saat mendekati hari raya akan memberikan keuntungan 2 kali lipat. Jika kamu tidak bisa memasak, tenang saja! Kamu bisa menjadi reseller kue kering.

  • Jualan Aneka Minuman Segar

Menahan dahaga selama hampir satu hari penuh membuat orang-orang yang berpuasa ingin menyantap minuman segar saat berbuka puasa. Kamu bisa membuka usaha jualan aneka minuman segar. Sudah dipastikan banyak orang yang mencarinya.

Namun ada tips yang perlu kamu perhatikan saat ingin berbisnis aneka minuman segar. Pastikan lokasi jualanmu strategis dan mudah dijangkau oleh masyarakat.

  • Jualan Hidangan Lebaran

Pada umumnya memang kebanyakan masyarakat memasak sendiri untuk hidangan saat lebaran. Namun, tidak sedikit juga masyarakat yang tidak ingin repot memasak hidangan untuk lebaran lho!

 Di kota-kota besar pada umumnya banyak orang yang lebih memilih untuk membeli hidangan lebaran. Selain praktis, rasanya pun sudah terjamin jika membeli hidangan lebaran. Oleh karena itu usaha jualan hidangan lebaran cukup menjanjikan. Kamu dapat menerapkan sistem pre-order untuk jenis bisnis satu ini.

  • Bisnis Parsel atau Hampers

Pemberian parsel atau hampers saat hari raya sudah menjadi hal yang wajib dilakukan terutama untuk perusahaan-perusahaan besar. Hal ini untuk menjaga hubungan profesionalitas diantara keduanya. Tidak hanya itu, pemberian parsel dan hampers juga dilakukan secara pribadi yang ditujukan untuk kerabat dekat .  

Saat ini, parsel atau hampers banyak sekali ragamnya. Tidak hanya makanan saja, namu bisa berupa barang lainnya seperti perlengkapan cangkir atau piring, pelengkapan aroma therapy dan banyak lainnya.

Membuka bisnis parsel dan hampers bisa menjadi bahan pertimbangnmu saat ingin memulai bisnis di bulan Ramadhan.

  • Perlengkapan Ibadah

Dibulan suci Ramadhan ini, setiap umat muslim berlomba-lomba untuk meningkatkan amal ibadahnya. Hal ini dengan melakukan pengajian, sholat tarawih dan juga lainnya.

Maka dari itu, perlengkapan ibadah menjadi suatu hal yang banyak di cari oleh masyarakat. Tentunya hal ini menjadi peluang baru untuk memulai bisnis. Tidak hanya untuk dipakai secara pribadi saja, perlengkapan ibadah ini juga bisa dijadikan sebagai hampers selama bulan Ramadhan.

  • Busana Muslim

Sudah menjadi tradisi di kalangan masyarakat untuk membeli baju baru menjelang lebaran. Baju baru ini biasanya digunakan disaat hari raya. Bahkan dari jauh-jauh hari sudah banyak orang yang mulai mencari baju untuk lebaran.

Baju lebaran biasanya tidak jauh dengan busana muslim seperti hijab, gamis, kaftan ataupun baju koko. Disaat masa-masa seperti ini, memulai bisnis busana muslim menjadi suatu langkah yang tepat.

Dalam menjalankan bisnis ini, kamu tidak perlu repot-repot memikirkan untuk membuka toko. Kamu dapat berjualan secara online. Bahkan market online untuk busana muslim saat ini kian meningkat dari waktu ke waktu.

  • Jasa Custom Kartu Ucapan dan Amplop

Pemberian kartu ucapan sudah menjadi hal yang lumrah saat lebaran. Banyak yang ingin memberikan kartu ucapan semenarik dan seunik mungkin. Selain kartu ucapan, amplop juga banyak dicari saat bulan Ramadhan ini. Saat kumpul keluarga di hari lebaran, sudah seperti tradisi untuk memberikan THR. Nah, dalam memberikan THR juga pastinya ingin menggunakan amplop yang unik.

Kamu bisa melihat peluang bisnis yang cemerlang dari hal-hal ini dengan membuka jasa custom kartu ucapan dan amplop.

  • Jasa Penukaran Uang Kecil

Bagi-bagi THR di hari lebaran menjadi hal yang ditunggu-tunggu. Faktanya menjelang lebaran, banyak orang yang ingin menukarkan uang kecil. Hal ini dilakukan untuk membagikan THR, khusunya ke anak-anak kecil saat hari lebaran. Kamu bisa membisniskan hal ini dengan membuka jasa penukaran uang kecil.

  • Rental Mobil

Banyaknya orang yang mudik ke luar kota, permintaan akan kendaraan juga kian meningkat. Bagi orang yang mudik tidak menggunakan mobil pribadi, akan terasa sedikit repot jika ingin berjalan-jalan di kota tujuan jika tidak ada kendaraan.

Maka dari itu, kamu bisa membuka jasa rental mobil. Bisnis ini cukup menguntungkan. Kamu dapat menentukan tarifnya sendiri. Bahkan untuk uang bensinnya pun tidak perlu kamu tanggung.

  • Jualan Bahan dan Jasa Jahit

Walaupun banyak orang yang beli jadi untuk baju lebaran, tidak sedikit juga yang memilih untuk membeli bahan sendiri lalu menjahitnya. Hal ini agar baju lebaran yang digunakan sesuai dengan keinginan. Berbisnis dibidang tekstile ataupun jasa jahit terlihat menjanjikan di bulan Ramadhan.

  • Jasa Penitipan Mobil

Saat berencana untuk mudik dengan waktu yang tidak sebentar, pastinya sedikit kewalahan untuk menitipkan mobil kemana.  Nyatanya mobil harus ditaruh ditempat yang aman dan selalu di panaskan setiap hari nya.

Bagi kamu yang tidak berencana kemana-mana saat lebaran nanti, kamu tetap bisa menghasilkan cuan lho! Kamu bisa membuka jasa penitipan mobil untuk orang-orang yang berencana mudik.

  • Jasa Sewa Tempat

Ingin menyelenggarakan acara buka bersama, tempat yang memadai menjadi salah satu permasalahan. Apalagi jika memiliki rencana untuk buka bersama dengan kapasitas orang yang cukup banyak.

Jika kamu memiliki tempat yang memadai dan dapat menampung kapasitas orang banyak, saat nya membisniskannya. Kamu dapat membuka jasa sewa tempat. Kalau kamu bingung melisting propertimu untuk disewakan, silakan kunjungi janjisewa.com untuk informasi lebih lanjut.

Artikel Lainnya