Mana Ide Konten TikTok yang Sesuai dengan Bisnis Kamu?

Ide Konten TikTok
Mana Ide Konten TikTok yang Sesuai dengan Bisnis Kamu? Photo by Pexels
Waktu baca: 4 menit

TikTok sebenarnya tidak jauh beda dengan platform media sosial lainnya. Untuk seorang pebisnis, ini platform yang efektif untuk promosi. Namun, perlu diperhatikan juga ide konten TikTok apa yang tepat untuk dipakai.

Apa pun platform yang kamu gunakan, yang diperlukan adalah membesarkan platform tersebut. Usahakan banyak followernya sehingga semakin mudah konten menjangkau pengguna media sosial, terutama target market. 

Bagaimana cara membesarkan platform media sosial TikTok? Kuncinya ada pada konten. Hanya akun TikTok dengan konten menarik yang akan mendatangkan follower. Ini yang perlu kamu pelajari.

12 Ide Konten Menarik untuk Akun TikTok Bisnis 

Mungkin saat ini kamu kebingungan ketika ingin upload video di TikTok. Pastinya, kamu ingin sekali video yang diupload ditonton banyak orang. Tujuannya saja untuk promosi. Percuma jika video hanya segelintir orang saja yang menonton. Akan lebih bahagia ketika video menjadi FYP dan viral. 

Tidak perlu bingung lagi setelah kamu tahu ide video konten TikTok berikut ini:

  1. Meniru Konten yang Sedang Trending 

Sebenarnya ini ide konten TikTok yang efektif sekaligus mudah ditiru. Tinggal buka saja TikTok di hp kamu. Lalu, lihat video seperti apa yang sedang trending. Tidak perlu pikir panjang. Buat video yang mirip lengkap dengan hashtag dan juga sound yang digunakan.

Usahakan video yang kamu buat jauh lebih baik dan lebih menarik. Kebanyakan video yang populer di TikTok adalah dance. Ketika kamu seorang dancer atau setidaknya kamu luwes dalam menari, usahakan hasilnya jauh lebih baik daripada video yang dibuat orang lain. Ini memungkinkan konten yang kamu buat mendapatkan lebih banyak like dan bahkan share. 

  1. Konten Kegiatan 

Di kantor, perusahaan, atau tempat kamu bekerja, pasti ada kegiatan, bukan? Misalnya saja kamu memiliki perusahaan produksi produk tertentu. Kamu bisa membuat video yang menunjukkan kegiatan produksi di sana.

Ini terlihat kurang menarik. Namun, kamu harus tahu banyak orang yang akhirnya percaya ketika seorang pebisnis menunjukkan kegiatan produksi di tempat kerja. Ini membuktikan bahwa kamu seorang pebisnis sungguhan. Mereka semakin percaya dan akhirnya tidak ragu untuk melakukan transaksi.

  1. Unboxing

Salah satu konten TikTok viral adalah video unboxing. Ada yang real. Artinya mereka benar-benar membeli produk lalu unboxing produk tersebut. Ada juga yang unboxing produk sendiri. Ini dipakai untuk menunjukkan produk yang sedang ditawarkan. Biasanya, di akhir video, ada kalimat persuasif yang meminta viewers untuk checkout jika tertarik dengan produk yang sedang di unboxing. Ini akan semakin menarik ketika ada embel-embel seperti kalimat “mumpung sedang diskon lho”.

  1. Tips dan Trik

Meskipun kamu membuat video konten TikTok untuk jualan, tidak seharusnya kamu terus menerus membuat video jualan. Ada baiknya kamu juga membuat konten lainnya. Misalnya saja konten video tips dan trik.

Dalam hal ini, usahakan video berupa tips dan trik yang terkait dengan produk yang kamu jual. Misalnya, kamu menjual jas hujan. Kamu bisa membagikan tips agar tetap bugar di saat musim hujan tiba. Di video tersebut, kamu bisa selipkan satu copywriting yang mengajak viewers untuk membeli jas hujan.

  1. Membahas Topik Terhangat

Orang cenderung tertarik dengan hal-hal yang sedang hangat dibicarakan. Jika kamu suka muncul di depan kamera, kamu bisa membuat video yang membahas sebuah topik. Apalagi jika kamu seseorang yang memang ahli di bidang tersebut. Ini akan lebih mudah bagi viewers untuk percaya.

Bahaslah topik hangat yang kamu kuasai dan sesuai dengan produk yang sedang kamu jual. Ini akan membuat personal branding kamu kuat di bidang tersebut sehingga orang pun tidak ragu ketika kamu menawarkan produk yang terkait dengan topik.

Misalnya saja kamu menjual produk kecantikan. Sementara itu, ada topik yang sedang hangat mengenai banyaknya wanita yang gagal setelah operasi plastik. Jika kebetulan kamu orang kesehatan, kamu bisa membahas mengenai hal tersebut. Orang-orang akan tertarik dan percaya karena kamu memiliki background kesehatan. Ketika orang percaya, mereka akan lebih mudah untuk mendengarkan apa saja yang kamu bahas, tak terkecuali ketika kamu merekomendasikan sebuah produk kecantikan.

  1. Dance Challenge

Ini yang sering dilakukan oleh brand-brand besar. Ketika mereka me launch produk baru, mereka biasanya mengadakan dance challenge. Jika ini juga ide konten TikTok yang efektif untuk bisnis kamu, pastikan dance challenge memang menarik bagi banyak orang.

  1. Tutorial 

Video konten TikTok berupa tutorial juga cukup efektif lho. Kamu bisa membagikan tutorial tentang apa yang sudah kamu coba sendiri. Apalagi jika cara tersebut murni dari hasil observasi kamu sendiri. Originalitas ini akan membuat konten video lebih mudah untuk FYP.

  1. Lipsync 

Ada banyak sound menarik. Ada juga yang lucu. Kamu bisa menggunakan sound tersebut lalu menirukan secara lipsync. Pastikan sound tersebut viral sehingga video kamu pun lebih mudah untuk viral. 

  1. Video Cerita Pendek

Ini ide konten yang cukup sulit karena kamu harus menyiapkan pemeran dalam video ini. Akan tetapi, kemungkinan besar konten seperti ini bakal susah untuk ditiru orang lain. Ketika video cerita pendek yang kamu buat menarik, ini akan membuat video kamu menyebar ke banyak viewers. 

  1. Konten Edukasi 

Orang akan akhirnya mau membeli produk ketika mereka percaya, entah itu percaya akan manfaat produk atau pun percaya dengan penjualnya. Jika opsi yang kedua yang dipilih, kamu harus membuat orang suka dan percaya dengan kamu.

Bagaimana caranya? Seringlah membuat konten edukasi. Upload secara rutin konten edukasi yang ada kaitannya dengan produk yang kamu jual.

  1. Cara Menggunakan Produk 

Meskipun kamu punya banyak ide konten TikTok, jangan lupa untuk upload video cara menggunakan produk. Jangan sampai konsumen yang sudah membeli produk kamu tidak tahu bagaimana cara menggunakannya secara benar.

  1. Video Bukti Setelah Menggunakan Produk 

Akan lebih yakin lagi ketika konsumen melihat sendiri hasil dari produk yang kamu jual. Apalagi jika kamu sendiri yang membuktikan. Misalnya saja kamu menjual produk penghilang jerawat. Kebetulan kamu punya jerawat dan jerawat tersebut hilang setelah kamu menggunakan produk. Buat video yang menunjukkan sebelum dan setelah penggunaan produk.

Tidak perlu kamu menggunakan semua jenis konten yang sudah dijelaskan di atas. Yang perlu kamu lakukan adalah memilih mana jenis konten TikTok yang tepat sesuai dengan bisnis kamu.Di sisi lain, kamu juga perlu mengetahui calon konsumen. Jika perlu, lakukan observasi kecil untuk mengetahui konten video seperti apa sih yang mereka suka. Karena pada dasarnya, cara promosi video TikTok yang efektif adalah membuat video yang sesuai dengan viewers atau calon konsumen inginkan.

Mungkin Anda juga menyukai